Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Tips Mengatasi Mata Kering di Malam Hari

Tips Mengatasi Mata Kering di Malam Hari

Tips Mengatasi Mata Kering di Malam Hari – Mata kering mungkin akan meredam hari Anda. Iritasi, gatal, dan perasaan berpasir mengalihkan perhatian Anda dan menjadi sangat buruk seiring berjalannya hari. Jika Anda menderita kekeringan mata musiman atau biasa, Anda mungkin memperhatikan bahwa gatalnya memburuk sepanjang hari dan memuncak pada malam hari. Mata kering Anda dapat mencegah Anda menghadiri acara khusus atau bergabung dengan teman-teman Anda setelah bekerja. Untungnya, Anda tidak harus berurusan dengan sakit mata kering di malam hari dan melewatkan aktivitas khusus atau tidur nyenyak lagi.

Posting ini membahas alasan mata kering di malam hari dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menghilangkan masalah tersebut.

Apa Itu Kekeringan Mata?

Kekeringan mata adalah suatu kondisi yang terjadi ketika mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaganya tetap lembab. Gejala mata kering yang paling menonjol adalah rasa gatal dan iritasi pada mata Anda. Ini terjadi karena kurangnya pelumasan yang tepat dari air mata dan kelembaban yang tidak memadai pada kelopak mata. Gejala lain termasuk kemerahan, penglihatan kabur, menyengat, dan sensasi terbakar.

Apa Penyebab Kekeringan Mata?

Penyebab mata kering sangat bervariasi. Faktor yang mendasari umum adalah air mata tidak cukup memproduksi, kualitas air mata yang buruk, dan penguapan air mata yang cepat. Dengan setiap kedipan, bagian bawah kelopak mata menyebarkan kelembapan ke kornea. Jika tidak ada cukup air mata, kornea Anda menjadi kering dan teriritasi.

Baja Juga :  Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan Remaja

Berbagai gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan mata kering. Beberapa kondisi ini termasuk sleep apnea, diabetes, masalah tiroid, dan penyakit Sarkoid. Beberapa wanita mungkin juga mengalami kekeringan mata karena berbagai perubahan hormonal yang terkait dengan menopause. Kehamilan dan pil KB juga dapat memengaruhi cara tubuh Anda memproduksi air mata.

Tinggal atau bekerja di lingkungan yang kering juga menyebabkan air mata menguap, sehingga mengeringkan permukaan mata Anda. Jika Anda bekerja di depan komputer selama berjam-jam, Anda mungkin juga mengalami mata kering. Ini karena Anda mungkin tidak berkedip saat melihat layar komputer, sehingga menyebabkan penguapan air mata yang cepat.

Apa Penyebab Mata Kering di Malam Hari?

Kekeringan mata di malam hari adalah salah satu hal yang tidak ingin dialami oleh siapa pun. Jika gejala kekeringan mata Anda hanya bertahan di malam hari, Anda harus tahu apa yang mungkin memicunya. Anda mungkin tidur dalam posisi yang menyebabkan mata kering.

Anda mungkin juga mengalami kekeringan mata di malam hari jika Anda menggunakan produk kebersihan kelopak mata non-organik seperti tisu pembersih riasan mata. Produk sering meninggalkan beberapa minyak buatan dan bahan kimia pada kulit di dekat saluran air mata. Bahan kimia ini memengaruhi kemampuan saluran air mata Anda untuk menghasilkan air mata, sehingga membuat mata Anda kering sepanjang malam. Mata Anda mungkin juga kering karena penggunaan lensa kontak. Dalam hal ini, penting untuk menggunakan lensa hypoallergenic dan hindari memakainya saat tidur.

Menghabiskan banyak waktu di ponsel atau komputer Anda mengurangi tingkat kedipan Anda. Ini menyebabkan ketegangan mata dan kekeringan mata yang memburuk ketika Anda mencoba untuk tidur. Jika Anda tidak minum cukup air sebelum tidur, Anda mungkin juga mengalami kekeringan pada mata. Karena itu, penting untuk tetap terhidrasi. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan mata kering. Itu sebabnya Anda harus mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik. Misalnya, Anda dapat memastikan untuk memiliki rutinitas malam hari yang teratur dan menghilangkan gangguan apa pun yang memengaruhi kualitas tidur Anda.

Baja Juga :  Masalah Mata Astigmatisme

Anda mungkin juga mengalami mata kering di malam hari karena Anda tidur dengan kelopak mata sedikit terbuka. Anda mungkin terbangun dengan mata meradang dan sangat menyakitkan. Hal ini terjadi karena air mata Anda cepat menguap saat tidur.

Cara Mencegah Kekeringan Mata di Malam Hari

Jika Anda memiliki mata kering di malam hari, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjadwalkan janji temu dengan dokter mata profesional. Dokter akan secara akurat mendiagnosis masalah Anda dan merekomendasikan strategi terbaik untuk mengendalikan gejala Anda. Beberapa cara terbaik untuk mencegah mata kering di malam hari antara lain:

Mengenakan Segel Mata atau Masker Tidur

Jika gejala Anda disebabkan oleh kurang tidur atau kelopak mata sedikit terbuka saat tidur, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan penutup mata atau masker tidur. Masker menghalangi cahaya dan mencegah Anda menyentuh mata saat mencoba tidur. Mereka juga melindungi mata Anda yang terbuka sebagian dari udara luar yang kering saat tidur.

Menggunakan Antihistamin

Jika alergi menyebabkan mata kering, Anda bisa menggunakan antihistamin sebelum tidur. Produk ini membantu meminimalkan pembengkakan dan peradangan, yang menyebabkan mata kering di malam hari. Penting untuk menggunakan obat-obatan ini dengan hati-hati untuk menghindari efek samping negatif seperti pusing dan kantuk.

Beberapa salep dan gel juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang menyertai kekeringan mata di malam hari. Anda dapat menerapkannya sebelum tidur untuk mengurangi peradangan semalaman dan mencegah mata Anda saling menempel saat Anda tidur.

Hindari Pembersih di Malam Hari

Jika Anda memiliki kulit hipersensitif di sekitar mata, hindari penggunaan bahan kimia dan pembersih yang keras sebelum tidur. Anda harus memperhatikan produk yang berlabel kulit sensitif. Anda dapat menggunakan beberapa produk lembut yang tidak dapat mengiritasi area di sekitar mata Anda.

Baja Juga :  Perlindungan Ultraviolet (UV)

Coba Air Mata Buatan

Anda dapat menambahkan tetesan air mata pelumas ke dalam rutinitas pelembab siang hari Anda. Ini adalah salah satu strategi terbaik untuk meminimalkan kekeringan mata di malam hari. Air mata diserap ke dalam mata sepanjang hari dan melembabkan mata Anda sepanjang malam.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter Mata?

Mengalami beberapa gejala ringan kekeringan mata sebelum dan selama tidur tidak selalu menjadi perhatian. Gejala-gejala ini hilang dengan sendirinya. Namun, jika gejala mata kering bersifat kronis atau tidak hilang dengan perawatan di rumah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter mata profesional.

Membungkus

 Banyak pasien mengalami mata kering di siang hari, tetapi gejalanya sering bertahan di malam hari. Kekeringan mata mungkin disebabkan oleh berbagai kondisi medis, faktor lingkungan, perubahan gaya hidup, atau penggunaan obat-obatan. Penting untuk berbicara dengan praktisi tentang gejala mata kering yang parah. Ini membantu untuk mencegah kerusakan pada kornea. Anda dapat menjadwalkan janji temu dengan USHealth Group hari ini.