Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia
7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

MP. 7 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Sobat Materi Lengkap perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta mengonsumsi air putih yang cukup. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup menjadi sangat penting karena 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. Lalu, apa saja manfaat air putih bagi tubuh manusia? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Menyehatkan pencernaan 

Salah satu manfaat utama dari air adalah membantu melancarkan pencernaan. Jika Sobat Materi Lengkap  tidak banyak minum air, maka feses akan keras dan akan menyebabkan sembelit. Mengonsumsi air putih juga dapat mengurangi rasa kembung.

2. Menjaga tekanan darah 

Air berfungsi untuk mengencerkan kandungan garam yang mengikat air sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Oleh karena itu, bagi Sobat Materi Lengkap yang memiliki masalah pada tekanan darah sebaiknya perbanyak minum air, ya.

3. Meningkatkan daya ingat otak 

Air terutama yang memiliki kandungan mineral yang tinggi memiliki kandungan kalium. Kandungan ini dapat membantu mengaktifkan elektrolit pada otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi. Hal ini membuat Sobat Materi Lengkap bisa lebih fokus saat belajar dan beraktivitas.

4. Mencegah penyakit jantung 

Dengan tekanan darah yang stabil, maka penyakit jantung juga dapat dihindari. Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membuka jalur yang tersumbat di dalam peredarah darah.

5. Melembabkan kulit

Air menyebabkan kulit terhidrasi. Hal ini menyebabkan kulit tampak lebih sehat dan lebih lembab dan bercahaya. Jadi bagi Sobat Materi Lengkap yang memiliki masalah kulit seperti kulit kusam dan berminyak, pastikan mengonsumsi air putih yang cukup, ya!

6. Membantu menghindari penumpukan lemak 

Air dapat membantu memecahkan lemak. Mengkonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh. Selain berolahraga rutin, mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu proses penurunan berat badan karena membantu mengontrol kalori.

Baja Juga :  Bagaimana Anda Dapat Melindungi Mata Anda dari Komputer Vision Syndrome

7. Menjaga tulang agar tetap sehat 

Selain susu, air putih ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang loh! Air putih juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat air putih Sobat Materi Lengkap juga harus mengetahui berapa banyak konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari. Konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari yaitu sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Namun selain mendapatkan asupan cairan dari air putih, Sobat Materi Lengkap juga bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan sebanyak 20%. Jadi, jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air seperti buah dan sayur, ya.

Sumber:

https://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-manfaat-minum-air-8-gelas-sehari

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20170302/4819993/menkes-canangkan-gerakan-ayo-minum-air/#:~:text=Menkes%20mengingatkan%20bahwa%2060%2D70,tidak%20berwarna%2C%20serta%20telah%20didihkan