Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Tips Menenangkan Mata Kering di Malam Hari

Tips Menenangkan Mata Kering di Malam Hari

Tips Menenangkan Mata Kering di Malam Hari – Mata kering adalah masalah umum namun membuat frustrasi sekitar 6,7% orang dewasa AS . Kondisi ini bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari dan sulit membuka mata saat bangun di pagi hari. Apa penyebab mata kering? Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin mengalami masalah ini. Penting untuk menentukan apa yang menyebabkan gejala mata kering Anda sebelum mencoba pengobatan atau perawatan apa pun yang mungkin tidak berhasil.

Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk membuatnya tetap lembab. Ada banyak alasan untuk mata kering, seperti obat-obatan tertentu, genetika, atau kondisi kesehatan seperti diabetes yang dapat menyebabkan masalah ini.

Gejala mata kering yang paling umum adalah rasa gatal di mata Anda. Hal ini terjadi karena, tanpa pelumasan yang tepat dari air mata, tidak akan ada kelembapan yang cukup pada kelopak mata Anda – yang menyebabkannya menjadi iritasi dan terasa seperti membutuhkan bantuan.

Gejala lain termasuk:

  • Kemerahan
  • Sensasi terbakar
  • Menyengat/sakit
  • Penglihatan kabur
  • Mata bengkak

Apa itu Penyakit Mata Kering?

Penyakit mata kering adalah ketika Anda memiliki produksi air mata yang tidak mencukupi atau penurunan kualitas dan kuantitas air mata yang diproduksi. Ini sering dianggap sebagai kondisi kronis, sedangkan gejala mata kering sesekali dianggap sebagai kondisi akut.

Hal ini dapat terjadi karena kelenjar Anda memproduksi lebih sedikit air mata karena peradangan atau cedera, atau kelenjar tersebut tidak berfungsi cukup baik untuk menghasilkan air mata yang berkualitas.

Penurunan produksi air mata juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu seperti antihistamin, yang menyempitkan pembuluh darah dan mempersulit air mata untuk mencapai tujuannya.

Baja Juga :  Mata Kering Karena Lingkungan

Tidak ada obat untuk penyakit mata kering, tetapi ada banyak metode pengobatan yang tersedia. Obat tetes mata seperti Restasis atau Soothe bekerja dengan membantu tubuh Anda menghasilkan air mata yang lebih alami dan menenangkan.

Krim mata dan salep juga dapat membantu mencegah mata kering di malam hari melalui sifatnya yang menghidrasi. Mereka diformulasikan dengan bahan-bahan yang meniru minyak sehat yang ditemukan dalam film air mata kita, seperti asam lemak omega-3, lutein, likopen, dan lidah buaya, untuk beberapa nama.

Menghindari konsumsi alkohol adalah tip lain yang berguna untuk menjaga mata Anda dari kekeringan di malam hari. Itu karena minum alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata mengecil, sehingga produksi kelembapan berkurang

Penyebab Umum Mata Kering

Langkah pertama untuk menjaga mata Anda agar tidak mengering di malam hari adalah mencari tahu apa yang menyebabkan mata menjadi sangat kering. Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, dan penting bagi Anda untuk mengidentifikasi mana yang paling sesuai untuk Anda sebelum mencoba perawatan atau teknik apa pun yang mungkin Anda temui.

Penyebab paling umum dari mata kering meliputi:

  • Mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata alami
  • Anda menderita gangguan autoimun kronis seperti Sindrom Sjogren, lupus, atau rheumatoid arthritis
  • Anda memiliki sindrom mata kering, yang disebabkan oleh kelembaban dan suhu udara yang rendah
  • Anda telah menggunakan lensa kontak atau obat tetes mata untuk waktu yang lama tanpa istirahat

Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan gejala mata kering Anda, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah memantau dan melacak gejala Anda dan mempresentasikannya ke dokter mata Anda. Dengan begitu, mereka bisa memberi Anda jawaban yang lebih pasti.

Apa Penyebab Mata Kering Hanya di Malam Hari?

Nah, jika gejala mata kering Anda hanya terjadi di malam hari, maka Anda perlu mengidentifikasi apa yang bisa memicunya. Bisa jadi Anda sedang berbaring dengan posisi yang menyebabkan mata menjadi kering dan meradang, seperti tidur dengan wajah terbentur bantal.

Baja Juga :  Bagaimana Anda Dapat Melindungi Mata Anda dari Komputer Vision Syndrome

Kemungkinan lain adalah produk kebersihan kelopak mata non-organik (tisu penghapus riasan mata), karena dapat meninggalkan minyak buatan atau bahan kimia pada kulit di sebelah saluran air mata saat digunakan pada malam hari. Bisa juga berarti tidak cukup minum air sebelum tidur, atau kurangnya kelembapan udara di malam hari.

Tentu saja, salah satu penyebab umum iritasi mata kronis di malam hari yang tidak banyak orang pikirkan adalah kemungkinan reaksi alergi atau sensitivitas akibat penggunaan lensa kontak. Jika ini masalahnya, pastikan Anda menggunakan lensa kontak hipoalergenik dan hindari memakai lensa kontak saat tidur.

Akhirnya, pasien mungkin menderita mata kering di malam hari hanya karena kurang tidur. Dalam hal ini, pastikan untuk mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik, seperti memiliki rutinitas malam yang teratur dan menghilangkan gangguan potensial dari kamar Anda untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

5 Tips Agar Mata Tidak Kering di Malam Hari

Jika Anda menderita gejala mata kering kronis di malam hari, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter mata Anda dan meminta mereka untuk tips tentang bagaimana menjaga mata Anda dari kekeringan di malam hari. Sementara itu, Anda dapat mencoba salah satu dari lima tips berikut:

1. Coba Pakai Masker Tidur

Jika gejala Anda disebabkan oleh kurang tidur, maka Anda mungkin ingin mencoba mengenakan masker tidur yang menghalangi cahaya dan tidak memungkinkan Anda menyentuh mata saat Anda mencoba untuk tertidur. Ini akan membantu memblokir gejala mata kering di malam hari yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, angin, atau AC yang berlebihan.

Ini juga akan membantu mata Anda mempertahankan kelembapan alami dengan lebih mudah, mencegahnya mengering saat Anda tidur.

2. Gunakan Antihistamin

Jika alergi menyebabkan gejala Anda, maka Anda dapat mencoba menggunakan antihistamin sebelum tidur. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada mata yang menyebabkan mata kering di malam hari.

Efek samping yang paling umum dari obat-obatan ini adalah kantuk atau pusing – jadi penting untuk menggunakannya dengan hemat jika Anda tidak membutuhkannya untuk menghilangkan alergi. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari efek samping ini, mungkin ada baiknya mencoba resep antihistamin Anda di pagi hari daripada yang terakhir di malam hari. Dengan cara ini, obat memiliki beberapa jam untuk benar-benar bekerja.

Baja Juga :  Tips Mengatasi Mata Kering di Malam Hari

3. Hindari Bahan Kimia/Pembersih yang Keras di Malam Hari

Bagi mereka yang memiliki kulit hipersensitif di sekitar mata, hindari penggunaan pembersih wajah yang keras selama rutinitas malam hari. Pilih produk yang lembut, seperti losion dan krim, yang tidak akan mengiritasi area halus di sekitar mata Anda.

Untuk mencegah mata kering di malam hari, cobalah untuk meminimalkan paparan bahan kimia keras dan temukan produk berlabel untuk kulit sensitif.

4. Cobalah Air Mata Buatan

Menambahkan air mata buatan ke dalam rutinitas mingguan Anda sebagai bagian dari praktik pelembab siang hari yang teratur mungkin merupakan cara yang bagus untuk mengurangi gejala mata kering di malam hari. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk diserap sepanjang hari dan bekerja semalaman juga.

Anda mungkin juga ingin mencoba menggunakan air mata buatan (atau hanya air biasa) saat mandi di malam hari jika Anda membutuhkan kelembapan untuk meredakan kekeringan di malam hari.

5. Buka Matamu Lebar-lebar Setiap Pagi

Di pagi hari, buka mata Anda segera setelah Anda bangun. Ini akan membantu menghindari gejala mata kering seperti perasaan berpasir atau kesulitan membuka kelopak mata.

Rawat Mata Anda dengan Benar

Orang yang menderita gejala ini harus mencari bantuan sesegera mungkin. Jika tidak diobati, masalahnya dapat memburuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan kondisi kesehatan lain yang lebih parah seperti kista pada kelopak mata atau bahkan lecet pada kornea – yang juga dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Jadi, jika gejala mata kering Anda baru atau memburuk, pastikan untuk segera membuat janji dengan dokter mata Anda .