Materi Lengkap
@Materi Lengkap

Perlindungan Ultraviolet (UV)

Perlindungan Ultraviolet (UV) Ternyata radiasi UV dapat menimbulkan bahaya bagi mata Anda, sepanjang tahun, baik di luar ruangan dari matahari maupun di dalam dari sumber buatan—termasuk mesin las. Itulah mengapa sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan harian terhadap efek negatif dari paparan berlebih.

Suatu hari masih bisa melakukan kerusakan

Jika mata Anda terpapar radiasi UV dalam jumlah berlebihan dalam waktu singkat, kemungkinan Anda akan mengalami fotokeratitis. Seperti “mata terbakar sinar matahari,” fotokeratitis bisa menyakitkan, dengan gejala termasuk mata merah, sensasi benda asing atau perasaan berpasir di mata, kepekaan ekstrim terhadap cahaya dan robekan berlebihan. Untungnya, gejala ini biasanya bersifat sementara dan jarang menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Overexposure Seiring waktu

Semakin lama mata terpapar radiasi matahari, semakin besar risiko terkena katarak, kanker mata, pterigium (mata peselancar) atau degenerasi makula di kemudian hari. Tidak jelas berapa banyak paparan radiasi matahari akan menyebabkan kerusakan. Jadi, setiap kali Anda menghabiskan waktu di luar ruangan, kenakan topi bertepi lebar serta kacamata hitam berkualitas yang menawarkan perlindungan UV.

Untuk memberikan perlindungan yang memadai bagi mata Anda, kacamata hitam harus:

  •  Memblokir 99 hingga 100% radiasi UV-A dan UV-B.
  • Saring 75 hingga 90% cahaya tampak.
  • •Memiliki lensa yang serasi dalam warna dan bebas dari distorsi dan ketidaksempurnaan.
  • • Miliki lensa berwarna abu-abu untuk pengenalan warna yang tepat.

Jika Anda berpartisipasi dalam pekerjaan atau olahraga luar ruangan yang berpotensi membahayakan mata, lensa kacamata hitam Anda harus terbuat dari bahan polikarbonat atau Trivex ® . Lensa ini memberikan ketahanan benturan paling besar. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah, pertimbangkan untuk memakai bingkai sampul untuk perlindungan tambahan dari radiasi matahari yang berbahaya. Jangan lupakan perlindungan bagi anak-anak dan remaja. Mereka biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari daripada orang dewasa. Selain itu, lensa kontak tertentu dapat memberikan perlindungan UV tambahan, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengunjungi dokter mata Anda saat memperbarui resep Anda—untuk memastikan lensa kontak Anda sesuai dengan gaya hidup dan tingkat paparan sinar matahari Anda, yang merupakan sesuatu yang sangat penting. disebut “tes penglihatan online” tidak dapat memberikan.

Jangan lupa risiko dalam ruangan

Sumber sinar UV buatan seperti mesin las, tanning bed dan laser juga dapat menimbulkan masalah kesehatan mata yang serius. Sebagai bagian dari pemeriksaan mata komprehensif tahunan Anda, pastikan untuk berbicara dengan dokter optometri Anda tentang risiko apa pun di dalam ruangan—serta aktivitas di luar ruangan Anda di semua musim—sehingga tingkat paparan UV Anda dapat dinilai dan kacamata penyerap UV yang sesuai dan /atau lensa kontak yang diresepkan untuk kebutuhan pribadi Anda dan perlindungan berkelanjutan.

error: Jangan Klik Kanan Sob !!