Info Pendidikan Lengkap
InfoIndeks

Pelatihan Pustakawan dan Laboran Madrasah 2025: Meningkatkan Kompetensi untuk Pendidikan Abad ke-21

Pelatihan Pustakawan dan Laboran Madrasah 2025: Meningkatkan Kompetensi untuk Pendidikan Abad ke-21
Pelatihan Pustakawan dan Laboran Madrasah 2025: Meningkatkan Kompetensi untuk Pendidikan Abad ke-21

Materilengkap – Pelatihan Pustakawan dan Laboran Madrasah 2025: Meningkatkan Kompetensi untuk Pendidikan Abad ke-21

Dalam rangka menghadapi tantangan pendidikan di era digital, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah kembali mengadakan Pelatihan Tenaga Pustakawan dan Laboran Madrasah Tahun 2025. Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat peran pustakawan dan laboran sebagai elemen strategis dalam mendukung implementasi Kurikulum Deep Learning di madrasah.

Mengapa Pelatihan Ini Penting?

Pendidikan berkualitas tidak hanya ditopang oleh guru, tetapi juga oleh tenaga kependidikan lainnya seperti pustakawan dan laboran. Mereka berperan penting dalam menyediakan layanan perpustakaan dan laboratorium yang mendorong pembelajaran aktif, kreatif, dan kolaboratif.

Namun, masih banyak pustakawan dan laboran di madrasah yang belum memiliki kompetensi sesuai tuntutan zaman, terutama dalam hal penguasaan teknologi, literasi digital, dan pengelolaan sumber belajar. Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi solusi strategis untuk mengembangkan kapasitas mereka secara sistematis dan berkelanjutan.

Tujuan Pelatihan

Program ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kompetensi teknis dan pedagogis pustakawan dan laboran madrasah.

  • Memberikan panduan kepada penyelenggara pelatihan dalam implementasi kegiatan.

  • Mendorong terciptanya pengelolaan perpustakaan dan laboratorium yang mendukung Kurikulum Deep Learning.

  • Menguatkan kolaborasi antar tenaga kependidikan.

  • Menjadi dasar bagi pengembangan kapasitas pustakawan dan laboran secara berkelanjutan.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran

Pendaftaran dibuka secara daring melalui tautan:
https://bit.ly/Pelatihan_Tendik2025

Persyaratan peserta meliputi:

  • Pendidikan minimal D-III/S-1.

  • Terdaftar di sistem informasi Kementerian Agama (EMIS GTK atau sistem lain).

  • Bertugas aktif di perpustakaan atau laboratorium madrasah.

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Dokumen seperti ijazah, surat tugas, dan identitas wajib diunggah saat pendaftaran.

Materi Pelatihan

Pelatihan dibagi dalam dua kategori utama:

Untuk Pustakawan:

  1. Pengelolaan Perpustakaan Madrasah

  2. Pengembangan Koleksi dan Layanan Literasi

  3. Pemanfaatan Teknologi Informasi

  4. Perpustakaan dalam Pembelajaran Kolaboratif

Untuk Laboran:

  1. K3 dan Pengelolaan Limbah Laboratorium

  2. Teknik Praktis dan Pemeliharaan Bahan Praktikum

  3. Administrasi dan Tata Kelola Laboratorium

  4. Peran Laboran dalam Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Metode Pelaksanaan

Pelatihan ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan Learning Management System (LMS). Setiap batch terdiri dari 4 sesi selama satu bulan, masing-masing berdurasi 3–4 jam per minggu.

Jadwal Pelaksanaan:

  • Pendaftaran: 14 – 19 Juli 2025

  • Sosialisasi dan Webinar: 15 Juli 2025

  • Pelaksanaan Batch 1: 24 Juli – 14 Agustus 2025

  • Batch 2: 21 Agustus – 11 September 2025

  • Batch 3: 18 September – 9 Oktober 2025

Narasumber Ahli dan Fasilitator

Pelatihan akan dibimbing oleh para ahli di bidang perpustakaan dan laboratorium pendidikan, di antaranya:

  • Prof. Imas Maesaroh, M.Lib. Ph.D

  • Dr. Hj. Riche Cynthia Johan, M.Si.

  • Dr. Ervin Tri Suryandari, M.Si

  • Fatati Nuryana, S.Si, dan lainnya.

Penilaian dan Sertifikasi

Peserta yang mengikuti pelatihan dengan kehadiran minimal 75% dan menyelesaikan seluruh tugas akan mendapatkan sertifikat resmi yang dapat digunakan sebagai bukti peningkatan profesionalisme.

Evaluasi dilakukan melalui kehadiran, partisipasi, kuis, tugas praktik, dan umpan balik peserta terhadap pelaksanaan pelatihan.

Kesimpulan

Pelatihan ini bukan hanya upaya peningkatan kapasitas teknis semata, melainkan juga langkah strategis dalam menciptakan madrasah yang adaptif, kolaboratif, dan responsif terhadap perubahan zaman. Melalui program ini, diharapkan perpustakaan dan laboratorium madrasah dapat berfungsi secara maksimal dalam mendukung transformasi pendidikan Islam yang unggul dan berkarakter.

 Untuk informasi lengkap dan panduan pelatihan, silakan >> DOWNLOAD PEDOMAN DI SINI <<

Exit mobile version