InfoIndeks

Contoh Silabus Aqidah Akhlak kelas 9 SMP/MTs Semester Genap

Contoh Silabus Aqidah Akhlak kelas 9 SMP/MTs Semester Genap
Contoh Silabus Aqidah Akhlak kelas 9 SMP/MTs Semester Genap

Materilengkap.my.id – Contoh Silabus Aqidah Akhlak kelas 9 SMP/MTs Semester Genap

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan: SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran: Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan: IX (Sembilan)
Tahun Pelajaran:
Semester: Genap


KOMPETENSI INTI

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Iman kepada Qada dan Qadar Allah SWT

  • Kompetensi Dasar: Meyakini macam-macam takdir yang berhubungan dengan qada dan qadar Allah SWT.

  • Indikator:

    • Mengidentifikasi dalil aqli dan naqli tentang qada dan qadar.

    • Menjelaskan macam-macam qada dan qadar.

    • Menunjukkan contoh fenomena qada dan qadar dalam kehidupan.

    • Menceritakan kisah-kisah dari berbagai sumber tentang qada dan qadar.

  • Materi Pokok: Iman kepada qada dan qadar Allah SWT.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati tayangan video dan membaca dalil tentang qada dan qadar.

    • Tanya jawab tentang macam-macam takdir dalam qada dan qadar.

    • Diskusi kelompok dan presentasi hasil analisis fenomena qada dan qadar dalam kehidupan.

  • Penilaian:

    • Observasi (perilaku religius, kejujuran, kerja keras).

    • Tes (tulis dan lisan).

    • Produk (unjuk kerja, proyek, portofolio).

  • Alokasi Waktu: 8 JP

  • Sumber Belajar: Buku pegangan siswa dan guru, Al-Qur’an dan Tafsir, Al-Hadits, internet.


2. Adab Pergaulan Remaja Islami

  • Kompetensi Dasar: Menghayati adab pergaulan remaja yang Islami.

  • Indikator:

    • Menjelaskan pengertian adab pergaulan remaja Islami.

    • Menunjukkan contoh adab Islami dalam pergaulan remaja.

    • Menganalisis dampak negatif pergaulan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

  • Materi Pokok: Akhlak dalam pergaulan remaja.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati video tentang akhlak pergaulan remaja.

    • Tanya jawab mengenai adab dalam pergaulan Islami.

    • Diskusi kelompok dan simulasi perilaku terpuji dalam pergaulan.

  • Penilaian:

    • Observasi (catatan jurnal).

    • Tes (tulis dan lisan).

    • Produk (unjuk kerja, proyek, portofolio).

  • Alokasi Waktu: 6 JP

  • Sumber Belajar: Buku pegangan siswa dan guru, Al-Qur’an dan Tafsir, Al-Hadits, internet.


3. Adab Islami terhadap Lingkungan

  • Kompetensi Dasar: Menghayati kewajiban menerapkan adab Islami terhadap lingkungan.

  • Indikator:

    • Menjelaskan adab Islami terhadap lingkungan, binatang, dan tumbuhan.

    • Menunjukkan dalil tentang kewajiban menjaga lingkungan.

    • Mendemonstrasikan perilaku Islami terhadap lingkungan.

  • Materi Pokok: Adab terhadap lingkungan.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati video tentang adab Islami terhadap lingkungan.

    • Berdiskusi dan menganalisis dalil terkait menjaga lingkungan.

    • Presentasi hasil diskusi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

  • Penilaian:

    • Observasi (perilaku gotong royong, kerja keras).

    • Tes (tulis dan lisan).

    • Produk (unjuk kerja, proyek, portofolio).

  • Alokasi Waktu: 8 JP

  • Sumber Belajar: Buku pegangan siswa dan guru, Al-Qur’an dan Tafsir, Al-Hadits, internet.


4. Keteladanan Sahabat Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib

  • Kompetensi Dasar: Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

  • Indikator:

    • Menganalisis kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

    • Menjelaskan hikmah dari kisah keteladanan mereka.

    • Menceritakan contoh tokoh yang meneladani mereka.

  • Materi Pokok: Kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati video dan membaca kisah keteladanan sahabat.

    • Berdiskusi tentang nilai-nilai yang dapat diteladani dari sahabat Nabi.

    • Presentasi hasil analisis keteladanan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

  • Penilaian:

    • Observasi (perilaku percaya diri, kerja keras).

    • Tes (tulis dan lisan).

    • Produk (unjuk kerja, proyek, portofolio).

  • Alokasi Waktu: 6 JP

  • Sumber Belajar: Buku pegangan siswa dan guru, Al-Qur’an dan Tafsir, Al-Hadits, internet.

Demikianlah sekilas contoh Silabus Aqidah Akhlak untuk kelas 9 SMP/MTs semester Genap, untuk teman-teman guru yang membutuhkan file lengkapnya bisi di unduh di link berikut : disini.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga silabusnya bermanfaat.

Exit mobile version