InfoIndeks

Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap

Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap
Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap

Materilengkap.my.id – Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan: SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran: Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan: VIII
Semester: Genap
Tahun Pelajaran: …

KOMPETENSI INTI

  1. (KI1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  2. (KI2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam interaksi sosial dan alam.

  3. (KI3) Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan kejadian.

  4. (KI4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan abstrak sesuai yang dipelajari.


Kompetensi Dasar, Indikator, Materi Pokok, dan Kegiatan Pembelajaran

1. Beriman kepada Rasul Allah SWT

Indikator:

  • Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT.

  • Menghayati keimanan kepada Rasul dalam kehidupan sehari-hari.

  • Meneladani sifat-sifat Rasul dalam kehidupan.

Materi Pokok:

  • Iman kepada Rasul.

  • Sifat-sifat Rasul.

Kegiatan Pembelajaran:

  • Mengamati tayangan video dan membaca ayat tentang Rasul.

  • Tanya jawab tentang kehidupan Rasul.

  • Membaca sumber terkait iman kepada Rasul.

  • Menyajikan peta konsep dan analisis dalil tentang keberadaan Rasul.

  • Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil.

Penilaian:

  • Penilaian diri dan sejawat.

  • Observasi dan catatan jurnal.

  • Tes tulis dan lisan.

  • Portofolio dan proyek.

Nilai Karakter:

  • Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.

Alokasi Waktu: 6 JP
Sumber Belajar:

  • Buku pegangan siswa dan guru.

  • Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.

  • Lingkungan alam dan akses internet.


2. Meyakini Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa

Indikator:

  • Meyakini adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya.

  • Menghayati keberadaan mukjizat dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pokok:

  • Mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhash.

Kegiatan Pembelajaran:

  • Mengamati tayangan video mukjizat dan membaca ayat terkait.

  • Tanya jawab dan eksplorasi bahan bacaan.

  • Menganalisis perbedaan mukjizat dengan kejadian luar biasa.

  • Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil.

Penilaian:

  • Observasi dan catatan jurnal.

  • Tes tulis dan lisan.

  • Produk, portofolio, proyek.

Nilai Karakter:

  • Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.

Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:

  • Buku pegangan siswa dan guru.

  • Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.

  • Lingkungan alam dan akses internet.


3. Menghayati Sifat Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh, dan Ta’awun

Indikator:

  • Memiliki penghayatan terhadap sifat husnuzhan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun.

  • Terbiasa berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pokok:

  • Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh, Ta’awun.

Kegiatan Pembelajaran:

  • Mengamati tayangan video tentang sifat-sifat akhlak mulia.

  • Membaca ayat dan menulis pertanyaan terkait akhlak mulia.

  • Menganalisis dalil tentang pentingnya sifat baik.

  • Presentasi hasil diskusi dan simulasi akhlak terpuji.

Penilaian:

  • Penilaian diri dan sejawat.

  • Observasi dan catatan jurnal.

  • Tes tulis dan lisan.

  • Produk, portofolio, proyek.

Nilai Karakter:

  • Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.

Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:

  • Buku pegangan siswa dan guru.

  • Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.

  • Lingkungan alam dan akses internet.


4. Menolak Sifat Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah, dan Namimah

Indikator:

  • Memiliki penghayatan untuk menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah.

  • Menghindari perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pokok:

  • Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah, Namimah.

Kegiatan Pembelajaran:

  • Mengamati tayangan video tentang dampak buruk akhlak tercela.

  • Membaca ayat dan berdiskusi tentang akibat buruk sifat tercela.

  • Menganalisis dalil dan dampak negatif akhlak tercela.

  • Simulasi dan diskusi tentang bahaya sifat tercela.

Penilaian:

  • Penilaian diri dan sejawat.

  • Observasi dan catatan jurnal.

  • Tes tulis dan lisan.

  • Produk, portofolio, proyek.

Nilai Karakter:

  • Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.

Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:

  • Buku pegangan siswa dan guru.

  • Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.

  • Lingkungan alam dan akses internet.

Silahkan teman-teman guru bisa unduh format Microsoft Word pada link berikut : Unduh Disini

Exit mobile version