RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Memahami dan Mendiskusikan Pengertian Akidah Islam

RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Memahami dan Mendiskusikan Pengertian Akidah Islam
RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Memahami dan Mendiskusikan Pengertian Akidah Islam

Materilengkap.my.id | RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Memahami dan Mendiskusikan Pengertian Akidah Islam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)  

IPK: 3.1.1/IPK 4.1.1

Sekolah                     : ……………………….

Mata Pelajaran      : Akidah Akhlak

Kelas/Semester     :  VII ( tujuh )/Ganjil

Alokasi Waktu     :  2 x 40 menit

Materi Pokok         : Pengertian Aqidah Islam

Sub Materi Pokok : Memahami dan mendiskusikan pengertian akidah Islam

A.  Tujuan Pembelajaran

 

Peserta didik mampu :                                                                                                                                  

Menjelaskan pengertian Akidah Islam

 

B.   Media Pembelajaran, Alatdan Sumber Belajar

Media                             : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor

Alat/Bahan                   : Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus

Sumber Belajar           : Buku Akidah Akhlak Siswa Kelas VII, Kementerian Agama, Tahun 2019

C.   Langkah-Langkah Pembelajaran                       Pertemuan-1

Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap di siplin

Apersepsi

v  Mengaitkan materi / tema / kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Motivasi

v  Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi: Makna akidah secara bahasa berasal dari kata al-‘aqdu (الْعَقْدُ) yang berarti “ikatan”, at-tautsiiqu (التَّوْثِيْقُ) yang berarti “kepercayaan atau keyakinan yang kuat”, al-ihkaamu (اْلإِحْكَامُ) yang artinya “mengokohkan” atau “menetapkan”, dan ar-rabthu biquw-wah (الرَّبْطُ بِقُوَّةٍ) yang berarti “mengikat dengan kuat”.

PemberianAcuan

v Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, Pengertian Aqidah Islam  yang akan di capai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

KegiatanInti ( 180Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi: Dalam Al Qur’an kata aqidah sering disebutkan, antara lain di dalam surat Al-Maidah  ayat 1 :

                              يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ                                                Artinya : Wahai orang-orang yang beriman penuhilah aqad-aqad itu.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : Apa yang dilakukan Siti Masyithoh yang mengakibatkan Fir’aun marah?

Collaboration

Peserta didik di bentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukarin formasi mengenai: Bagaimana perjuangan SIti Masyitoh memperjuangkan keimanan/keyakinanya ?

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian di tanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah di pelajari terkait: Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah)

 Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum di pahami

KegiatanPenutup (30Menit)

Peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru di lakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru di lakukan.

  • PENILAIAN (ASESMEN)
  • Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
  • Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
See also  Contoh RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Istiqamah

­­­Demikianlah sekilas tentang RPP Aqidah Akhlak Kelas 7 SMP/MTs Tentang Memahami dan Mendiskusikan Pengertian Akidah Islam. Semoga bermanfaat!

Untuk lengkapnya bisa unduh RPP file format Microsoft Word di Bawah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *