Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Membedah Struktur Teks Eksposisi

Membedah Struktur Teks Eksposisi
Membedah Struktur Teks Eksposisi

Materilengkap.my.id – Membedah Struktur Teks Eksposisi. Halo, Sobat Materi Lengkap! Pernahkah kamu membaca tulisan-tulisan yang ada pada kolom koran ataupun majalah? Umumnya tulisan-tulisan yang ada pada media tersebut merupakan sebuah berita atau artikel yang memuat informasi mengenai peristiwa, kejadian, maupun pengetahuan umum.

Nah, tulisan dan karya-karya tersebut sebenarnya termasuk ke dalam jenis teks eksposisi. Teks eksposisi bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, menerangkan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian karena berkaitan dengan hal penting.

Teks eksposisi menyajikan berbagai informasi secara objektif, jelas, dan padat sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Sebagai contoh, misalnya artikel “Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Sekolah”, “Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup”, “Penyebab Terjadinya Tanah Longsor”, dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membedah struktur dari teks eksposisi. Secara umum, teks eksposisi terdiri dari tiga bagian utama. Ketiga bagian tersebut adalah tesis, argumen, dan juga penegasan ulang. Seperti apa penjelasannya? Yuk simak artikel ini!

  • Tesis

Bagian pembuka dari teks eksposisi adalah tesis. Peran tesis di sini cukup penting karena tesis adalah bagian yang berupa pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahasnya.

  • Argumen
Setelah tesis, bagian selanjutnya adalah argumen. Rangkaian argumen akan memaparkan sejumlah pendapat atau argumen penulis sebagai penjelasan dari tesis yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini, penulis juga dapat mengemukakan sejumlah fakta untuk menguatkan argumen. Misalnya dengan mengutip data-data yang valid, pendapat ahli, ataupun penemuan-penemuan ilmiah.
  • Penegasan ulang

Bagian terakhir dari teks eksposisi adalah penegasan ulang. Dalam penegasan ulang, di sini penulis menegaskan kembali pendapat yang ia katakan di dalam argumen dan juga dapat menambahkan saran ataupun rekomendasi terhadap permasalahan yang diangkat.

Baja Juga :  Pembahasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun

Nah, itu dia tadi struktur teks eksposisi. Sobat Materi Lengkap dapat mempelajari struktur teks eksposisi dengan membaca artikel, berita, ataupun tulisan lainnya di berbagai media dan menganalisis bagian strukturnya. Jika sudah paham maka Sobat Materi Lengkap juga dapat mulai mencoba menulis teks eksposisi dan mempublikasikannya pada blog atau media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat!