Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

4 Tip Membawakan Puisi dengan Baik

4 Tip Membawakan Puisi dengan Baik
4 Tip Membawakan Puisi dengan Baik

MATERILENGKAP.MY.ID – 4 Tip Membawakan Puisi dengan Baik. Halo, Sobat Materi Lengkap! Puisi adalah sebuah karya sastra yang disusun dengan kata-kata yang sarat akan makna dan menggunakan bahasa imajinatif yang mendayu-dayu. Dalam penyusunannya pun tidak sembarang, terdapat “pesan” yang hendak disampaikan oleh sang pujangga agar pembacanya memahami pesan dan perasaannya.

Namun, seni puisi tidak hanya dari sajak yang ditulis. Karya sastra ini juga dapat dinikmati lewat penampilan pembacaan puisi. Maka dari itu, cara membawakan puisi juga tidak asal-asalan seperti membaca teks pada umumnya. Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan ketika membawakan sebuah puisi. Apa saja kira-kira? Yuk simak artikel ini!

  • Ekspresi

Ekspresi diartikan sebagai pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang. Ekspresi juga merupakan kunci pembawaan puisi yang baik. Ketika membacakan puisi, kita harus dapat mengungkapkan maksud gagasan atau perasaan suatu melalui air muka secara tepat. Ekspresi dapat diasah dengan berlatih di depan cermin.

  • Lafal

Lafal merupakan ucapan seseorang pada huruf ataupun kata. Terkadang, puisi dibuat dengan bahasa dan kata yang tidak terlalu umum didengar. Maka dari itu, pelafalan huruf dan kata yang diucapkan harus jelas agar pendengar tidak salah mengartikannya. Melatihnya adalah dengan senam lidah guna lancar dalam mengucapkan huruf konsonan dengan artikulasi yang jelas.

  • Penekanan
Penekanan berarti kuat lemahnya cara pengucapan kata atau kalimat. Penekanan berfungsi untuk menegaskan bagian kata yang satu dengan yang lainnya. Biasanya penekanan ini terkait juga dengan ekspresi dan juga intonasi. Jika ada kata atau bagian yang ingin ditegaskan, kamu dapat menekankan kata tersebut agar maknanya lebih dalam.
  • Intonasi

Intonasi merupakan naik turunnya lagu kalimat. Perbedaan intonasi menyebabkan perbedaan maksud suatu kalimat. Contohnya bila puisinya tentang perjuangan, intonasinya menjadi tinggi agar pendengar turut merasakan emosi pembaca. Kadang, intonasi juga dapat datar ataupun rendah, tergantung tema puisi yang dibawakan.

Baja Juga :  Pembahasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam

Nah Sobat Materi Lengkap, itulah tadi beberapa tip membawakan puisi dengan baik. Kamu dapat belajar berlatih membawakan puisi juga dengan sering melihat pentas puisi secara daring maupun luring. Sesekali juga cobalah untuk membawakan puisi di depan cermin guna meningkatkan rasa percaya diri. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!