Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Memanfaatkan Akun Belajar.id dengan Bijak

Memanfaatkan Akun Belajar.id dengan Bijak
Memanfaatkan Akun Belajar.id dengan Bijak

PENDIDIKAN | Memanfaatkan Akun Belajar.id dengan Bijak

Memanfaatkan Akun Belajar.id dengan Bijak

Halo, Sobat Materi Lengkap! Guna mendukung digitalisasi sekolah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan Akun Pembelajaran (Akun belajar.id) terdiri dari nama akun dan kata sandi. Akun belajar.id bisa digunakan untuk mengakses layanan pembelajaran dan bentuk layanan lain di bidang pendidikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Sobat Materi Lengkap ketika menggunakan Akun belajar.id. Akun belajar.id harus dimanfaatkan dengan baik dan juga tidak boleh disalahgunakan oleh kalian. Lantas apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan? Yuk simak artikel ini!

Lakukan

  • Tidak membagikan password

Password atau kata sandi adalah hal yang sangat privasi, termasuk kata sandi Akun Pembelajaran Sobat SMP. Maka dari itu, tetap jaga kerahasiaan serta  tidak memberikan kata sandi Akun Pembelajaran kepada orang lain. Lakukan ini untuk melindungi akun Sobat Materi Lengkap.

  • Menggunakan untuk pembelajaran

Gunakan Akun Pembelajaran untuk mengakses berbagai aplikasi yang mendukung proses belajar-mengajar untuk meningkatkan produktivitas pendidik dan peserta didik, serta sebagai SSO (single sign on) untuk mengakses berbagai platform Kemendikbudristek.

  • Memanfaatkan untuk berkomunikasi

Akun belajar.id juga dapat dimanfaatkan oleh Sobat Materi Lengkap untuk berkomunikasi. Manfaatkan akun ini sebagai alat komunikasi dan kolaborasi secara daring antara peserta didik, pendidik, wali peserta didik, dan administrator untuk kepentingan aktivitas belajar-mengajar.

Hindari

  • Menggunakan di luar pembelajaran
Akun belajar.id adalah akun yang diperuntukkan untuk mendukung proses belajar-mengajar. Maka dari itu, hindari penggunaan akun belajar.id di luar peruntukkannya. Misalnya seperti aktivitas komersial, pornografi, dan lain-lain.
  • Menyalahgunakan penyebaran informasi

Akun Pembelajaran tidak boleh disalahgunakan untuk melakukan hal-hal terkait penyebaran informasi. Contohnya seperti menyalin, menyebarkan, mencuri, atau menggunakan informasi yang bersifat sensitif dan rahasia. Penyalahgunaan penyebaran informasi bisa terancam UU ITE lho, Sobat Materi Lengkap!

  • Menyalahgunakan akun untuk aktivitas ilegal
Baja Juga :  8 Platform yang Bisa Diakses Menggunakan Akun Pembelajaran

Selain hal-hal di atas, Sobat Materi Lengkap juga tidak boleh menyalahgunakan Akun Pembelajaran untuk aktivitas-aktivitas ilegal yang melanggar hukum. Contohnya seperti perjudian daring, penipuan, cyberbullying, peretasan, dan ataupun hal-hal ilegal lainnya.

Nah itu dia hal-hal yang boleh dilakukan dan juga yang harus dihindari ketika menggunakan Akun Pembelajaran. Manfaatkan Akun Pembelajaran kalian dengan baik dan bijak ya, Sobat Materi Lengkap! Jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal negatif, bahkan yang bisa melanggar hukum. Semoga informasi ini bermanfaat!