Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

8 Platform yang Bisa Diakses Menggunakan Akun Pembelajaran

8 Platform yang Bisa Diakses Menggunakan Akun Pembelajaran
8 Platform yang Bisa Diakses Menggunakan Akun Pembelajaran

MP. 8 Platform yang Bisa Diakses Menggunakan Akun Pembelajaran

Sobat Materi Lengkap tentu sudah mengetahui atau bahkan sudah menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). Akun belajar.id memang memberi banyak keleluasaan akses terhadap platform lain, terutama platform-platform yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek. Hal ini tentunya sangat bermanfaat baik bagi para guru, tenaga kependidikan, maupun siswa. Lalu, platform apa saja yang dapat diakses menggunakan akun belajar.id?

  • Google Workspace for Education

Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education antara lain Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slides, dan Google Form. Bagi Sobat Materi Lengkap yang berprofesi sebagai guru, dapat memaksimalkan fitur-fitur tersebut untuk pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis digital. Penggunaan fitur dalam Google Workspace for Education dapat Sobat Materi Lengkap ketahui dengan menyimak artikel-artikel berikut ini.

  • Rapor Pendidikan 

Platform Rapor Pendidikan yang dirilis oleh Kemendikbudristek juga merupakan platform yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran. Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk melihat, merefleksi, dan merencanakan peningkatan kualitas berbasis data. Rapor pendidikan dapat diakses oleh Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan. Tata cara mengakses Rapor Pendidikan dapat Sobat Materi Lengkap pelajari pada artikel-artikel berikut ini, ya. 

  • Platform Merdeka Mengajar

Selain Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Terdapat beberapa menu utama yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas, dan Video Inspirasi. Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar menggunakan akun belajar.id dapat Sobat Materi Lengkap pelajari pada artikel-artikel berikut

  • Chromebook

Beberapa tahun belakang, Kemendikbudristek melalui satuan kerja di bawahnya memberikan bantuan berupa Chromebook, jenis komputer baru yang dirancang khusus menggunakan Chrome Operating System yang dikembangkan oleh Google. Penggunaan Chromebook yang dikombinasikan dengan akun belajar.id akan menjadi lebih maksimal. Bagi Sobat Materi Lengkap yang belum mengenal apa itu Chromebook dan fitur unggulan apa yang dimiliki Chromebook dapat membaca artikel-artikel berikut ini.

  • SIMPKB

Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB) merupakan induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sobat Materi Lengkap dapat masuk ke SIMPKB menggunakan menggunakan Surel / SIMPKB-ID (No. UKG) untuk pribadi atau masuk dengan akun Belajar.id untuk multi akses Layanan Aplikasi GTK Kemendikbudristek. 

  • Tanya BOS

TanyaBOS merupakan forum tanya jawab sekaligus wadah berbagi pengalaman dan praktik dalam pengelolaan dana BOS, yang jawabannya sudah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kemendikbudristek. Sobat Materi Lengkap dapat memanfaatkan forum tanya jawab tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan dana BOS. Masih bingung menggunakan platform TanyaBOS? Yuk, pelajari platform TanyaBOS pada tautan , ya.

  • Rumah Belajar 

Sejalan dengan langkah digitalisasi pembelajaran, Kemendikbudristek mengembangkan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas bernama Rumah Belajar. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Terdapat empat fitur utama dalam platform Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, dan Bank Soal. Bagi Sobat Materi Lengkap yang tertarik mencoba platform Rumah Belajar dapat mengaksesnya pada tautan belajar.kemdikbud.go.id

  • Canva for Education

Apakah Sobat Materi Lengkap sudah mengenal platform bernama Canva? Canva adalah platform desain online yang menyediakan banyak template desain yang dapat kostumisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tata cara menautkan akun belajar.id dengan akun Canva bisa Sobat Materi Lengkap pelajari melalui tautan berikut.

Baja Juga :  Manfaatkan Canva for Education dengan Akun Belajar.id

Ternyata cukup banyak, bukan? Dari daftar di atas, platform manakah yang belum sempat Sobat Materi Lengkap akses? Setelah membaca artikel ini jangan lupa untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan platform-platform di atas, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:

https://belajar.id/

https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/12264135501849-Panduan-Menautkan-Akun-belajar-id-ke-Canva-untuk-Pendidikan

https://belajar.kemdikbud.go.id/