Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Sport  

Kiprah Sepak Bola Sejak Zaman Sebelum Masehi

Kiprah Sepak Bola Sejak Zaman Sebelum Masehi
Kiprah Sepak Bola Sejak Zaman Sebelum Masehi

Materilengkap.my.id. Kiprah Sepak Bola Sejak Zaman Sebelum Masehi. Halo, Sobat Materi Lengkap! Salah satu olahraga dengan penggemar paling banyak di dunia adalah sepak bola. Olahraga ini termasuk ke dalam olahraga favorit masyarakat karena tidak memerlukan banyak biaya untuk memainkannya. Mungkin Sobat Materi Lengkap pernah bermain sepak bola di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan rumah hanya bermodalkan satu buah bola dan sandal atau batu sebagai gawangnya.

Jika mundur jauh ke belakang, olahraga populer ini telah ada di dataran Tiongkok sejak zaman dinasti Han pada rentang abad ke-2 sampai ke-3 sebelum masehi. Pada masa ini permainan sepak bola dilakukan oleh para tentara sebagai sarana latihan fisik dan juga hiburan kala ulang tahun kaisar Tiongkok. Bolanya yang terbuat dari kulit, dan gawangnya berupa jaring kecil.

Selain di Tiongkok, sepak bola juga ada di negara tetangganya, Jepang. Pada waktu itu dimainkan dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang. Permainan sepak bola pada waktu itu disebut “kemari”.

Selanjutnya, permainan sepak bola ditemukan juga di negara lain seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

Sepak bola terus mengalami perkembangan. Sejarah sepak bola modern bermula dari Britania Raya yang ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola. Mulanya diadakan pertemuan oleh 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris) pada 1863.

Hasil dari pertemuan menetapkan seri peraturan tunggal permainan sepak bola. Peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, keempat asosiasi tersebut membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk dapat mengkoordinasi peraturan sepak bola dunia.

Baja Juga :  SERVICE-THE OPENING GUN OF TENNIS.

Lalu, pada 21 Mei 1904 berdirilah sebuah federasi sepak bola dunia yang terbentuk di Paris, Prancis. Organisasi ini bernama Federation International de Football Association atau yang kita kenal saat ini dengan istilah FIFA. Anggota FIFA kala itu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Usai pembentukan federasi tersebut, Sepak bola dimasukkan ke dalam Olimpiade dan menyelenggarakan kejuaraan dunia pertama kali atau Piala Dunia di Uruguay pada tahun 1930-an. Piala Dunia pertama itu dijuarai oleh tuan rumah setelah mengalahkan Argentina di final dengan skor 4-2. Hingga saat ini, anggota FIFA berjumlah 211 tim nasional yang berasal dari negara di berbagai belahan dunia.

Sampai sekarang, olahraga sepak bola terus mengalami perkembangan. Bahkan, teknologi telah digunakan dalam permainan yang telah ada sejak masa sebelum masehi. Tentunya permainan olahraga ini akan tetap berkembang, tetap dicintai, dan tetap menjadi olahraga favorit masyarakat di dunia.