Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Sport  

Persiapan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Memasuki Tahap Kritis

Persiapan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Memasuki Tahap Kritis
Persiapan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Memasuki Tahap Kritis

MATERILENGKAP.MY.ID | Persiapan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Memasuki Tahap Kritis

Stadion-Stadion yang Dipilih sebagai Venue Pertandingan

Persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Indonesia telah memasuki tahap baru setelah FIFA mengumumkan empat stadion yang akan digunakan sebagai arena pertandingan untuk tim nasional dari 24 negara. Awalnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengusulkan delapan stadion, termasuk lima yang sebelumnya direncanakan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang dibatalkan.

Namun, setelah inspeksi langsung oleh FIFA, keputusan diambil untuk menggunakan hanya empat stadion demi efisiensi. Stadion yang terpilih berada di Pulau Jawa, dan stadion lainnya, seperti Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali dan Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, tidak akan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Keempat stadion yang telah dipilih adalah Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung (Jawa Barat), Stadion Manahan di Solo (Jawa Tengah), Stadion Gelora Bung Tomo di Kabupaten Sidoarjo (Jawa Timur), dan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. JIS, yang memiliki kapasitas 82 ribu tempat duduk, menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.

Penyisihan dan Latihan di Berbagai Lokasi

Negara-negara peserta akan dibagi menjadi enam grup dalam babak penyisihan. Jakarta dan Bandung akan menjadi tuan rumah untuk dua grup masing-masing, sementara Solo dan Sidoarjo akan menjadi tuan rumah untuk masing-masing satu grup. Selain itu, empat lapangan latihan telah disiapkan di setiap stadion sebagai tempat pemanasan tim.

Baja Juga :  Kiprah Sepak Bola Sejak Zaman Sebelum Masehi

Selain itu, sejumlah catatan perbaikan telah disampaikan oleh tim inspeksi FIFA terhadap kondisi lapangan latihan. Beberapa lokasi, seperti GOR Soemantri Brodjonegoro dan Lapangan Banteng di Jakarta, serta Lapangan Blulukan Colomadu dan Lapangan Universitas Negeri Sebelas Maret di Solo, membutuhkan perbaikan terutama pada kualitas rumput lapangan, kamar ganti pemain, dan lampu penerang lapangan.

Renovasi Stadion dan Persiapan Lainnya

Renovasi juga sedang dilakukan pada stadion-stadion yang terpilih. Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo memiliki kondisi rumput yang baik setelah menjalani pitch stitching, sebuah teknik untuk meningkatkan kualitas rumput lapangan. Meski demikian, Stadion Gelora Bung Tomo masih membutuhkan pekerjaan pengaspalan area parkir.

Renovasi pada JIS juga sedang dilakukan, termasuk pitch stitching, pembangunan off ramp jalan tol di belakang stadion, dan akses di sekitar Waduk Cincin. Pemerintah juga akan membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk akses tambahan ke JIS.

Tantangan Menuju Piala Dunia U-17 2023

Persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah tugas yang kritis dan kompleks. Selain memastikan stadion dan fasilitas latihan dalam kondisi baik, pemerintah juga perlu memastikan adanya jaminan pemerintah (government guarantee) dan kontrak dengan kota-kota tuan rumah penyelenggara.

Pemerintah bersama PSSI, FIFA, dan berbagai pihak terkait lainnya berkolaborasi untuk menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai kejadian yang sukses dan mengesankan. Meski menghadapi sejumlah tantangan, optimisme tetap menyala untuk menggelar turnamen yang berlangsung pada November 2023 ini.