Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs

Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs
Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs

Materilengkap.my.id – Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs 

PROGRAM TAHUNAN
SMP/MTs MATERI LENGKAP

Mata Pelajaran: Aqidah Akhlaq
Status Pendidikan: SMP/MTs
Nama Madrasah: SMP/MTs…………….
Kelas: VII (Tujuh)
Tahun Pelajaran: 2024 / 2025
Waktu: 64 JP

Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7

Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Semester Ganjil

No Kompetensi Dasar Alokasi Waktu Keterangan
1 Menghayati nilai-nilai akidah Islam, menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari, memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam, serta menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam 4 JTM (4 x 40 menit) Uji Kompetensi 1 (2 JTM)
2 Meyakini sifat-sifat wajib Allah, menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah, mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah beserta bukti/dalil, serta menyajikan contoh fenomena kehidupan sebagai bukti sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah 6 JTM (6 x 40 menit) Uji Kompetensi 2 (2 JTM)
3 Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari, membiasakan perilaku tersebut, memahami pengertian dan dampak positifnya, serta menceritakan kisah terkait dampak positif sifat tersebut 6 JTM (6 x 40 menit) Uji Kompetensi 3 (2 JTM)
4 Menghayati adab salat dan zikir, terbiasa menerapkannya, memahami adab tersebut, serta mensimulasikannya 6 JTM (6 x 40 menit) Uji Kompetensi 4 (2 JTM)
5 Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s., mencontohnya, menganalisis kisahnya, serta menceritakan kembali kisahnya 4 JTM (4 x 40 menit)
Total 34 JTM (34 x 40 menit)
See also  Pentingnya Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dan Halus pada Anak Usia Dini

Semester Genap

No Kompetensi Dasar Alokasi Waktu Keterangan
1 Meyakini sifat-sifat Allah melalui al-asma’ al-husna, meneladani sifat tersebut, menguraikannya, serta menyajikan fakta dan fenomena kebenarannya 6 JTM (6 x 40 menit) Uji Kompetensi 1 (2 JTM)
2 Meyakini adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya, memiliki perilaku beriman kepada malaikat dan makhluk gaib lainnya, mendeskripsikan tugas dan sifatnya, serta menyajikan kisah terkait fenomena kehidupan 4 JTM (4 x 40 menit) Uji Kompetensi 2 (2 JTM)
3 Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq, membiasakan diri menghindarinya, memahami akhlak tersebut, serta mensimulasikan contoh perilaku dan dampaknya 4 JTM (4 x 40 menit) Uji Kompetensi 3 (2 JTM)
4 Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan berdoa, terbiasa menerapkannya, memahami adab tersebut, serta mempraktikkannya 4 JTM (4 x 40 menit) Uji Kompetensi 4 (2 JTM)
5 Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi, menganalisis kisahnya, serta menceritakan kembali kisah keteladanan mereka 4 JTM (4 x 40 menit)
Total 30 JTM (30 x 40 menit)

…………………, 2025
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
………………………..
NIP: –

Guru Bidang Studi
………………………..
NIP: –

Untuk mendapatkan file dokumennya, teman-teman guru bisa unduh file format microsoft word pada link unduh berikut ini : DOWNLOAD

Demikianlah sekilas contoh Program Tahunan (PROTA) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *