Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil

Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil
Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil

Materilengkap.my.id – Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan: SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran: Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan: VIII
Semester: Ganjil
Tahun Pelajaran: ……….

KOMPETENSI INTI (KI):

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu, teknologi, seni, dan budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) serta ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, DAN MATERI POKOK

1. Iman Kepada Kitab Allah SWT

  • Kompetensi Dasar:

    • Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT.

    • Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT.

    • Menghayati kebenaran kitab-kitab Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

    • Menunjukkan sikap berpikir kritis dan kreatif serta perilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab Allah SWT.

  • Materi Pokok:

    • Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah SWT dan suhuf.

    • Macam-macam, isi, dan fungsi kitab-kitab Allah SWT.

    • Dalil naqli dan aqli terkait kitab-kitab Allah SWT.

    • Perilaku orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati gambar dan ayat terkait kitab Allah SWT.

    • Tanya jawab tentang isi kandungan ayat.

    • Membaca dari berbagai sumber materi terkait.

    • Mendiskusikan hikmah beriman kepada kitab Allah SWT.

    • Menyajikan hasil diskusi.

  • Penilaian:

    • Observasi, catatan jurnal, tes tulis, lisan, tugas, proyek.

  • Nilai Karakter:

    • Religius, mandiri, gotong royong, jujur, kerja keras, percaya diri, kerja sama.

  • Alokasi Waktu: 6 JP

  • Sumber Belajar:

    • Buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, Al-Quran dan Tafsir, lingkungan sekitar, internet.


2. Tawakkal, Ikhtiyar, Sabar, Syukur, dan Qana’ah

  • Kompetensi Dasar:

    • Menghayati nilai tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qana’ah sesuai ajaran Islam.

    • Berperilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.

  • Materi Pokok:

    • Pengertian dan contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qana’ah.

    • Dalil naqli dan aqli terkait perilaku tersebut.

    • Hikmah dan dampak positifnya dalam kehidupan.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati gambar dan video akhlak terpuji.

    • Tanya jawab tentang contoh perilaku terkait.

    • Membaca literatur dan mengumpulkan informasi dari media.

    • Mendiskusikan hikmah dari sifat tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qana’ah.

    • Menyajikan hasil analisis tentang dampak positifnya.

  • Penilaian:

    • Observasi, catatan jurnal, tugas, proyek, unjuk kerja.

  • Nilai Karakter:

    • Religius, mandiri, gotong royong, jujur, kerja keras, percaya diri, kerja sama.

  • Alokasi Waktu: 6 JP

  • Sumber Belajar:

    • Buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, Al-Quran dan Tafsir, lingkungan sekitar, internet.


3. Menolak Perilaku Ananiah, Putus Asa, Ghadab, dan Tamak

  • Kompetensi Dasar:

    • Memahami pengertian, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.

    • Membiasakan diri menghindari perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

  • Materi Pokok:

    • Pengertian dan contoh perilaku ananiah, putus asa, ghadhab, dan tamak.

    • Dalil naqli dan aqli terkait.

    • Dampak negatif dari perilaku tersebut.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    • Mengamati gambar dan video akhlak tercela.

    • Tanya jawab tentang contoh perilaku negatif dan dampaknya.

    • Membaca literatur dan mengumpulkan informasi dari media.

    • Mendiskusikan cara menghindari perilaku tersebut.

    • Mensimulasikan akibat buruk akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

  • Penilaian:

    • Observasi, catatan jurnal, tugas, proyek, unjuk kerja.

  • Nilai Karakter:

    • Religius, mandiri, gotong royong, jujur, kerja keras, percaya diri, kerja sama.

  • Alokasi Waktu: 6 JP

  • Sumber Belajar:

    • Buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, Al-Quran dan Tafsir, lingkungan sekitar, internet.


Silabus ini disusun untuk memberikan panduan dalam pembelajaran Akidah Akhlak bagi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah agar mereka dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara benar dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

See also  Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs Semester Ganjil

Silahkan teman-teman guru bisa unduh format Microsoft Word pada link berikut : Unduh Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *