MATERILENGKAP.MY.ID | Pemutakhiran Data Sistem Belajar.id Bagi Pendidik Peserta didik dan Tenaga Kependidikan
Pemutakhiran Data Sistem Belajar.id Bagi Pendidik Peserta didik dan Tenaga Kependidikan
Sobat Materi Lengkap, tahukah kamu bahwa per bulan Juli 2022, dilakukan pemutakhiran data pada sistem Belajar.id. Pemutakhiran Data ini dimaksudkan agar Akun Belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.
Dengan adanya email notifikasi yang diterima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi diharapkan dapat mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.
Lalu siapa saja yang terkena dampak dari pemutakhiran data tersebut? Jawabannya adalah pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan yang berpindah peran, mutasi, berhenti bekerja, pindah jenjang, atau datanya tidak tercatat di Dapodik.
Bagi Sobat Materi Lengkap yang termasuk dalam kategori di atas, tidak perlu khawatir! Pastikan Sobat Materi Lengkap melakukan pengecekan pada email Akun Belajar.id secara berkala untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya yang terdapat pada email notifikasi.
Sobat Materi Lengkap akan diberikan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemindahan data dari akun Belajar.id ke akun personal menggunakan Google Takeout Transfer. Namun, apabila melebihi batas waktu 30 hari, maka akun Belajar.id lagi sudah tidak dapat diakses. Pelajari cara menggunakan Google Takeout Transfer selengkapnya melalui tautan ini.
Sedangkan bagi Sobat Materi Lengkap yang termasuk dalam kategori tersebut namun belum menerima email notifikasi dapat mencoba memastikan data pada Dapodik telah sesuai dengan status terkini. Bila hal ini sudah dilakukan namun masih belum menerima notifikasi, silakan memilih “Butuh Bantuan” pada laman https://belajar.id/.
Bila Sobat Materi Lengkap tidak termasuk dalam kategori yang disebut di atas namun mendapatkan notifikasi akun akan dihapus, silakan memastikan kembali data di Dapodik masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data terbaru.
Jika akun belajar.id milik Sobat Materi Lengkap terhapus, maka Sobat SMP dapat memanfaatkan opsi “Butuh Bantuan” pada laman belajar.id dan memilih kategori masalah “akun terhapus/dinonaktifkan” sekaligus menyertakan tangkapan layar yang menunjukkan kondisi gagal masuk.
Mengingat kegunaan dari akun belajar.id yang begitu krusial, seperti digunakan untuk mengakses platform Merdeka Mengajar, menggunakan Google Chromebook, mengakses TanyaBOS, dan lain sebagainya, maka pastikan Sobat Materi Lengkap memerhatikan notifikasi yang masuk dan segera melakukan tindak lanjut, ya.
Sumber: