Info Pendidikan Lengkap
InfoIndeks

Sistematika RKS, RKAS, Buku I KTSP

Sistematika RKS, RKAS, Buku I KTSP

Berdasarkan instrumen tersebut, maka sistematika RKS (RKJM) dapat disusun sebagai berikut:

SISTEMATIKA RKS (RKJM)

Halaman Judul

Halaman Pengesahan

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel*)

Daftar Gambar*)

Daftar Grafik*)

Daftar Lampiran

Bab I               Pendahuluan

  1. Latar belakang dan sejarah berdirinya sekolah
  2. Tujuan dan manfaat RKS
  3. Landasan hukum
  4. Alur dan sistematika penyusunan RKS

Bab II              Profil Sekolah (Kondisi Sekolah Saat Ini)

Bab III             Harapan Pemangku Kepentingan

  1. Visi sekolah
  2. Misi sekolah
  3. Tujuan sekolah

Bab IV            Program Kerja Sekolah

  1. Sasaran
  2. Program
  3. Indikator kinerja/keberhasilan
  4. Kegiatan
  5. Penanggung jawab kegiatan
  6. Jadwal kegiatan
  7. Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi

Bab V             Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (4 tahun)

Bab VI            Penutup

  1. Kesimpulan
  2. Saran

Lampiran

Ket: *) bila ada

SISTEMATIKA RKAS

Halaman Judul

Halaman Pengesahan

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel*)

Daftar Gambar*)

Daftar Grafik*)

Daftar Lampiran

 

Bab I               Pendahuluan

  1. Analisis lingkungan operasional
  2. Analisis kondisi sekolah saat ini
  3. Analisis kondisi sekolah satu tahun yang akan datang

Bab II              Identifikasi Tantangan Nyata

Bab III             Tujuan Situasional/Sasaran

Bab IV            Identifikasi Urusan-urusan Sekolah tiap Sasaran

Bab V             Analisis SWOT

Bab VI            Alternatif Langkah-langkah pemecahan masalah

Bab VII           Rencana Kegiatan

Bab VIII          Hasil yang Diharapkan

Bab IX            Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi

Bab X             Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah

Bab XI            Jadwal Kegiatan

Bab XII           Penanggungjawab

Lampiran

 

Ket : *) bila ada

Alternatif 1: Sistematika Buku I KTSP

Alternatif 2:

DAFTAR ISI

 

 

 

 

halaman

Halaman Pengesahan …………………………………………………………………..

 

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………

 

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN ……………………………………………………………

 

 

A.

Latar Belakang ……………………………………………………….

 

 

B.

Landasan Penyusunan …………………………………………….

 

 

C.

Tujuan Penyusunan ………………………………………………..

 

 

D.

Acuan Konseptual ……………………………………………………

 

 

E.

Prinsip-prinsip Penyusunan ………………………………………

 

 

 

 

 

BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN ……………………………………………….

 

 

A.

Visi ………………………………………………………………………

 

 

B.

Misi ……………………………………………………………………..

 

 

C.

Tujuan ………………………………………………………………….

 

 

 

 

 

BAB III

MUATAN KURIKULER …………………………………………………..

 

 

A.

Muatan Nasional ……………………………………………………..

 

 

 

B.

Muatan Lokal…………………………………………………………..

1.     Rasional Dilaksanakan Muatan Lokal……………………..

2.     Jenis Muatan Lokal Yang Dikembangkan………………..

3.     Alokasi Waktu Muatan Lokal………………………………….

4.     Strategi Pelaksanaan Muatan Lokal…………………………

 

 

 

C.

Bimbingan Konseling………………………………………………….

1.     Tujuan Layanan …………………………………………………

2.     Jenis Layanan…………………………………………………….

3.     Mekanisme Pelaksanaan Layanan …………………………

.

 

 

D.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)……………………

1.     Kompetensi TIK yang dibimbingkan bagi peserta didik

2.     Kompetensi TIK yang dibimbingkan bagi Pendidik…….

3.     Mekanisme pembimbingan TIK di satuan pendidikan

 

 

 

E.

Kegiatan Ekstrakurikuler

1.     Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib

2.     Kegiatan Ekstrakurikuler Pilihan

 

 

 

F.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

 

 

 

G.

Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

2.     Pengayaan

 

 

 

H.

Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1.     Kriteria Kenaikan Kelas

2.     Kriteria Kelulusan

 

 

 

 

 

BAB IV

BEBAN BELAJAR

 

 

A.

Sistem Pembelajaran

 

 

B.

Beban Belajar Tambahan

 

 

 

 

 

BAB V

KALENDER PENDIDIKAN

 

 

A.

Permulaan Tahun Pelajaran

 

 

B.

Pengaturan Waktu Belajar Efektif

 

 

C.

Pengaturan Waktu Libur

 

 

 

 

 

BAB VI

PENUTUP

 

 

 

 

 

LAMPIRAN:

 

 

 

1.

SK Penetapan KTSP

 

 

2.

SK Penetapan Susunan Tim Pengembang Kurikulum

 

 

 

 

 

Baca juga  Panduan Kegiatan Ajang OSN Tingkat SMP tahun 2022

 

Alternatif 3:

DAFTAR ISI

 

 

 

 

 

halaman

Halaman Pengesahan …………………………………………………………………..

 

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………

 

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………..

Bab I   PENDAHULUAN

A.   Latar belakang

1.    Rasional

2.    Kondisi internal dan eksternal

3.    Tantangan dan hambatan

B.   Landasan Hukum

C.   Tujuan pengembangan Kurikulum

D.   Prinsip pengembangan Kurikulum

Bab II  TUJUAN

A.   Fungsi dan tujuan pendidikan nasional

B.   Visi sekolah

C.   Misi sekolah

D.   Tujuan sekolah

Bab III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.   Struktur kurikulum umum

B.   Muatan lokal

C.   Pendidikan kecakapan hidup

D.   Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global

E.   Pendidikan berbasis karakter

F.    Kegiatan pengembangan diri/ekstrakurikuler

G.   Beban belajar

H.   Kriteria Ketuntasan Minimal

I.     Kriteria Kenaikan Kelas

J.    Kriteria Kelulusan

K.   Mutasi siswa

Bab IV KALENDER PENDIDIKAN

A.   Permulaan tahun pelajaran

B.   Pengaturan waktu belajar

C.   Pengaturan waktu libur

D.   Kegiatan akhir tahun pelajaran

Bab V  PENUTUP

 

 

Landasan Hukum yang berlaku dalam KTSP

–    Undang – undang no. 20 Tahun 2003

–    PP No.32 tahun 2013 pengganti PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan direvisi dengan PP No.15 tahun 2016 tentang Standar Nasional Pendidikan

–    Permendikbud No. 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru

–    Permendikbud No.20 tahun 2016 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

–    Permendikbud No.21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

–    Permendikbud No.22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

–    Permendikbud No.23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah

–    Permendikbud No. 37 tahun 2018 (perubahan Permendikbud No.24 tahun 2016) tentang KI dan KD Kurikulum 2013

–    Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

–    Permendikbud No.53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah

–    Permendikbud No. 82 tahun 2015 tentang Pencegahan Tindak Kekerasan

–    Permendikbud No.61 tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

–    Permendikbud No.62 tahun 2014 tentang Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler

–    Permendikbud No.63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai  Ekstrakurikuler Wajib

–    Permendikbud No.79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013

–    Permendikbud No.111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Penyuluhan pada Pendidikan dasar dan Menengah

–    Permendikbud No.160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum tahun 2013

–    Peraturan Bupati No. 16 tahun 2012 tentang Wajib Belajar Pendidikan Diniyah

–    SK Kepala Sekolah tentang Tim Pengembang Kurikulum tingkat Sekolah

Baca juga  Contoh Buku Saku Kegiatan Bulan Ramadhan 1443 H / Tahun 2022

Download Format Word

[googleapps domain=”drive” dir=”file/d/1eZrzzKI3dJH-bG9mOAaFsQbwH8QELmxU/preview” query=”” width=”640″ height=”480″ /]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *