Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM

MATERILENGKAP.MY.ID | SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan       :  ……………………………………..

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester           : VII / 2 (Genap)

Tahun Pelajaran          : 2022/2023

 

 Kompetensi Inti

ki 1  :  Menghayati ajaran agama yang dianutnya

ki 2  :  Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggungjawab peduli (toleransi gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

ki 3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

ki 4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Baca juga : Rasa Sakit Dapat Menjadikanmu Menjadi Lebih Baik

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kecakapan

Abad 21

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi

          rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara

          lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

3.10.1  Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

3.10.2  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun

3.10.3  Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa

            serta menelaahnya

            memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun

3.10.4  Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa

            Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata,

            kalimat, ejaan dan tanda baca

Puisi rakyat

·      Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)

·      Cara menyimpulkan isi pada  pantun, gurindam, dan syair

•   Pola pengembangan isi  pantun, gurindam, dan syair

•   Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

 

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

 

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

·    Kolaborasi

·      Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)

·      Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan,   kalimat majemuk  dan kalimat tunggal dalam  puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)

·      Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi,  ragam/ jenis puisi rakyat,  kata/ kalimat yang digunakan pada  puisi rakya (pantun, gurindam, syair)

 

9 JP

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

·    Sumber lain yang relevan

 

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

·    Portofolio

3.11Mengidentifik asi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca

       dan didengar.

3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca

       dan didengar.

3.11.1 Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.

3.11.2  Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/

          didengar.

3.11.3  menjelaskan karakteristik bagian-bagian struktur cerita fabel

3.11.4  Mengidentifika si struktur fabel

3.11.5  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada cerita fabel

3.11.6  Melengkapi cerita fabel sesuai struktur dan kaidah bahasa

3.11.7   Memvariasikan alur, dialog, latar, dari fabel yang disajikan

3.11.8   Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,

            ejaan dan tanda baca

4.11.1 Mengurutkan isi cerita fabel

4.11.2 Menceritakan kembali isi fabel secara lisan

4.11.3  Merencanakan penulisan cerita fabel

4.11.4  Menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan

            struktur,dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

4.11.5 Memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan

lain yang sesuai

 Cerita Fabel/ legenda

·          Ciri cerita fabel/ legenda

·          Langkah memahami isi cerita fabel

       Langkah menceritakan kembali isi fabel/ legenda

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

 

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

 

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

·    Kolaborasi

·      Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat.

·      Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi,  kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/ legenda

·      Berlatih  menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca

·      Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca

 

.

18 JP

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

·    Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

·    Portofolieo

3.13 Mengidentifi kasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau

       permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca

      dan didengar.

4.13 Menyimpul kan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat

       pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan

       Memperhati  kan struktur teks, kebahasaan, dan isi.

3.13.1 Menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan surat dinas pada teks yang

           dibaca/didengar.

3.13.2  Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks yang

            dibaca/didengar.

 

4.13.1 Memetakan isi surat pribadi dan surat dinas

4.13.2 Menjawab pertanyaan isi surat pribadi dan surat dinas

4.14.1 Merencanakan penulisan surat pribadi dan surat dinas

4.14.2 Menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan pilihan kata

          kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/

          tanda baca/ejaan

4.14.3  Menyunting surat pribadi dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan

bahasa

 Surat pribadi dan surat dinas

·      Informasi isi surat pribadi, surat dinas

·      Isi surat pribadi dan dinas

·      Simpulan isi surat pribadi dan dinas

 

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

 

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

 

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·         Mendata isi surat pribadi dan surat dinas

·         Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas

·         Menyimpulkan isi  surat pribadi dan surat dinas

·         Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas

·         Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas

·         Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan

·     Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas

26 JP

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.

4.15 membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi

yang dibaca

4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.

3.15.1 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan

 3.15.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku

3.15.3  Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

4.15.1 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan

 4.15.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku

4.15.3   Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

4.15.4   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca

 4.15.4  Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca

Menjadi Pembaca

Efektif

·      Hubungan antarunsur buku

·      Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

 

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

 

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·         Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku

·         Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan

·         Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

 

26 JP

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

Mengetahui :

Kepala Sekolah…..

 

 

 

………………………

NIP/NRK

 

     .……………2020/2021                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………………

        NIP/NRK

Demikianlah contoh lengkap SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM. Unduh versi MS Word di bawah

DOWNLOAD SILABUS DISINI

 

Baja Juga :  SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 9 TENTANG KERAJINAN