Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah

Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah
Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah

MATERILENGKAP.MY.IDPengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah – Menjelang tahun ajaran baru, sekolah perlu segera mempersiapkan bahan ajar berupa buku teks utama Kurikulum Merdeka. Pembelian buku dilakukan melalui aplikasi SIPLah. Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Sekolah Dasar menilai sangat penting melakukan sosialisasi pengadaan buku Kurikulum Merdeka melalui SIPLah.

“Karena Kurikulum Merdeka ini tidak hanya wajib diikuti oleh pelaksana program Sekolah Penggerak, tetapi juga dapat diimplementasikan secara mandiri oleh sekolah-sekolah semua jenjang yang siap melakukan perubahan. Maka pemerintah juga berupaya menyediakan bahan ajar Kurikulum Mereka yang dapat dibeli oleh satuan pendidikan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui aplikasi SIPLah. Kecuali sekolah umum swasta yang secara finansial sudah memiliki kemandirian dan tidak mendapatkan dukungan BOS,” ujar Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar saat membuka webinar Sosialisasi Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah Kepada SD Penggerak Angkatan I dan II (19/04/22).

Buku Kurikulum Merdeka disiapkan melalui aplikasi SIPLah sebagai upaya membantu satuan pendidikan dalam pengadaan kebutuhan sekolah, tanpa menyulitkan tenaga kependidikan dan kepala sekolah.

“SIPLah mengakomodir belanja di era modern (era digital). Semua disiapkan secara digital, sama prinsipnya ketika bapak dan ibu belanja secara konvensional ke pasar atau ke toko-toko untuk memenuhi kebutuhan sekolah,” tutur Sri Wahyuningsih.

Ia juga mengingatkan satuan pendidikan harus menyesuaikan dengan petunjuk atau peraturan Kemendikbudristek dalam penggunaan dana BOS, baik BOS reguler maupun BOS kinerja. Satuan Pendidikan jangan merasa khawatir membelanjakan anggaran melalui sistem SIPLah karena sudah dipayungi dengan peraturan Kemendikbudristek.

“Mari kita satukan persepsi bahwa pemerintah pusat berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi beban administrasi bapak dan ibu sebagai kepala sekolah maupun sebagai guru pendidik dengan memanfaatkan aplikasi SIPLah,” ujarnya.

Baja Juga :  Bangun Zona Integritas, Direktorat SMP Targetkan Capai Predikat ZI-WBK Tahun 2022
Sosialisasi Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah
Sosialisasi Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah

Ahmad Khusairi, Pengelola SIPLah Pusdatin Kemendikbudristek menjelaskan, cara pengadaan buku Kurikulum Merdeka melalui SIPLah ini ada 3 tahapan. Yang pertama adalah persiapan pengadaan yang di dalamnya ada penetapan dokumen perencanaan. Meliputi jumlah barang atau jasa, spesifikasi atau ruang lingkup barang dan jasa, waktu dan lokasi serah terima, alokasi anggaran dan persyaratan.

Kemudian tahap yang kedua adalah satuan pendidikan melakukan penetapan penyedia yang bisa dilakukan di aplikasi SIPLah. Untuk pengadaan buku Kurikulum Merdeka ini nanti penetapan penyedia sudah ditentukan oleh Kemendikbudristek. Dalam penetapan penyedia ini meliputi pemilihan dan penetapan calon penyedia, dan pembuatan kesepakatan pengadaan.

“Tahapan ketiga yaitu pelaksanaan kesepakatan pengadaan ini. Tahapan yang ke 3 ini dimulai dari pengiriman barang dan jasa sampai dengan pembayaran oleh satuan pendidikan melalui mitra ke penyedia,” jelasnya.

Selanjutnya, mekanisme PBJ di SIPLah; satuan pendidikan harus mengunjungi laman SIPLah dan mengakses melalui portal SIPLah. Untuk pengadaan buku Kurikulum Merdeka, mitra SIPLah yang ditunjuk bisa langsung mengunjungi website Mitra Temprina SIPLah, atau bisa melalui portal SIPLah yaitu siplah.kemendikbud.go.id.

“Nanti di situ bapak ibu bisa cari barang atau bisa langsung ke laman kunjungi mitra. Di situ sudah ada link yang mengarah ke mitra SIPLah. Sebelum login bapak ibu bisa melakukan pencarian barang terlebih dahulu, baik di mitra SIPLah maupun di portal SIPLah. Jika sudah mendapatkan barang yang dituju, bisa langsung login melalui sso dapodik yang sudah register atau yang bisa melakukan pembelanjaan di SIPLah yaitu pimpinan sekolah atau operator,” kata Ahmad Khusairi.

Dari tim PT Temprina juga menambahkan, ketika satuan pendidikan sudah ada di laman mitra SIPLah, kemudian searching di kotak pencarian, lalu tulis nama penyedia buku Kurikulum Merdeka atau nama tokonya yang dalam hal ini adalah JP Book Online.

Baja Juga :  Akselerasikan Peningkatan Kapasitas dan Kinerja SDM, Sesjen Lantik 62 Pejabat di Lingkungan Kemendikbudristek
Sosialisasi Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah
Sosialisasi Pengadaan Buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLah

“Itu nanti secara otomatis akan memberikan daftar nama penyedianya. Toko JP Book Online adalah penyedia yang nanti mengawal proses pengadaan buku atau penyedia buku Kurikulum Merdeka, yang pemesanannya itu sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen sampai dengan tanggal 30 April,” kata Soleh dari PT Temprina.

Jika sudah terhubung dengan JP Book Online, maka bisa langsung melakukan pemilihan buku-buku Kurikulum Merdeka yang sebelumnya sudah dibuat perencanaan untuk pengadaannya.

Pemerintah dalam hal ini Direktorat Sekolah Dasar berharap, melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman terkait pengadaan atau pembelian buku Kurikulum Merdeka, yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah yang sudah siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Info lebih lanjut terkait sosialisasi pengadaan buku Kurikulum Merdeka Melalui SIPLAH kepada SD Penggerak Angkatan I dan II, langsung simak saja videonya dengan klik tautan berikut: https://youtu.be/dft_YuOeNzY.