Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Mengangkat Kebinekaan ke Kancah Internasional Lewat Eksotika Nusantara

Mengangkat Kebinekaan ke Kancah Internasional Lewat Eksotika Nusantara
Mengangkat Kebinekaan ke Kancah Internasional Lewat Eksotika Nusantara

BERITA | Mengangkat Kebinekaan ke Kancah Internasional Lewat Eksotika Nusantara

Mengangkat Kebinekaan ke Kancah Internasional Lewat Eksotika Nusantara

Halo, Sobat Materi Lengkap! European Association of Folklore Festivals (EAFF) UNESCO dan Indonesia International Culture Festival (IICF) mengadakan perlombaan seni dan kreativitas “International Online Festival Competition Under The Brazilian Sun”. Salah satu peserta dari ajang ini adalah para peserta didik dari SMPN 19 Jakarta yang nantinya akan menampilkan video seni kreatif bersama 8 negara internasional lainnya.

Sebanyak 35 peserta didik SMPN 19 Jakarta membuat video seni kreatif berisi yang berbagai tarian daerah dan juga aransemen lagu-lagu tradisional serta nasional dengan tajuk “Eksotika Nusantara”. Selain tarian dan juga musik nusantara, mereka juga mengenakan pakaian tradisional dari berbagai suku di Tanah Air.

Koordinator lomba sekaligus guru SMPN 19, Nina Lestari, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyalurkan bakat dan minat peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dengan membawa budaya Indonesia ke kancah internasional.

“Kami mengikuti kegiatan ini untuk menyalurkan minat dan bakat peserta didik kami, mengembangkan kreativitas mereka, serta meningkatkan kemandirian dan gotong royong mereka sekaligus mengenalkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional,” jelas Nina.

Lebih lanjut, Nina menjelaskan bahwa ajang lomba ini menjadi salah satu wadah bagi peserta didik dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam dimensi kebinekaan global, bergotong-royong, dan juga kreatif.

“Kegiatan ini sangat berhubungan sekali dengan Profil Pelajar Pancasila di mana peserta didik dapat mengimplementasikan dimensi kebinekaan global, gotong-royong, maupun kreativitas mereka,” lanjut Nina.

Untuk persiapan, para peserta didik telah berlatih selama dua bulan dengan penuh semangat dan juga disiplin. Hal tersebut dituturkan oleh salah satu peserta didik yang mengikuti ajang lomba ini, Reina Farah Fariztan.

Baja Juga :  Langkah Mudah Penggunaan ARKAS dan MARKAS

“Kita udah prepare sekitar dua bulanan dan itu latihannya cukup sering. Setiap minggu kita latihan selama 3 jam, dan itu benar-benar prepare banget mulai dari aksesori dan gerakannya itu sudah disiapkan dengan matang,” tutur Reina.

Rasa bangga muncul dalam diri Salman Raqib Aliwidodo, yang juga merupakan peserta didik dalam perlombaan ini. Ia senang dapat memperkenalkan budaya Nusantara ke dunia internasional.

“Wah perasaan aku sih bangga banget, ya, karena aku bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional,” ujar Salman.

Mari kita doakan kerja keras dan juga usaha yang dilakukan oleh teman-teman kita dari SMPN 19 Jakarta bisa membuahkan hasil yang manis ya. Semoga Sobat Sobat Materi Lengkap lainnya juga bisa turut membanggakan Indonesia di kanah internasional, ya!