Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
ANBK  

Melihat Kesiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP di Sekolah Satu Atap

Melihat Kesiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP di Sekolah Satu Atap
Melihat Kesiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP di Sekolah Satu Atap

MATERILENGKAP.MY.ID | Melihat Kesiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP di Sekolah Satu Atap

Melihat Kesiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP di Sekolah Satu Atap

Halo, Sobat Materi Lengkap! Pada 12-13 September 2022, berbagai satuan pendidikan jenjang SMP melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional. Gladi bersih ini dilakukan untuk memetakan risiko dan kendala yang terjadi agar bisa diantisipasi saat pelaksanaan Asesmen Nasional yang sesungguhnya.

Salah satu satuan pendidikan yang melakukan gladi bersih adalah SMPN Satu Atap Caringin, Kabupaten Bogor. Saat diwawancarai usai gladi bersih, Kepala SMPN Satu Atap Caringin, Anis Rengganis, mengatakan bahwa gladi bersih Asesmen Nasional di sekolahnya yang dilakukan selama dua hari berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala.

“Karena dipersiapkan dari awal, alhamdulillah kemarin (gladi bersih Asesmen Nasional) berjalan dengan lancar. Begitu pula dengan hari ini. Gladi bersih ini sangat penting sekali supaya pas waktunya nanti lancar tidak ada kendala apa pun,” kata Anis.

Selain gladi bersih dan simulasi, Anis menambahkan bahwa sekolahnya juga telah mempersiapkan segala hal untuk pelaksanaan Asesmen Nasional pada pekan depan seperti protokol kesehatan, jaringan internet.

Ridwan Fauzi yang merupakan proktor di SMPN Satu Atap Caringin Kabupaten Bogor juga mengamini bahwa gladi bersih berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti pada jaringan dan juga sistem. Namun untuk mengantisipasi permasalahan jaringan, Ridwan memilih menggunakan moda semi-daring dalam pelaksanaan Asesmen Nasional.

“Untuk gladi bersih selama dua hari ini aman. Pada sistem tidak ada masalah, jaringan juga aman karena kita memang pakai moda semidaring ya. Pemilihan moda semidaring dikarenakan untuk jaringan internet di daerah sini agak kurang juga. Jadi kalau misalkan pakai fullonline, saya takut komputer client-nya malah jadi error karena kadang suka putus jaringan sendiri,” jelas Ridwan.

Baja Juga :  7 Alur Penanganan Masalah dalam Pelaksanaan ANBK di Satuan Pendidikan

Dari segi perangkat, Ridwan mengatakan bahwa pihak sekolahnya telah menyediakan 25 perangkat laptop. Namun agar pelaksanaan berjalan dengan lancar, nantinya Asesmen Nasional di SMPN Satu Atap Caringin Kabupaten Bogor akan dibagi ke dalam tiga sesi di mana masing-masing sesi terdiri dari 15 peserta.

Salah satu peserta didik yang mengikuti gladi bersih Asesmen Nasional, Hanifah Asnia Putri mengatakan bahwa gladi bersih berjalan dengan lancar tanpa kendala.

“Bisa alhamdulillah. Enggak ada kendala, semuanya lancar,” kata Hanifah.

Nauval Kurnia yang juga mengikuti gladi bersih menceritakan bahwa soal-soal pada ANBK tidak terlalu susah. Namun, Nauval menjelaskan di bagian numerasi ia sedikit kesulitan.

“Enggak terlalu sih. Cuma yang bagian numerasinya agak sedikit susah,” pungkas Nauval.

Peserta didik lainnya, Fahira Fitrah Azizah, memberikan tip persiapan untuk pelaksanaan ANBK. Menurut Fahira, belajar memang perlu. Namun, jangan sampai lupa untuk beristirahat.

“Mempersiapkan diri lebih baik lagi dan juga belajar untuk ANBK. Belajar itu perlu, tetapi harus perlu istirahat juga agar kondisi fit,” pungkas Fahira.