Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
TIK, Berita  

Langkah Pemeriksaan Awal Bantuan Peralatan TIK 2022 Jenjang SMP

Langkah Pemeriksaan Awal Bantuan Peralatan TIK 2022 Jenjang SMP
Langkah Pemeriksaan Awal Bantuan Peralatan TIK 2022 Jenjang SMP

BANTUAN | Langkah Pemeriksaan Awal Bantuan Peralatan TIK 2022 Jenjang SMP

Langkah Pemeriksaan Awal Bantuan Peralatan TIK 2022 Jenjang SMP

Halo, Sobat Materi Lengkap! Di tahun 2022 ini, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan bantuan peralatan TIK kepada berbagai satuan pendidikan di Indonesia. Ada pun bantuan yang akan diterima berupa 15 unit laptop Chromebook, 1 unit proyektor, 1 unit wireless router, dan juga 1 unit konektor.

Ketika menerima bantuan peralatan TIK ini, Sobat Materi Lengkap perlu mengetahui langkah awal pemeriksaan bantuan yang diterima. Tujuan dari pemeriksaan awal ini adalah untuk memastikan kesesuaian jenis barang, tipe, merek, kondisi fisik, dan juga kelengkapan aksesori setiap barang.

Pada pemeriksaan awal ini, Sobat Materi Lengkap diwajibkan untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Pemeriksaan jenis, merek, tipe, dan jumlah barang
  • Pemeriksaan kondisi fisik kemasan
  • Pemeriksaan kondisi fisik barang dan aksesori
  • Pemeriksaan kelengkapan dokumen
  • Pengisian instrumen awal pemeriksaan barang

Ada pun langkah pemeriksaan awal bantuan peralatan TIK yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan barang diantar langsung ke sekolah

Ketika sudah dekat dari sekolah, kurir akan menginformasikan kepada pihak sekolah. Oleh karena itu, sekolah perlu mempersiapkan tim yang akan melakukan pemeriksaan awal. Mintalah waktu kepada kurir sekitar 1 – 2 jam untuk pemeriksaan awal.

  • Dokumentasikan penerimaan barang

Ketika barang sudah sampai, Sobat Materi Lengkap diharuskan melakukan foto bersama yang di dalamnya terdapat kurir yang mengantar, perwakilan pihak sekolah, dan juga barang yang diterima dengan latar yang memperlihatkan nama sekolah dengan jelas. Arsipkan foto ini untuk dokumentasi sekolah.

  • Lakukan pemeriksaan awal barang

Dengan disaksikan oleh kurir, lakukan pemeriksaan awal dimulai dengan membuka kemasan pengiriman. Hitung jumlah barang yang diterima dan sesuaikan dengan jumlah barang yang seharusnya, yaitu laptop Chromebook sebanyak 15 unit, proyektor sebanyak 1 unit, wireless router sebanyak 1 unit, dan juga konektor sebanyak 1 unit. Bukalah setiap barang dan lakukan pemeriksaan sesuai dengan instrumen awal serta lakukan pencatatan pada instrumen tersebut.

  • Lakukan pengisian BAST
Setelah pemeriksaan awal selesai dilakukan, jangan lupa untuk melakukan pengisian Bukti Acara Serah Terima (BAST) sesuai dengan hasil pemeriksaan awal. Pastikan seluruh pemangku kebijakan terkait menandatangani BAST tersebut. Kirimkan BAST kepada Direktorat SMP melalui kanal yang sudah disediakan. Arsipkan dokumen pada tempat yang aman.
  • Lakukan pemeriksaan spesifikasi
Baja Juga :  Jelajah Masjid Tertua di Jayapura

Setelah proses penerimaan barang telah selesai, lakukan pemeriksaan spesifikasi barang, pemeriksaan operasional, atau pemeriksaan uji fungsi dalam kurun waktu tidak lebih dari 14 hari setelah barang diterima. Apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam waktu 14 hari, laporkanlah kepada vendor terkait dan barang akan diganti dengan yang baru. Namun, apabila telah melewati 14 hari maka barang tidak dapat diganti dengan yang baru atau dengan kata lain prosedur yang berlaku adalah klaim garansi.

Itulah tadi beberapa langkah pemeriksaan awal bantuan peralatan TIK jenjang SMP tahun 2022. Pastikan barang yang diterima dalam kondisi yang sesuai dengan instrumen pemeriksaan awal ya, Sobat Materi Lengkap! Semoga informasi ini bermanfaat!

https://docs.google.com/presentation/d/1AqNeBPp3uD__nENZY0_cVm4R4BPbwhPb1IHbcy6FH3g/edit#slide=id.g15cb913b36c_0_2144

https://www.youtube.com/watch?v=ExNYIpixFH8&list=PLRnEYzlXJ1lEVdKMyfiqQpAc8N0MIFPCq&index=33