Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024

Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024
Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024

Materilengkap | Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024

Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024

Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) Mapel Umum Jenjang MI Terbaru 2024

Ujian Madrasah (UM) merupakan salah satu tahapan penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, khususnya bagi peserta didik pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). UM tidak hanya sebagai syarat kelulusan, tetapi juga sebagai evaluasi terhadap capaian pembelajaran yang telah dilakukan selama proses pendidikan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan UM, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Madrasah. POS ini menjadi panduan bagi pengelola madrasah dan semua pihak terkait dalam melaksanakan UM dengan standar yang jelas dan terukur.

Salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan UM adalah penilaian hasil belajar. Penilaian ini merupakan proses yang tidak bisa diabaikan karena melalui penilaian ini, kita dapat mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Dengan demikian, penilaian hasil belajar menjadi tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran di madrasah.

Pemerintah memberikan wewenang penuh kepada madrasah untuk menyusun dan menyelenggarakan UM sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal. Ini tercermin dari kebijakan bahwa Kisi-Kisi Asesmen Madrasah (AM) disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM sendiri. Namun demikian, kisi-kisi tersebut tetap harus mengacu pada kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Pada jenjang MI, kisi-kisi AM mencakup berbagai mata pelajaran umum seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Selain itu, terdapat pula mata pelajaran agama seperti Al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, dan Bahasa Arab, yang kisi-kisinya disusun oleh Kementerian Agama RI.

Baja Juga :  SK Peserta Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024

Unduh Kisi-kisi

Dengan adanya standarisasi dalam penyelenggaraan UM, diharapkan akan tercipta proses evaluasi yang objektif dan akurat terhadap capaian pembelajaran peserta didik. Hal ini akan mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pembangunan pendidikan nasional. Sehingga, diharapkan para peserta didik dapat mencapai kesuksesan dalam menempuh perjalanan pendidikan mereka dan menjadi generasi penerus yang kompeten dan berdaya saing.