Materi Lengkap
@Materi Lengkap

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan ternyata sangat mulia. Banyak keistimewaan, ibadah, dan amalan yang dapat dilakukan di 10 hari pertama Ramadan. Meski berat lantaran tubuh yang harus beradaptasi terhadap kebiasaan baru di bulan Ramadan, namun umat Islam pun dapat memperoleh banyak kebaikan di dalamnya.

10 hari pertama dari bulan Ramadan tersebut mulia jika umat Islam mampu beribadah dengan sebaik-baiknya. Tentu saja bukan hanya untuk mendapatkan pahala, namun juga mengharap ridha dan keberkahan dari Allah SWT.

Banyak amalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan. Beberapa di antara yakni berdzikir, mengerjakan berbagai salat sunnah, serta berdoa kepada Allah meminta kebaikan di dunia dan akhirat kelak.

Lantas, apa saja keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini dilengkapi dengan doa-doa hingga sepuluh hari pertama di bulan Ramadan, dirangkum dari berbagai sumber.

Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadan

Terbukanya Pahala saat Bertadarus

Bulan Ramadan merupakan momen saat kitab suci Alquran diturunkan kepada Rasulullah dan menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat Islam. Alangkah baiknya jika saat berpuasa, amalan membaca Alquran juga senantiasa terus dikerjakan.

Selain mendapatkan pahala, bertadarus juga dapat menjadi ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana dalam QS. Al Baqarah berikut,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Bulan Penuh Rahmat

Ramadan merupakan bulan penuh berkah, ampunan, dan rahmat bagi siapa saja yang mengejarnya. Di 10 hari pertama Ramadan, pintu rahmat Allah SWT akan senantiasa mulai terbuka bagi hamba-Nya. Seraya dalam hadist riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka). “

 

Penuh Petunjuk dari Allah SWT

Selain ampunan dan rahmat, siapa pun yang mengerjakan amal salih di bulan Ramadan akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Dalam 10 hari pertama bulan Ramadan, ada banyak ibadah dan amalan yang dapat dikerjakan.

Keberuntungan dan kebaikan pun senantiasa akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di hari 10 pertama.

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Bulan suci Ramadan merupakan waktu yang tepat bagi hamba-Nya untuk berdoa kepada Allah SWT. Di antara waktu yang tepat tersebut adalah di saat berpuasa, waktu makan sahur, dan saat terdengar adzan. Dalam 10 hari pertama, ada baiknya untuk terus berdoa serta berzikir mengingat Allah SWT.

error: Jangan Klik Kanan Sob !!