Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Jika Aku Seorang Perundung, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Jika Aku Seorang Perundung, Apa yang Harus Aku Lakukan
Jika Aku Seorang Perundung, Apa yang Harus Aku Lakukan

BERITA | Jika Aku Seorang Perundung, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Halo, Sobat Materi Lengkap! Perundungan atau bullying adalah sebuah masalah yang cukup serius bagi kita yang berada di dunia pendidikan. Coba ingat-ingat, apakah kamu pernah mengganggu atau membuat perasaan teman kita menjadi tidak nyaman? Atau pernahkah kamu secara tidak sadar menghasut orang lain untuk membenci seseorang yang tidak kamu sukai?

Sobat Materi Lengkap, terkadang yang menjadi masalah dalam perundungan ataupun kekerasan adalah justru kita yang menjadi pelaku. Tak jarang pelaku tidak menyadari bahwa dirinya telah melakukan tindakan yang menyakiti perasaan maupun fisik korban. Lalu, apabila ternyata kita adalah seorang yang melakukan perundungan, apa yang harus kita lakukan?

  • Pahami tentang perundungan dan kekerasan serta dampaknya pada seseorang

Sebagai pelajar berjiwa Pancasila, kita harus bisa memahami perundungan ataupun kekerasan dan dampak yang bisa ditimbulkan kepada orang lain. Cobalah mencari informasi-informasi tersebut dan pahami secara mendalam. Tanamkan pola pikir bahwa setiap orang setara dan berhak untuk dihargai dan terbebas dari perlakuan-perlakuan yang tidak menyenangkan.

  • Jika sudah menyadari perilaku hal yang dilakukan, hentikan perilaku tersebut

Ketika kamu telah memahami perundungan, kekerasan, dan juga dampak yang ditimbulkan, kemungkinan kamu akan menghindari tindakan-tindakan tersebut. Paling tidak, kamu akan menyadari apabila telah melakukan perundungan atau kekerasan. Setelah menyadarinya, langsung hentikan perilaku tersebut sebelum menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

  • Segera meminta maaf kepada orang yang menjadi korban
Ini adalah hal yang sangat penting bagi kamu apabila merupakan seorang pelaku. Segeralah meminta maaf kepada orang yang menjadi korban atas tindakan yang telah kamu lakukan. Jika kamu malu meminta maaf secara langsung kamu bisa melakukannya lewat telepon, surat, atau media komunikasi lainnya.
  • Mulai mengintrospeksi diri
Baja Juga :  Peran Orang Tua dalam Mencegah Perundungan

Ada banyak faktor penyebab munculnya perundungan dan kekerasan. Mencari tahu dan menggali penyebab kekerasan dapat membantu kita untuk memikirkan kira-kira apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan perilaku kekerasan.

  • Mulailah berubah

Ubah cara pandang mengenai relasi dan perilaku, serta tumbuhkan keinginan untuk berubah. Menunjukkan upaya-upaya perubahan dan berkomitmen terhadap hal-hal yang ingin diubah juga menjadi hal yang perlu dilakukan. Memang hal ini tidak bisa terjadi secara instan, tetapi perlahan-lahan kamu harus berani mencoba untuk mengubah diri dan juga pola pikir lebih baik lagi.

Jadi apabila kamu ternyata adalah seseorang yang menjadi pelaku perundungan atau kekerasan, cobalah untuk melakukan hal-hal di atas tadi. Jangan menjadi pengecut yang hanya berani untuk melakukan tindakan tidak terpuji, tetapi siap menerima konsekuensi dan melakukan hal-hal yang dapat membawa dampak perubahan terhadap diri kamu supaya tidak lagi melakukan perundungan atau kekerasan. HENTIKAN PERUNDUNGAN, TETAP ASYIK TANPA MENGUSIK!

Referensi:

Hentikan Kekerasan.pdf

https://repositori.kemdikbud.go.id/11609/1/Stop%20Perundungan.pdf