Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Hal-hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi

Hal-hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi
Hal-hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi

BERITA | Hal-hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi

Halo, Sobat Materi Lengkap! Indonesia adalah negara yang letaknya dilintasi oleh jalur Cincin Api Pasifik atau yang dikenal juga dengan istilah Ring of Fire. Ring of Fire merupakan lintasan yang terdapat deretan gunung berapi. Karena hal tersebut, Indonesia cukup rawan terjadi bencana alam seperti gempa bumi (tektonik maupun vulkanik), gunung meletus, tsunami dan sebagainya.

Salah satu bencana alam yang kerap terjadi di negara kita adalah gempa bumi. Oleh karena itu, kita wajib mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi agar meminimalisasi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa? Yuk simak artikel ini!

Saat di dalam bangunan

  • Berlindung di bawah meja

Ketika gempa bumi terjadi, hal yang menjadi risiko adalah tertimpa benda-benda ataupun atap bangunan. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif ketika sedang berada di dalam bangunan adalah dengan berlindung di bawah meja yang kokoh. Hal ini dapat melindungi kamu dari risiko tertimpa benda-benda di sekitar. Ketika di bawah meja, carilah bantal atau helm untuk melindungi kepala agar tidak terbentur benda-benda yang berjatuhan. Jika sudah aman, segera cari jalan keluar dari bangunan tersebut.

  • Gunakan tangga darurat

Jika kamu sedang berada di bangunan bertingkat, gunakanlah tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Jangan menggunakan lift apabila sedang terjadi guncangan. Namun, jika sudah terlanjur di dalam lift saat gempa terjadi tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. Segera tinggalkan lift dan gunakan tangga darurat.

  • Matikan semua peralatan yang menggunakan listrik
Jika sedang memasak, segera matikan kompor dan tinggalkan bangunan. Cabut dan matikan seluruh peralatan yang menggunakan listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran.
  • Hindari berada di dekat tiang, pohon, atau bangunan yang berpotensi runtuh
Baja Juga :  Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

Segera cari jalan keluar menuju tempat terbuka seperti lapangan. Perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng, atau material lain. Jika sudah berada di luar, hindari berdiri di dekat tiang, pohon, ataupun bangunan yang berpotensi runtuh. Carilah lapangan luas yang tidak ada objek tinggi di sekitar.

  • Ikuti instruksi petugas

Tetaplah tenang ketika gempa terjadi. Jika di dalam bangunan ada petugas keamanan, ikutilah instruksi untuk evakuasi. Bantulah orang lain setelah memastikan dirimu aman.

  • Saat di dalam mobil, jauhi persimpangan dan cari tempat aman

Apabila kamu sedang berada di dalam mobil, hindari persimpangan. Pinggirkan mobil ke kiri bahu jalan dan segera keluar dari mobil. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

  • Jauhi area pesisir dan segera menuju tempat tinggi

Hal yang dikhawatirkan saat terjadi gempa adalah potensi munculnya gelombang tsunami. Apabila kamu berada di daerah pesisir, jauhilah area pantai dan segeralah menuju tempat yang tinggi.

Nah Sobat Materi Lengkap, itulah hal-hal yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi. Pada intinya, tetap tenang dan ikutilah langkah-langkah tersebut. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: https://siaga.bnpb.go.id/hkb/po-content/uploads/documents/Buku_Saku-10Jan18_FA.pdf