Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN

CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN
CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN

MATERILENGKAP – SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN

Satuan Pendidikan         : SMP

Kelas / Semester           : VII / Satu – Dua

Kompetensi Inti (KI)     :

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD) Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1      Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia

2.2      Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan

2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan

3.1         Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan alam berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.

4.1         Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang ada di wilayah setempat

1.       Pengertian kerajinan dari bahan alam

(tanah liat, serat alam,kayu, bambu, rotan, kulit, batu, dll)

2.       Jenis karya kerajinan dari bahan alam dan fungsinya

3.       Motif ragam hias pada kerajinan dari bahan alam

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan alam

5.       Pengemasan karya kerajinan dari bahan alam

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan alam, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan alam  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan alam  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan alam  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan alam dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan dari bahan alam dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan dari bahan alam untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan alam yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan dari bahan alam

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan alam

3.       Aspek yang dinilai:

a.     Apresiasi  20%

b.     Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.  Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan alam yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.  Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan dari bahan alam

3.  Aspek yang dinilai:

a.  Kerincian  20%

b.  Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.  Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan alam

2.  Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan alam dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.  Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan alam yang dibuatnya

4.  Aspek yang dinilai

a.   Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.  Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.   Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (4  mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan dari bahan alam

Aneka bahan alam (tanah liat, aneka serat alam, kayu, bambu, rotan, kulit, batu, dll)

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan dari bahan alam di lingkungan setempat

3.2   Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai wilayah setempat.

4.2   Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat

1.       Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan alam

(tanah liat, serat alam,kayu, bambu, rotan, kulit, batu, dll)

2.       Jenis karya modifikasi kerajinan dari bahan alam dan fungsinya

3.       Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya  kerajinan modifikasi dari bahan alam

5.       Pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan alam, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan alam  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan alam  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan dari bahan alam  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan modifikasi dari bahan alam dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan alam yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

2.       Pengetahuan modifikasi, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan alam

3.       Aspek yang dinilai:

a.       Apresiasi  20%

b.       Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan alam yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

3.     Aspek yang dinilai:

a.     Kerincian  20%

b.     Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.       Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

2.       Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.   Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan alam yang dibuatnya

4.   Aspek yang dinilai

a.       Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.       Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.      Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8  jam pelajaran (4  mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan modifikasi dari bahan alam

Aneka bahan alam (tanah liat, aneka serat alam, kayu, bambu, rotan, kulit, batu, dll)

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan alam di lingkungan setempat

3.3         Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan buatan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.

4.3         Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan yang ada di wilayah setempat

1.       Pengertian kerajinan dari bahan buatan

(plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)

2.       Jenis karya kerajinan dari bahan buatan dan fungsinya

3.       Motif ragam hias pada kerajinan dari bahan buatan

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan benda kerajinan dari bahan buatan

5.       Pengemasan karya kerajinan dari bahan buatan

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan dari bahan buatan dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan dari bahan buatan

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan

3.       Aspek yang dinilai:

a.     Apresiasi  20%

b.     Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan dari bahan buatan

3.     Aspek yang dinilai:

a.     Kerincian  20%

b.  Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.     Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan

2.  Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.  Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya

4.  Aspek yang dinilai

a.        Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.  Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.   Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (5  mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan dari bahan buatan

Aneka bahan buatan (plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan di lingkungan setempat

3.4   Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat

4.4   Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat

1.       Pengertian kerajinan modifikasi dari bahan buatan

(tanah liat, serat alam,kayu, bambu, rotan, kulit, batu, dll)

2.       Jenis karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan fungsinya

3.       Motif ragam hias pada kerajinan modifikasi dari bahan buatan

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

5.       Pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan modifikasi dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berakaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuanmodifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan dari bahan buatan dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan dari bahan buatan

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan

3.       Aspek yang dinilai:

a.       Apresiasi  20%

b.       Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan modifikasi bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan dari bahan buatan

3.      Aspek yang dinilai:

a.       Kerincian  20%

b.       Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.       Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan

2.       Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.       Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya

4.       Aspek yang dinilai

a.       Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.       Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.        Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (5  mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

Aneka bahan buatan  (plastik, gips, fiberglass, lilin, sabun, dll)

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan di lingkungan setempat

CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN
CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN

Baja Juga :  SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM