Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Contoh Resume Tentang Tari Prodi PGSD

Contoh Resume Tentang Tari Prodi PGSD

Contoh Resume Tentang Tari Prodi PGSD

  1. Pengertian Tari

Tari adalah gerakan tubuh sesuai dengan irama yang menyertainya. Tari juga berarti ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis sehingga dapat memicu rangsangan. Yang dimaksud dengan ekspresi jiwa adalah rangsangan emosional dancetusan rasa disertai dengan kemauan. Gerakan tarian disertai dengan musik untuk mengatur gerakan para penari dan untuk menyampaikan pesan yang diinginkan.

Berikut ini adalah pengertian tari menurut para ahli:

  1. Soedarsono

Ia menyatakan bahwa pengertian tari adalah bentuk implementasi dari ekspresi jiwa manusia. Dan disajikan dalam bentuk gerakan tubuh yang ritmis dan mempesona. Sementara gerakan ritmis yang indah adalah gerakan tubuh yang sesuai dengan irama iringan dan mengandung daya tarik muncul bagi mereka yang melihatnya.

  1. Yulianti Parani

Pengertian tari menurut Yulianti Parani adalah bagian atau semua gerakan ritmis tubuh yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Dan dalam penyajiannya disertai dengan beberapa ekspresi tertentu.

  1. Corrie Hartong

Ia menyatakan bahwa tari adalah desakan dorongan manusia yang ada pada manusia. Yang mendorongnya untuk mencari ekspresi dalam bentuk gerakan berirama. Suatu gerakan dikatakan menari ketika gerakannya berirama.

 

  1. Aristoteles

Menurut Aristoteles, tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan memvisualisasikan karakter dan kehidupan orang saat mereka bertingkah laku.

  1. Jenis-jenis Tari Nusantara
  2. Tari Daerah Nusantara

Tari daerah nusantara adalah jenis tarian yang tumbuh dan terus berkembang sesuai dengan kelompok masyarakat pendukungnya. Tari jenis ini memiliki keunikan gerak, penyajian, irama musik, rias wajah, dan busana.

  1. Tari Tradisional Kerakyatan

Tari tradisional kerakyatan adalah jenis tarian yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat umum. Biasanya digunakan sebagai tari hiburan.

  1. Tari Tradisional Klasik
Baja Juga :  Pemutakhiran Data Dapodik Untuk Pengusulan DAK Satuan Pendidikan Tahun 2022

Jenis tari ini dikembangkan oleh kaum bangsawan di istana. Bentuk gerak tarinya baku dan tidak bisa dirubah.

  1. Tari Kreasi

Tari kreasi adalah jenis tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tradisional klasik. Gerak ini berasal dari satu atau berbagai daerah di Indonesia.

  1. Tari Tunggal

Tari tunggal merupakan jenis tarian yang dibawakan secara individu atau sendiri, baik laki-laki ataupun perempuan. Penari memiliki tanggung jawab pribadi untuk menghafal gerakan dan formasi dari awal sampai akhir pementasan. Contoh tari tunggal di antaranya tari panji semirang, tari golek, dan tari topeng.

  1. Tari Kelompok

Tari kelompok adalah jenis tarian yang diperagakan oleh tiga orang atau lebih. Karena dibawakan bersama, tarian ini memerlukan kerja sama tim yang bagus. Contoh tari kelompok di antaranya tari bedhaya semang, tari bedaya ketawang, tari lawung, tari serimpi, dan tari kecak.