Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Contoh Analisisi SNP Standar Kompetensi Lulusan 2022

Contoh Analisisi SNP Standar Kompetensi Lulusan 2022

Contoh Analisisi SNP Standar Kompetensi Lulusan 2022

  1. PEMETAAN MUTU SEKOLAH

SMP Negeri  ………….. Tahun 20…..

(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan)

Format 1 (Analisis Data Capaian Standar Kompetensi Lulusan)

Nomor

Standar/Indikator/

Sub-Indikator

Nilai

Kategori

Deskripsi*

Bukti Fisik**

ANALISIS LINGKUNGAN***

Kekuatan

Kelemahan

1

Standar Kompetensi Lulusan

7

«««««

       

1.1.

Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap

7

«««««

       

1.1.1.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

7

«««««

·         Siswa dimotivasi dan fasilitasi oleh sekolah agar memiliki perilaku dan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah) dan keteladanan dalam menghayati dan mengamalkan sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

·         Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME di sekolah dilakukan dalam bentuk kegiatan pembelajaran

 

·         Secara umum siswa telah memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah) dan keteladanan dalam menghayati dan mengamalkan sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

·         Semua guru mengintegrasikan pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran

 

1.1.2.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap berkarakter

7

«««««

Perilaku dan sikap berkarakter ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah.

 

Secara umum seluruh  siwa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap berkarakter  dalam berbagai kegiatan

 

1.1.3.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap disiplin

7

«««««

Perilaku dan sikap disiplin ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah.

 

Secara umum seluruh siswa telah memperlihatkan perilaku dan sikap disiplin  dalam berbagai kegiatan

 

1.1.4.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun

7

«««««

Perilaku dan sikap santun ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah

 

Secara umum seluruh siswa telah memperlihatkan perilaku dan sikap santun  dalam berbagai kegiatan

 

1.1.5.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

7

«««««

Perilaku dan sikap jujur ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah

 

Secara umum seluruh siswa telah memperlihatkan perilaku dan sikap  jujur dalam berbagai kegiatan

 

1.1.6.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli

7

«««««

Perilaku dan sikap peduli ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah.

 

Secara umum seluruh siswa telah memperlihatkan perilaku dan sikap peduli dalam berbagai kegiatan

 

1.1.7.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

7

«««««

Perilaku dan sikap percaya diri ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah

 

Secara umum seluruh siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri  dalam berbagai kegiatan

 

 

1.1.8.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertanggungjawab

7

«««««

Perilaku dan sikap bertanggungjawab ditumbuhkan dengan fasilitasi berbagai kegiatan oleh sekolah.

 

Secara umum seluruh siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertanggungjawab dalam berbagai kegiatan

 

1.1.9.

Memiliki perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat

7

«««««

Perilaku dan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat difasilitasi oleh sekolah dan diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, melalui pembiasaan program literasi

   

·   Perilaku dan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat belum berjalan secara optimal di sekolah

 

1.1.10.

Memiliki perilaku sehat jasmani dan rohani

7

«««««

Perilaku dan sikap yang mencerminkan sehat jasmani dan rohani ditumbuhkan dalam seluruh kegiatan baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui kegiatan kesiswaan, dibuktikan dengan dokumen berikut:

 

a.       Program, laporan, dan dokumentasi kegiatan kesiswaan.

b.       Kehadiran siswa dalam pembelajaran.

c.       Kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.

d.       Kegiatan UKS yang meliputi kantin sehat, bina mental untuk pencegahan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) , HIV/AIDS, tindak kekerasan, dan lain-lain.

e.       Prestasi dalam bidang olah raga dan seni.

f.        Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK, wali kelas, guru BK, dan kepala sekolah/madrasah

 

·         Sekolah belum memiliki dokumen yang diperlukan

a.       Program, laporan, dan dokumentasi kegiatan kesiswaan.

b.      Kehadiran siswa dalam pembelajaran

c.       Kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.

d.      Kegiatan UKS yang meliputi kantin sehat, bina mental untuk pencegahan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) , HIV/AIDS, tindak kekerasan, dan lain-lain.

e.       Prestasi dalam bidang olah raga dan seni.

f.        Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK, wali kelas, guru BK, dan kepala sekolah/madrasah

1.2.

Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan

7

«««««

       

1.2.1.

Memiliki pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif

7

«««««

Siswa memiliki:

·         pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         pengetahuan terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

     

1.3.

Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan

7

«««««

       

1.3.1.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif melalui pengalaman pembelajaran dan kegiatan

     

1.3.2.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif melalui pengalaman pembelajaran dan kegiatan

     

1.3.3.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kritis

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kritis melalui pengalaman pembelajaran dan kegiatan

     

1.3.4.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak mandiri

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak secara mandiri melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah dan sumber lain secara mandiri yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan kegiatan penugasan individu, penugasan kelompok, pelaporan tugas/kegiatan, presentasi hasil penugasan, keterlibatan dalam kepanitiaan dan keterlibatan dalam penyusunan program sekolah.

     

1.3.5.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kolaboratif

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kolaboratif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah dan sumber lain dalam bekerjasama dari pengalaman pembelajaran dan kegiatan penugasan kelompok, pelaporan tugas/kegiatan, presentasi hasil penugasan, keterlibatan dalam kepanitiaan dan keterlibatan dalam penyusunan program sekolah.

     

1.3.6.

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak komunikatif

7

«««««

Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak komunikatif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah dan sumber lain dari pengalaman pembelajaran dan kegiatan penugasan kelompok, pelaporan tugas/kegiatan, presentasi hasil penugasan, keterlibatan dalam kepanitiaan dan keterlibatan dalam penyusunan program sekolah dengan cara berinteraksi, menyampaikan dengan ide kreatif dari hasil penyimakan dan membuat karya tulis.

     
               

 

Keterangan:

*)     Deskripsi mutu per Standar/Indikator/SubIndikator dapat dipetik dari  “Indikator Mutu” yang diterbitkan oleh Kementeiran Pendidkan dan Kebudayaan

**)    Bukti fisik masing-masing Indikator/Sub-Indikator SKL dipetik dari “Instrumen Akreditasi Sekolah” Tahun 2017 halaman 15/56 s.d 19/56.

***)  Jika ada gap antara data mutu yang ada di rapor mutu dengan kondsi riil sekolah serta bukti fisik yang dimiliki sekolah, maka Standar/Indikator/Sub-Indikator tersebut dimasukkan ke  kolom “kelemahan”. 

Jika nilai Standar/Indikator/Sub-Indikator yang ada di rapor mutu sesuai dengan deskripsi mutu dan memiliki bukti fisik yang lengkap, maka Indikator/Sub-Indikator tersebut dimasukkan ke kolom “kekuatan”.

 

Format 2 (Analisis masalah, Akar masalah dan Rekomendasi Perbaikan)

Standar

Indikator

Masalah*

Penyebab

Tidak Tercapaian Standar

(Akar Masalah)

Rekomendasi Perbaikan

Program

Kegiatan

1.        Standar Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan pada dimensi sikap

·   Perilaku dan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat belum berjalan secara optimal di sekolah

 

·   Sekolah belum maksimal dalam memfasilitasi tumbuhnya sikap dan perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat, seperti belum terbudayanya gerakan literasi sekolah.

·   Gerakan literasi belum diintegrasikan dengan baik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

·   ….

1.       Meski dimensi sikap rata-rata berada pada kategori standar, namun Sekolah perlu terus:

ü  Melaksanakan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) sebagaimana diamanatkan oleh Perpres No 87 Tahun 2017 tentang PPK.

ü  Perkuat pelaksanaan lomba-lomba Non Akdemik yang mengarah pada peningkatan rasa percaya diri siswa.

ü  Memaksimalkan pelaksanaan kegiatan pengembangan diri siswa, baik melalui Ekstrakurikuler Wajib maupun Pilihan.

2.       Perlu adanya Gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ektrakurikuler

ü Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler, Ektrakurikuler dan Manajeman Sekolah

ü Pengembangan Potensi Peserta Didik 

–    Melaksanakan PPK sesuai Panduan Teknis  yang dikeluarkan oleh Dinas Dikbud

–    Melaksanakan Gerakan literasi sekolah sesuai panduan yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seperti lomba literasi …

–    Melaksanakan lomba non-akademik berupa:

·         ………..

·         …………

·         ……………

–    Meperkuat ektrakurikuler pramuka (wajib) dan ektrakurikuler pilihan, yaitu:

·         ……

·         …….

·         …….

–   Lomba membuat poster sekolah sehat

–   ……

 

·   Perilaku dan sikap yang mencerminkan sehat jasmani dan rohani  belum ditumbuhkan secara optimal dalam seluruh kegiatan sekolah

·   Sekolah belum maksimal dalam memfasilitasi tumbuhnya sikap dan perilaku sehat jasmani dan rohani, seperti belum adanya tim sekolah sehat, poster-poster atau ajakan/kampanyae sekolah sehat belum tertata secara maksimal.

·    ….

3.       Perlu ada Tim sekolah sehat untuk menyusun dan melaksanakan program serta memantau keterlaksanaan sekolah sehat dan pelaporan

Ø Meningkatkan pemahaman Bahaya Rokok, Alkohol dan Narkotika serta Pencegahannya;

Ø Meningkatkan pemahaman tentang Materi Gizi seimbang pada ssiwa

Ø Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lngkungan

Ø …..

 

–    Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan dari pihak Kepolisian dan Dinas Kesehatan;

 

–    Melaksanakan demontrasi
kepada siswa tentang gizi seimbang pada peserta didik.

 

–    ………

Kompetensi lulusan pada dimensi pengetahuan

 

·     Strategi dan metode pembelajaran belum sepenuhnya mengarah pada bakat, minta dan kemampuan belajar siswa

·     Sekolah kurang memfasilitasi kegiatan pengemangan diri yang mengarah pada bakat, minta dan kemampuan belajar siswa

 

4.       Guru perlu memperkuat metode atau strategi pembelajaran yang mengarah pada bakat, minta dan kemampuan belajar siswa.

5.       Guru perlu terus memberikan remdial dan pengayaan di setiap pelaksanaan ulangan harian.

6.       Sekolah Perlu memfasilitasi siswa dengan lomba-lomba akademik yang mengarah pada bakat, minat dan kemampuan belajar siswa.

Pencapaian Akademis Peserta Didik melalui penguatan standar national pendidikan lainnya

 

–    Memfasilitasi kegiatan kolektif guru untuk memperkuat metode atau strategi pembelajaran yang mengarah pada bakat, minta dan kemampuan belajar siswa.

–    Memotovasi guru-guru agar terus melaksanakan  remdial dan pengayaan di setiap pelaksanaan ulangan harian

–    Memfasilitasi siswa dengan lomba-lomba akademik yang mengarah pada bakat, minat dan kemampuan belajar siswa, seprti:

·         Lomba/cerdas cermat IPS

·         ……….

·         …………..

Kompetensi lulusan pada dimensi keterampilan

 

·      Strategi pembelajaran guru belum optimal alam menumbuhkan perilaku kreatif, produktif, kritis, mandiri, dan komunikatif bagi siswa.

·      Sekolah belum maksimal dalam memfasilitasi siswa dengan lomba-lomba akademik yang mampu menumbuhkan kreativitasbagi siswa

7.       Guru perlu memperkuat metode atau strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan perilaku kreatif, produktif, kritis, mandiri, dan komunikatif bagi siswa.

8.       Perlu memfasilitasi siswa dengan lomba-lomba akademik yang mampu menumbuhkan kreativitasbagi siswa.

9.       Memeprsipakan sisiwa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

Pencapaian Akademis Peserta Didik

 

10.   Memfasilitasi kegiatan kolektif guru untuk memperkuat metode atau strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan perilaku kreatif, produktif, kritis, mandiri, dan komunikatif bagi siswa.

11.   Perlu memfasilitasi siswa dengan lomba-lomba akademik yang mampu menumbuhkan kreativitasbagi siswa, seprti:

·         …..

·         ……

12.   Memeprsipakan siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

 

 

*) “Masalah” diambil dari semua data atau informasi yang terhimpun di kolom “kelemahan”, selanjutnya dicari akar masalahnya (bisa juga baca di indkator mutu), diberikan rekomendasi perbaikan serta alternatf kegiatan pemecahan masalah.

 

 

  1. PERENCANAAN PEMENUHAN MUTU

 

Standar

Rekomendasi

Program

Kegiatan

Indikator Keberhasilan

Volume/ Sasaran

Anggaran (Rp)

Sumber Daya

SKL

1.        Meski dimensi sikap rata-rata berada pada kategori standar, namun Sekolah perlu terus:

ü  Melaksanakan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) sebagaimana diamanatkan oleh Perpres No 87 Tahun 2017 tentang PPK.

ü  Perkuat pelaksanaan lomba-lomba Non Akdemik yang mengarah pada peningkatan rasa percaya diri siswa.

ü  Memaksimalkan pelaksanaan kegiatan pengembangan diri siswa, baik melalui Ekstrakurikuler Wajib maupun Pilihan.

Pengembangan Potensi Peserta Didik

 

–    Melaksanakan PPK sesuai Panduan Teknis  yang dikeluarkan oleh Dinas Dikbud

 

·         Semua guru mata pelajaran mengintegrasikan PPK dalam kegiatan pemelajaran

·         …..

 

·    Semua guru

 

 

·       Kepala sekolah

·       Tim Sekolah Sehat dan Karakter

·       Guru

·       …..

 

2.        Perlu adanya Gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ektrakurikuler

 

 

Melaksanakan Gerakan literasi sekolah sesuai pandua

·         Semua guru mata pelajaran merencanakan dan melaksanakan literasi dalam pembelajaran.

·         Semua guru mata pelajaran memiliki bukti fisik pelaksanaan literasi dalam pembelajaran.

   

·       Kepala sekolah

·       Tim Sekolah Sehat dan Karakter

·       Guru

·       …..

 

3.       Perlu ada Tim sekolah sehat

Ø Meningkatkan pemahaman Bahaya Rokok, Alkohol dan Narkotika serta Pencegahannya;

Ø Meningkatkan pemahaman tentang Materi Gizi seimbang pada ssiwa

Ø Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lngkungan

Ø …..

–    Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan dari pihak Kepolisian dan Dinas Kesehatan;

 

–    Melaksanakan demontrasi
kepada siswa tentang gizi seimbang pada peserta didik.

–    ………

·         …..

·         …..

·         dst

   

·       Kepala sekolah

·       Tim Sekolah Sehat dan Karakter

·       Guru

·       …..

 

4.        

           

dst

           

 

  1. PELAKSANAAN PEMENUHAN MUTU

Standar

Kegiatan

Penanggungjawab

Pihak yang Dilibatkan

Bentuk Keterlibatan

Waktu Pelaksanaan

Prioritas

SKL

1.        Melaksanakan PPK sesuai Panduan Teknis  yang dikeluarkan oleh Dinas Dikbud

         

2.        

         

3.        

         
           
           
  1. EVALUASI PELAKSANAAN PEMENUHAN MUTU

Standar

Kegiatan

INDIKATOR KEBERHASILAN

Analisa Hasil

Rekomendasi

Input

Proses

Output*

Outcome

SKL

1.       PelaksanaanPenguatan Pendidikan karakter (PPK) sebagaimana diamanatkan oleh Perpres No 87 Tahun 2017 tentang PPK

·   10% anggaran disediakan untuk PPK

·   Juknis pelaksanaan PPK

·   Tim PPK sekolah

·         Semua guru Merancang program pengintegrasian PPK ke dalam kegiatan pembelajaran

·         Semua Pembina kesiswaan Merancang program pengintegrasian PPK ke dalam kegiatan ekstrakurikuler

·     Semua bukti fisik terpenuhi seperti:

1)      ….

Berkembangnyaperilku siswa yang mencerminkan sikap berkarakter

PPK berjalan sesuai ketentuan

Sekolah tetap melaksanakan PPK dalam kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler

*) Output disesuaikan dengan Bukti fisik yang telah dituangkan dalam pemetaan mutu

                                                                                                                         Tasikmalaya, April 2022

Mengetahui

Kepala Sekolah                                               Ketua TPMPS                              Penanggung jawab SKL

 

 

……………………….                                               …………………………………….                       ………………………………………….

NIP.                                                                  NIP. …………………………..                      NIP.

 

Download Format Word

download icon gif 4

 

Baja Juga :  Cara Login Rapor Pendidikan Kemdikbud 2022