Materilengkap.my.id – Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs Semester Genap
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : VII / Genap
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Inti
-
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
-
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam.
-
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian.
-
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) serta ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang).
Silabus Pembelajaran
1. Meyakini Sifat-Sifat Allah SWT melalui al-Asma’ al-Husna
-
Kompetensi Dasar: Meyakini sifat-sifat Allah SWT melalui al-Asma’ al-Husna (al-‘Aziz, al-Gaffur, al-Basit, an-Nafi’, ar-Ra’uf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyum).
-
Indikator: Membiasakan keyakinan terhadap sifat-sifat Allah SWT.
-
Materi Pokok: Sifat-sifat Allah SWT dalam al-Asma’ al-Husna.
-
Kegiatan Pembelajaran:
-
Membaca dan memahami makna dari masing-masing Asmaul Husna.
-
Mendiskusikan penerapan sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menyajikan fenomena dan fakta terkait Asmaul Husna dalam kehidupan.
-
-
Nilai Karakter: Religius, mandiri, gotong royong, kejujuran, kerja keras, percaya diri, kerja sama.
-
Penilaian:
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan jurnal
-
-
Sumber Belajar: Al-Quran dan tafsir, buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, lingkungan sekitar, akses internet.
2. Iman Kepada Malaikat dan Makhluk Gaib
-
Kompetensi Dasar: Meyakini adanya malaikat dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan.
-
Indikator: Membiasakan keyakinan terhadap keberadaan malaikat dan makhluk gaib lainnya.
-
Materi Pokok: Iman kepada malaikat dan makhluk gaib.
-
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengidentifikasi dalil tentang malaikat dan makhluk gaib.
-
Menganalisis tugas dan sifat-sifat malaikat.
-
Menguraikan cara menjaga diri dari pengaruh makhluk gaib.
-
Menyajikan kisah-kisah dalam kehidupan terkait malaikat dan makhluk gaib.
-
-
Nilai Karakter: Religius, mandiri, gotong royong, kejujuran, kerja keras, percaya diri, kerja sama.
-
Penilaian:
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan jurnal
-
-
Sumber Belajar: Al-Quran dan tafsir, buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, lingkungan sekitar, akses internet.
3. Menolak Akhlak Tercela: Riya’ dan Nifaq
-
Kompetensi Dasar: Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq.
-
Indikator: Membiasakan diri menghindari akhlak tercela.
-
Materi Pokok: Pengertian dan dampak riya’ dan nifaq.
-
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati fenomena riya’ dan nifaq dalam kehidupan.
-
Menganalisis pengaruh negatif riya’ dan nifaq.
-
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya.
-
-
Nilai Karakter: Religius, mandiri, gotong royong, kejujuran, kerja keras, percaya diri, kerja sama.
-
Penilaian:
-
Tugas: Mengumpulkan artikel dan berita terkait.
-
Observasi diskusi.
-
Portofolio: Membuat presentasi tentang materi ajar.
-
Tes tulis dan lisan.
-
-
Sumber Belajar: Al-Quran dan tafsir, buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, lingkungan sekitar, akses internet.
4. Menghayati Adab Membaca Al-Quran dan Berdoa
-
Kompetensi Dasar: Menyadari pentingnya menjalankan adab membaca Al-Quran dan berdoa.
-
Indikator: Membiasakan diri menerapkan adab membaca Al-Quran dan berdoa.
-
Materi Pokok: Tata cara adab membaca Al-Quran dan berdoa.
-
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati tata cara membaca Al-Quran dan berdoa.
-
Mengidentifikasi dalil terkait adab membaca Al-Quran dan berdoa.
-
Mempraktikkan cara membaca Al-Quran dan berdoa sesuai sunnah.
-
-
Nilai Karakter: Religius, mandiri, gotong royong, kejujuran, kerja keras, percaya diri, kerja sama.
-
Penilaian:
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan jurnal
-
-
Sumber Belajar: Al-Quran dan tafsir, buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, lingkungan sekitar, akses internet.
5. Menghayati Keteladanan Ashabul Kahfi
-
Kompetensi Dasar: Meneladani kisah Ashabul Kahfi.
-
Indikator: Menghayati nilai-nilai keteladanan Ashabul Kahfi dalam kehidupan sehari-hari.
-
Materi Pokok: Kisah Ashabul Kahfi.
-
Kegiatan Pembelajaran:
-
Membaca dan memahami kisah Ashabul Kahfi.
-
Menganalisis nilai-nilai keteladanan dalam kisah tersebut.
-
Menyajikan hikmah yang dapat dipetik dari kisah Ashabul Kahfi.
-
-
Nilai Karakter: Religius, mandiri, gotong royong, kejujuran, kerja keras, percaya diri, kerja sama.
-
Penilaian:
-
Penilaian diri
-
Penilaian sejawat
-
Observasi
-
Catatan jurnal
-
-
Sumber Belajar: Al-Quran dan tafsir, buku pegangan siswa dan guru, Ensiklopedi Islam, lingkungan sekitar, akses internet.
Silabus ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang Akidah Akhlak melalui pendekatan yang sistematis dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh lengkap Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 7 Jenjang SMP/MTs Lengkap untuk Semester Genap Format Microsoft Word pada link berikut : Unduh Disini