Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses dengan Akun Pembelajaran

3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses dengan Akun Pembelajaran
3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses dengan Akun Pembelajaran

BERITA | 3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses dengan Akun Pembelajaran

3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses dengan Akun Pembelajaran

Halo, Sobat Materi Lengkap! Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai hal, seperti sistem pembelajaran, analisis data pendidikan, maupun forum komunikasi bagi para stakeholder-nya.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memberikan Akun Pembelajaran (akun belajar.id) bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan juga dinas pendidikan. Dengan Akun Pembelajaran ini, Sobat Materi Lengkap dapat mengakses berbagai platform besutan Kemendikbudristek. Apa saja platform yang dapat diakses dengan Akun Pembelajaran? Yuk simak artikel ini!

  • Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada Merdeka Belajar Episode ke-15. Tujuan dari Platform Merdeka Mengajar adalah sebagai sebagai platform edukasi yang menjadi teman penggerak guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung guru dalam mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi. Sobat Materi Lengkap dapat mengakses aplikasi Platform Merdeka Mengajar dengan menggunakan Akun belajar.id milik kalian.

  • Rapor Pendidikan

Selain Platform Merdeka Mengajar, Kemendikbudristek juga telah meluncurkan Rapor Pendidikan pada Merdeka Belajar Episode ke-19. Rapor Pendidikan menyajikan sejumlah data yang berasal dari Asesmen Nasional dan data lainnya. Tujuan dari Rapor Pendidikan ini adalah digunakan sebagai acuan evaluasi mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan, kab/kota, provinsi maupun pusat. Agar dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan dan melakukan Perencanaan Berbasis Data, sekolah perlu segera mengaktivasi akun belajar.id.

  • Tanya BOS dan BOP
Tanya BOS dan BOP merupakan forum tanya-jawab dan berbagi aspirasi baik, yang terverifikasi dan tervalidasi bagi sekolah seputar pengelolaan dana BOS/BOP, untuk menghilangkan keragu-raguan saat mengelola dana BOS/BOP. Jawaban yang terverifikasi dan tervalidasi tersebut bersumber dari tim Kemendikbudristek. 

Pengguna Forum ini adalah seluruh satuan pendidikan yang memiliki akun belajar.id termasuk kepala sekolah, guru, dan bendahara. Oleh karena itu, pengguna perlu mengaktivasi akun belajar.id terlebih dulu untuk dapat menggunakan Tanya BOS/BOP.

Baja Juga :  Pembahasan Lengkap Kisi-Kisi Soal Pretes PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Nah itulah beberapa platform Kemendikbudristek yang dapat diakses dengan Akun Pembelajaran. Ayo segera aktivasi akun belajar.id kalian agar dapat membuka dan memanfaatkan platform-platform tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!