Info Pendidikan Lengkap
InfoIndeks

Paradigma Kurikulum Merdeka Di Madrasah

MATERILENGKAP.MY.ID | Paradigma Kurikulum Merdeka Di Madrasah

Tugas dan Fungsi Kurikulum

  • Menghadapi Tantangan Zaman
  • Mewariskan nilai dan budaya karakter bangsa
  • Perubahan Kurikulum
  • Lulusan yang siap memarankan diri di zamannya, namun tetap religius dan tidak lepas dari akar budaya bangsanya.

Tantangan Abad-21

12 kecakapan mendasar yang PERLU dikuasai siswa untuk sukses di abad 21.

  1. Critical thinking
  2. Creativity
  3. Collaboration
  4. Communication
  5. Information literacy
  6. Media literacy
  7. Technology literacy
  8. Flexibility
  9. Leadership
  10. Initiative
  11. Productivity
  12. Social skills

KEKHASAN MADRASAH DALAM KURIKULUM MERDEKA:

Madrasah merupakan sekolah umum bercirikhas agama Islam, hal ini berkonsekwensi apa yang diatur dalam pandauan Kemdikbudristek diperlakukan juga di madrasah, namun dengan beberapa adaptasi disesuaikan dengan katakteristik, kekhasan, dan kebutuhan madrasah.
Nilai-nilai agama islam diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum untuk menumbuhkan jati diri dan kekhasan madrasah.
Kekhasan bukan saja ada pada jumlah Mapel PAI dan Bhasa Arab, namun lebih penting adalah nilai-nilai agama menjadi warna dalam cara berfikir, bersikap dan bertindak ketika menyikapi situasi pendidikan dengan kebijakan dan praksis pendidikan di madrasah.

Nilai Kekhasan Madrasah dalam Perumusan Kurikulum

  • Karakter dan keterampilan abad-21 masuk eksplisit dalam CP, bukan merupakan hiden kurikulum
  • Orientasi nilai spiritualitas/sufistik dalam pendidikan sehingga tidak skuler dan liberal.
  • Dimensi ukhrawi mewarnai dalam SKL, SI, dan CP yang akan diterjemahkan implementasinya oleh Satuan madrasah dalam strategi pembelajaran dan penilaian, dengan panduan dari pusat.
  • Assesmen diagnostik, untuk pemetaan yang akurat, perlakuan tepat dan dukungan kuat.
  • Pembelajaran berdifferensiasi,
  • Layanan pendidikan inklusif diakomodir
  • Kemerdekaan belajar dalam mencapai CP dan kebutuhan murid
  • Moderasi beragama dan kontek berbangsa dan bernegara menjadi konteks.

KERAGAMAN MADRASAH

ASPEK KEUNIKAN :

  • 7 % Negeri
  • 92 % Swasta
  • Kota : Desa
  • Penyelenggara : Negara, Yayasan,
  • Perkumpulan
  • Terpusat, tidak otoda.
  • Pesntren : non pesantren

DIVERSIFIKASI:

  • Madrasah Akademik
  • Keterampilan
  • Keagamaan
  • Riset
  • Berasrama
  • Sistem Kredit Semester

Madrasah harus kreatif dan inovatif dalam IKM:

  • Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 347 Tahun 2022 mengamantakan, agar satuan pendidikan madrasah mengembangkan implementasi kurikulum merdeka di madrasah secara kreatif dan inovatif.
  • Keberadaan panduan-panduan penting untuk sumber inspirasi dalam menghadapi situasi dan kebutuhan di satuan pendidikan madrasah.
  • Madrasah didorong berani melakuan kratifitas dan inovasi itu tampa menunggu harus lengkap dan sempurna demi memberikan layanan terbaik kepada kemaslatan peserta didik madrasah.
  • Diharapkan madrasah berani dan tidak takut salah –asal tidak sengaja melakukan kesalahan-, karena pengalaman kegagalan justeru menjadi guru terbaik dalam kehidupan ini.

INTI PERUBAHAN KURIKULUM MERDEKA, PERUBAHAN DI KELAS

  • Inti dari perubahan kurikulum dengan segala perubahan dalam pembelajaran dan penilaiannya dalah terjadinya perubahan di kelas.
  • Suasana kebatinan di kelas harus berubah.
  • Cara mengajar guru berubah,
  • semangat peserta didik berubah,
  • cara belajar sepanjang hayat benar-benar dirasakan perubahannya.
  • Terjaadinya perubahan di kelas inilah menjadi fokus utama perhatian semua steakholder madrasah.
  • Semua unsur dalam ekosistem madrasah harus bergerak, bahu-membahu secara bergotong royong mensukseskan implementasikan kurikulum merdeka di madrasah ini.
  • Semua berpartisipasi sesuai peran, tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Download Paradigma Kurikulum Merdeka Di Madrasah

Selengkapnya untuk download Paradigma Kurikulum Merdeka Di Madrasah bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<
Exit mobile version