Info Pendidikan Lengkap
InfoIndeks

Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

MATERILENGKAP.MY.ID | Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pendidik dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang diharapkan, sehingga keseluruhan proses pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai kompetensi tersebut. Asesmen bukan sekedar proses untuk mengisi laporan akhir hasil belajar, tapi juga merupakan proses untuk refleksi dan perbaikan proses pembelajaran yang berkelanjutan.
Maka pendidik diharapkan dapat memahami pola pikir tentang pengembangan pembelajaran dan asesmen dengan memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kekhasan, termasuk kemampuan sehingga hal itu menentukan tingkat kecepatan belajar yang juga berbeda. Perencanaan pembelajaran dan asesmen yang dirancang pendidik harus menyesuaikan kondisi demikian.
Tujuan asesmen tidak hanya berhenti pada menentukan atau mengukur tingkat kemampuan peserta didik, namun tujuan akhirnya adalah menjadi input dalam perbaikan pembelajaran. Maka harapan secara lebih luas dan jangka panjang sebagai bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran, hasil asesmen akan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Apa yang akan kita pelajari Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka?

Asesmen Pembelejaran

  • Konsep Dasar Asesmen
  • Perencanaan Asesmen Pembelajaran
  • Pengolahan Hasil Asesmen
  • Pelaporan Kemajuan Belajar

Perubahan Paradigma Penilaian (Asesmen)

  • Selama ini pelaksanaan asesmen cenderung berfokus pada asesmen sumatif yang dijadikan acuan untuk mengisi laporan hasil belajar. Hasil asesmen belum dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran.
  • Pada kurikulum merdeka, pendidik diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses pembelajaran yang berkelanjutan.

Prinsip Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan  penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsinya dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program  pembelajaran selanjutnya
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif,  memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran

Download Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Selengkapnya untuk download Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<
Exit mobile version