MATERILENGKAP.MY.ID | SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ……………………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / 2 (Genap)
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Kompetensi Inti
ki 1 : Menghayati ajaran agama yang dianutnya
ki 2 : Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggungjawab peduli (toleransi gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
ki 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
ki 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Baca juga : Rasa Sakit Dapat Menjadikanmu Menjadi Lebih Baik
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pembelajaran |
Kecakapan Abad 21 |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. 4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa |
3.10.1 Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun 3.10.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun 3.10.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun 3.10.4 Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca |
Puisi rakyat · Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) · Cara menyimpulkan isi pada pantun, gurindam, dan syair • Pola pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair • Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun |
PPK · Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama
Literasi · Bahasa · Numerasi
4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi · Kolaborasi |
· Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) · Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan, kalimat majemuk dan kalimat tunggal dalam puisi rakyat (pantun, gurindam, syair) · Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi, ragam/ jenis puisi rakyat, kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakya (pantun, gurindam, syair)
|
9 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, · Sumber lain yang relevan
|
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Portofolio |
3.11Mengidentifik asi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. 3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. |
3.11.1 Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar. 3.11.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/ didengar. 3.11.3 menjelaskan karakteristik bagian-bagian struktur cerita fabel 3.11.4 Mengidentifika si struktur fabel 3.11.5 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada cerita fabel 3.11.6 Melengkapi cerita fabel sesuai struktur dan kaidah bahasa 3.11.7 Memvariasikan alur, dialog, latar, dari fabel yang disajikan 3.11.8 Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca 4.11.1 Mengurutkan isi cerita fabel 4.11.2 Menceritakan kembali isi fabel secara lisan 4.11.3 Merencanakan penulisan cerita fabel 4.11.4 Menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur,dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan 4.11.5 Memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yang sesuai |
Cerita Fabel/ legenda · Ciri cerita fabel/ legenda · Langkah memahami isi cerita fabel Langkah menceritakan kembali isi fabel/ legenda |
PPK · Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama
Literasi · Bahasa · Numerasi
4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi · Kolaborasi |
· Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat. · Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/ legenda · Berlatih menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca · Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca
. |
18 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, · Sumber lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Portofolieo |
3.13 Mengidentifi kasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/ atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. 3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. 4.13 Menyimpul kan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan 4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan Memperhati kan struktur teks, kebahasaan, dan isi. |
3.13.1 Menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar. 3.13.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
4.13.1 Memetakan isi surat pribadi dan surat dinas 4.13.2 Menjawab pertanyaan isi surat pribadi dan surat dinas 4.14.1 Merencanakan penulisan surat pribadi dan surat dinas 4.14.2 Menulis surat pribadi dan surat dinas dengan memperhatikan pilihan kata kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan 4.14.3 Menyunting surat pribadi dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan bahasa |
Surat pribadi dan surat dinas · Informasi isi surat pribadi, surat dinas · Isi surat pribadi dan dinas · Simpulan isi surat pribadi dan dinas
|
PPK · Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama
Literasi · Bahasa · Numerasi
4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendata isi surat pribadi dan surat dinas · Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas · Menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas · Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas · Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas · Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan · Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas |
26 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca. 3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi. 4.15 membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca 4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca. |
3.15.1 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan 3.15.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 3.15.3 Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi 4.15.1 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan 4.15.2 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 4.15.3 Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi 4.15.4 Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca 4.15.4 Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca |
Menjadi Pembaca Efektif · Hubungan antarunsur buku · Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
PPK · Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama
Literasi · Bahasa · Numerasi
4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku · Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan · Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca
|
26 JP |
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan · Tertulis · Penugasan Portofolieo |
Mengetahui : Kepala Sekolah…..
……………………… NIP/NRK |
|
.……………2020/2021 Guru Mata Pelajaran
………………………… NIP/NRK |
Demikianlah contoh lengkap SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 LENGKAP 8 KOLOM. Unduh versi MS Word di bawah
DOWNLOAD SILABUS DISINI