Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Unit Sumber – Sumber Belajar Kurikulum Merdeka

Unit Sumber - Sumber Belajar Kurikulum Merdeka
Unit Sumber - Sumber Belajar Kurikulum Merdeka

MATERILENGKAP.MY.ID | Unit Sumber – Sumber Belajar Kurikulum Merdeka

Kompetensi”Memahami sumber-sumber belajar”

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka bisa berjalan dengan baik jika semua komponen dapat terlibat secara aktif mendukung dan berperan sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya. Komponen ini baik dari internal Kementerian Agama sebagai yang memiliki kebijakan pengembangan kurikulum, pimpinan dan warga madrasah yang menjalankan kurikulum, maupun pihak lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum, seperti perguruan tinggi, LSM, Lembaga keagamaan yang memiliki konsen pengembangan pendidikan, dan lainnya.
Salian itu, penunjang penting dalam pelaksanaan kurikulum adalah sumber-sumber belajar yang juga dapat memberikan sarana bagi warga madrasah dalam melaksanakan kurikulum.
Karena kurikulum merdeka ini memilih strategi dalam implementasinya memanfaatkan dan memaksimalkan digital dengan mengembangkan menggunakan platform digital, maka semua komponen pelaksana kurikulum harus memahami untuk bisa memanfaatkannya secara optimal.

Apa yang akan kita pelajari ?

“Mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang menunjang pelaksanaan IKM”
  1. Platform Merdeka Mengajar (PMM)
  2. Platform Pintar
  3. Platform Sikurma

Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi.
Platform Merdeka Mengajar dapat digunakan melalui aplikasi di gawai Android atau melalui laman situs
Unit Sumber - Sumber Belajar Kurikulum Merdeka
Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Platform Pintar

Pintar merupakan Massive  Open Online Course  (MOOC) untuk memfasilitasi pelatihan – pelatihan secara online  mandiri bersertifikat yang bisa didownload mandiri, yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Kementerian  Agama RI.
Nama Pintar diambil dari (Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran) Masuknya pada Platform  Pintar melalui laman link berikut: https://pintar.kemenag.go.id/Apabila akan mengikuti pelatihan maka calon peserta harus membuat akun terlebih dahulu.
Unit Sumber - Sumber Belajar Kurikulum Merdeka
Platform Pintar

Platform Sikurma

Unit Sumber - Sumber Belajar Kurikulum Merdeka
Platform Sikurma
Baja Juga :  Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri
Akun SIKURMA adalah sistem informasi kurikulum madrasah yang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Sistem ini digunakan untuk mengakses berbagai layanan seperti pangkalan data ujian madrasah, pangkalan data asesmen kompetensi madrasah Indonesia, rapor digital madrasah, dan juga kebijakan terkait kurikulum dan evaluasi Kementerian Agama.
Untuk mengakses SIKURMA, silakan buka http://sikurma.kemenag.go.id/ Untuk mengakses data secara umum seperti kebijakan kurikulum tidak harus menggunakan akun. Jika ingin masuk untuk mengakses hal yang lebih spesifik seperti Rapor Digital Madrasah (RDM) maka dengan menggunakan username dan password.
Download Unit Sumber – Sumber Belajar Kurikulum Merdeka
Selengkapnya untuk download Unit Sumber – Sumber Belajar Kurikulum Merdeka bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<