Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan

SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan
SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan

SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan

Materilengkap.my.id – SE tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan. 

Pendahuluan

Pendidikan adalah salah satu fondasi utama bagi perkembangan masyarakat dan negara. Untuk memastikan bahwa pendidikan berkualitas dan berdaya saing, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudtristek) telah mengeluarkan Surat Edaran Sekjen Kemendikbudristek Nomor 29 Tahun 2023 tentang Sumber Informasi Pendukung Program Pembelajaran Bagi Satuan Pendidikan. Surat edaran ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang lebih kuat terhadap ekosistem pendidikan di seluruh Indonesia.

Dasar Hukum

Langkah ini didasarkan pada beberapa dasar hukum yang penting, yaitu:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Undang-Undang ini mengatur prinsip-prinsip dasar pendidikan di Indonesia.

  2. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan: Undang-Undang ini fokus pada pengembangan perpustakaan sebagai sumber informasi penting dalam pendidikan.

Dukungan untuk Pendidikan Berkualitas

Surat edaran tersebut menegaskan komitmen Kemendikbudristek untuk menyediakan sumber informasi berkualitas bagi satuan pendidikan di seluruh negeri. Inisiatif ini bertujuan untuk:

  1. Mendorong Minat Baca: Dengan menyediakan bahan bacaan bermutu, pemerintah berharap dapat merangsang minat baca di kalangan peserta didik. Keterampilan dalam mengakses, menafsirkan, dan mengevaluasi informasi telah terbukti berkontribusi positif terhadap hasil belajar.

  2. Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar: Kemendikbudristek dan Perpusnas sepakat untuk berbagi sumber pengetahuan dan belajar guna memperkaya materi pembelajaran bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.

Sumber Informasi yang Tersedia

Masyarakat dapat mengakses beragam sumber informasi pendukung program pembelajaran melalui platform yang disediakan oleh Kemendikbudristek dan Perpusnas. Beberapa di antaranya adalah:

Perpusnas Edu: (https://bintangpusnas.perpusnas.go.id) Platform ini menyajikan koleksi buku digital dan beragam koleksi digital lainnya, seperti buku audio, buku video, tutorial edukasi, dan jurnal ilmiah. Dapat diakses melalui berbagai platform (Android, macOS, Windows, dan iOS).

E-Resources Perpusnas: (https://e-resources.perpursnas.go.id/) Layanan dalam jaringan yang menyediakan berbagai koleksi buku dan jurnal ilmiah elektronik berlangganan dari penerbit lokal maupun internasional.

iPusnas: (https://ipusnas.id/) Aplikasi perpustakaan digital yang dapat digunakan untuk membaca e-book dan dilengkapi dengan fitur media sosial. Tersedia di berbagai perangkat mulai dari desktop hingga perangkat mobile.

Sistem Informasi Perbukuan Indonesia: (https://buku.kemdikbud.go.id/) Platform digital yang memfasilitasi penulis, penerbit, dan pemangku kepentingan lainnya dalam kegiatan perbukuan nasional. Ini menjadi pusat informasi dan komunikasi dua arah terkait perbukuan.

Budi (Buku Bacaan Digital): (https://budi.kemdikbud.go.id/) Laman yang berisikan beragam buku digital, buku audio, dan buku video yang telah dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia.

Perpustakaan Kemendikbudristek: (https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/) Menyediakan fasilitas pencarian terintegrasi SIKOPER (Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan) untuk mengakses berbagai sumber pengetahuan.

Kesimpulan

Melalui Surat Edaran ini, Kemendikbudristek mengambil langkah yang penting dalam mendukung pendidikan berkualitas. Dengan memberikan akses mudah ke sumber informasi pendukung program pembelajaran, pemerintah berharap dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di seluruh Indonesia. Dalam era digital ini, akses ke informasi berkualitas adalah salah satu kunci untuk mengembangkan generasi yang kompeten dan berdaya saing.

Baja Juga :  Petunjuk Teknis Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023