Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
MPLS  

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS): Panduan dan Contoh SK Panitia MPLS Terbaru

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS): Panduan dan Contoh SK Panitia MPLS Terbaru
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS): Panduan dan Contoh SK Panitia MPLS Terbaru

MATERILENGKAP.MY.ID | Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS): Panduan dan Contoh SK Panitia MPLS Terbaru. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan penting dalam penerimaan peserta didik baru di setiap satuan pendidikan. Tujuan MPLS adalah memberikan edukasi dan pengetahuan kepada siswa baru mengenai keadaan dan aturan di sekolah. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai MPLS, termasuk persiapan yang diperlukan, aturan pelaksanaan, serta menyediakan contoh Surat Keputusan (SK) panitia MPLS terbaru.

I. Persiapan MPLS:

Sebelum melaksanakan MPLS, panitia perlu melakukan beberapa persiapan. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Penjadwalan MPLS:

    • Membuat jadwal lengkap MPLS yang mencakup waktu, tempat, dan kegiatan yang akan dilakukan.
    • Memastikan kesesuaian jadwal dengan kalender akademik dan kebutuhan sekolah.
  2. Aturan dalam pelaksanaan MPLS:

    • Menetapkan aturan yang harus diikuti oleh panitia dan siswa baru selama MPLS.
    • Menjelaskan larangan terhadap kegiatan perpeloncoan dan mengedepankan pendekatan edukatif.
  3. Materi dan kegiatan MPLS:

    • Menentukan materi yang akan disampaikan kepada siswa baru, termasuk informasi mengenai sekolah, kurikulum, fasilitas, dan aturan-aturan penting lainnya.
    • Merencanakan kegiatan-kegiatan yang interaktif dan menyenangkan untuk memudahkan siswa baru beradaptasi.

II. Perubahan dari MOS ke MPLS:

Sebelumnya, kegiatan pengenalan sekolah bagi siswa baru dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun, saat ini MOS telah diganti menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Meskipun tujuannya tetap sama, terdapat perubahan dalam pendekatan pelaksanaan MPLS. Kegiatan perpeloncoan sudah tidak diperbolehkan, dan lebih fokus pada pemberian materi yang mengedukasi.

Baja Juga :  Contoh Jadwal MPLS Tahun 2023-2024

III. Pembentukan dan Tugas Panitia MPLS:

Proses pemilihan dan pembagian tugas panitia MPLS harus dilakukan melalui rapat pembagian tugas. Dalam SK panitia MPLS, terdapat berbagai posisi dan tugas yang harus diemban oleh anggota panitia, antara lain:

  • Penanggung jawab MPLS
  • Ketua panitia MPLS
  • Sekretaris panitia MPLS
  • Bendahara panitia MPLS
  • Anggota panitia MPLS
  • Pengisi materi MPLS

IV. Pelaksanaan MPLS saat Pandemi:

Di tengah pandemi seperti saat ini, sekolah dapat memilih pelaksanaan MPLS dalam bentuk daring (online) atau luring (tatap muka). Meskipun demikian, penting bagi setiap peserta didik baru untuk tetap menerima materi dan pengenalan lingkungan sekolah. Hal ini akan membantu siswa baru beradaptasi dengan mudah dan mengetahui keadaan sekolah sesuai dengan informasi yang diberikan selama MPLS.

Contoh SK Panitia MPLS Terbaru: CONTOH SK

Kesimpulan:

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan penting dalam proses penerimaan siswa baru di setiap satuan pendidikan. Persiapan yang matang dan penugasan yang tepat dalam panitia MPLS menjadi kunci kesuksesan kegiatan tersebut. Di tengah pandemi, sekolah dapat memilih pelaksanaan MPLS secara daring atau luring, tetapi tujuan memberikan edukasi dan pengetahuan kepada siswa baru tetap harus terpenuhi. Semoga contoh SK panitia MPLS terbaru yang kami bagikan dapat membantu Anda dalam menyusun SK MPLS yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.