Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Lokakarya Penggunaan Microsoft Word dan Mendeley untuk Mahasiswa Timor-Leste

Lokakarya Penggunaan Microsoft Word dan Mendeley untuk Mahasiswa Timor-Leste
Lokakarya Penggunaan Microsoft Word dan Mendeley untuk Mahasiswa Timor-Leste

Materilengkap.my.id | Lokakarya Penggunaan Microsoft Word dan Mendeley untuk Mahasiswa Timor-Leste

Pada tanggal 9 Agustus 2023, di Perpustakaan Cendekia Pusat Budaya Indonesia (PBI), sebuah lokakarya bertema Penggunaan Microsoft Word dan Pengenalan Reference Manager Mendeley bagi Mahasiswa Timor-Leste telah berhasil diselenggarakan. Acara ini dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste. Kegiatan ini dihadiri oleh 16 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Timor-Leste.

Ikhfan Haris, perwakilan Atdikbud KBRI Dili, menjelaskan bahwa tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan kepada mahasiswa dalam tahap penulisan tugas akhir. Dengan memanfaatkan aplikasi seperti Microsoft Word dan Mendeley, diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah menyelesaikan penulisan tugas akhir mereka.

Ikhfan Haris juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk berbagi ilmu antara sesama mahasiswa, yang nantinya dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa lainnya di Timor-Leste. Pusat Budaya Indonesia, sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan di bidang pendidikan dan kebudayaan, berperan penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Timor-Leste.

Dalam konteks ini, aplikasi berbasis teknologi menjadi semakin penting dalam menunjang penulisan karya ilmiah. Salah satu aplikasi yang diangkat dalam lokakarya ini adalah Mendeley, yang merupakan software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis. Aplikasi ini membantu mahasiswa dalam mengorganisasi publikasi hasil penelitian, mencari publikasi terbaru, serta mengelola daftar sumber referensi.

Optimasi Penggunaan Microsoft Word dan Pengenalan Reference Manager Mendeley merupakan program pelatihan yang dirancang untuk membantu mahasiswa memahami dan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley. Austria Monteiro, mahasiswa semester enam dari Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Brawijaya Malang, menjadi narasumber tunggal dalam lokakarya ini. Austria Monteiro saat ini melakukan praktik magang di Pusat Budaya Indonesia.

Baja Juga :  Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan

Materi pelatihan meliputi pengenalan tentang sitasi, model sitasi, dan daftar Pustaka (seperti APA, Chicago, Harvard, Turabian, dan MLA). Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan penggunaan aplikasi Mendeley. Lokakarya ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh keterampilan dalam menggunakan aplikasi yang mendukung penulisan tugas akhir mereka dengan lebih efektif.