Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Inspirasi Sukses Meningkatkan Literasi Siswa dengan Perencanaan Berbasis Data: Webinar Pemulihan Pembelajaran

Inspirasi Sukses Meningkatkan Literasi Siswa dengan Perencanaan Berbasis Data: Webinar Pemulihan Pembelajaran. Sobat Materi Lengkap, perlu kita ketahui bahwa pembaruan Rapor Pendidikan ke versi 2.0 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan acuan penting bagi satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mendukung hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) melanjutkan seri webinar Pemulihan Pembelajaran dengan menggelar webinar daring yang menarik berjudul “Inspirasi Sukses Meningkatkan Literasi Siswa dengan Perencanaan Berbasis Data”.

Pada webinar ini, Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama, Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T., menjelaskan pentingnya penggunaan data dalam merencanakan pembelajaran guna mengatasi krisis pembelajaran yang sedang dihadapi. Data dari hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukkan adanya tantangan yang perlu diatasi, di mana sebanyak 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi literasi, dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi. Oleh karena itu, pembenahan mutu pendidikan menjadi sebuah tuntutan yang mendesak.

Dalam rangka mendukung peningkatan literasi, Kemendikbudristek telah merilis dua buah buku saku literasi. Buku pertama adalah “Buku Saku Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen”, dan buku kedua adalah “Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar”. Webinar ini menjadi platform untuk meluncurkan kedua buku tersebut.

Webinar “Inspirasi Sukses Meningkatkan Literasi Siswa dengan Perencanaan Berbasis Data” menghadirkan narasumber-narasumber kompeten di bidangnya. Beberapa narasumber yang mengisi webinar kali ini adalah Dr. Lanny Anggraini, S.Pd., M.A., Kasubpokja AN Direktorat SD, Dr. Titik Harsiati, M.Pd., dosen Universitas Negeri Malang, dan Billy Antoro, M.Pd., Konsultan Literasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Baja Juga :  Juknis Penulisan Ijazah PKPPS Tahun 2022

Webinar ini menyajikan materi yang sangat berguna. Materi yang disampaikan mencakup topik seperti Perencanaan Berbasis Data untuk Satuan Pendidikan, Bedah Buku Saku “Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen”, serta Bedah Buku Saku “Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar”. Informasi yang disampaikan oleh para narasumber ini sangat berharga bagi para pendidik dan pihak terkait dalam meningkatkan literasi siswa.

Bagi Sobat Materi Lengkap yang belum sempat mengikuti webinar ini, jangan khawatir! Tayangan ulang webinar dapat disaksikan di kanal YouTube Direktorat SMP. Selain itu, buku saku

“Benahi Literasi” juga dapat diunduh secara gratis melalui laman resmi Direktorat SMP di https://ditsmp.kemdikbud.go.id/. Dengan begitu, Sobat Materi Lengkap memiliki akses ke informasi dan materi yang sangat berharga untuk meningkatkan literasi siswa.

Webinar ini merupakan kesempatan yang tak boleh dilewatkan untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru. Dalam era digital ini, pembelajaran berbasis data menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menggali data dan menerapkan perencanaan berbasis data, kita dapat mengetahui kebutuhan siswa secara lebih spesifik dan merancang strategi pembelajaran yang efektif.

Melalui webinar ini, Kemendikbudristek memberikan dukungan yang konkret dalam meningkatkan literasi siswa. Buku saku “Benahi Literasi” menjadi panduan praktis bagi para pendidik dan pihak terkait untuk memperbaiki literasi melalui pembelajaran dan asesmen, serta melalui lingkungan belajar yang mendukung.

Tayangan ulang webinar ini merupakan kesempatan emas bagi Sobat Materi Lengkap yang belum sempat mengikuti acara tersebut. Sobat Materi Lengkap dapat mengaksesnya melalui kanal YouTube Direktorat SMP. Tayangan ulang ini memberikan kesempatan untuk menyerap pengetahuan, wawasan, dan strategi terkait peningkatan literasi siswa.

Unduhan gratis buku saku “Benahi Literasi” juga memberikan akses kepada Sobat Materi Lengkap untuk mempelajari langkah-langkah konkret dalam meningkatkan literasi melalui pembelajaran dan asesmen, serta melalui lingkungan belajar yang kondusif. Dengan memanfaatkan sumber daya ini, Sobat Materi Lengkap dapat menjadi agen perubahan yang berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Baja Juga :  Bangun Zona Integritas, Direktorat SMP Targetkan Capai Predikat ZI-WBK Tahun 2022

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Tonton tayangan ulang webinar dan unduh buku saku “Benahi Literasi” untuk meraih pengetahuan dan inspirasi dalam meningkatkan literasi siswa. Dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan generasi yang lebih terampil, kreatif, dan berdaya saing tinggi. Teruslah berinovasi dan berkembang dalam menghadapi tantangan pendidikan, karena masa depan cerah anak-anak Indonesia ada di tangan kita.