Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Beasiswa Gelar: Mewujudkan Impian Pendidikan Tinggi di Dalam dan Luar Negeri

Beasiswa Gelar: Mewujudkan Impian Pendidikan Tinggi di Dalam dan Luar Negeri
Beasiswa Gelar: Mewujudkan Impian Pendidikan Tinggi di Dalam dan Luar Negeri

Beasiswa Gelar: Mewujudkan Impian Pendidikan Tinggi di Dalam dan Luar Negeri. Program Beasiswa Gelar merupakan salah satu program beasiswa pendidikan yang ditawarkan bagi para calon mahasiswa yang ingin memperoleh gelar akademik pada tingkat S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor). Beasiswa ini merupakan bentuk bantuan penuh (full scholarship) yang diberikan kepada penerima yang telah berhasil lolos seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri yang ditunjuk oleh Kementerian Agama.

Terdapat beberapa jalur yang dapat diikuti dalam pendaftaran Beasiswa Gelar:

  1. Jalur LoA (Letter of Acceptance/Admission Unconditional). Jalur ini diperuntukkan bagi para calon pendaftar program Beasiswa Gelar yang telah memperoleh LoA Unconditional atau Surat Penerimaan Tanpa Syarat dari perguruan tinggi tujuan saat melakukan pendaftaran.
  2. Jalur Kemitraan (Partnership/Collaborative Program). Jalur ini ditujukan bagi calon pendaftar program Beasiswa Gelar yang mendaftar pada program studi di perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama melalui program kemitraan antara Kementerian Agama dan perguruan tinggi tujuan. Jika calon pendaftar dinyatakan lulus seleksi sebagai penerima beasiswa, maka mereka akan mendapatkan LoA atau diterima di perguruan tinggi tujuan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan.
  3. Jalur Reguler. Jalur ini diperuntukkan bagi calon pendaftar program Beasiswa Gelar yang belum memperoleh LoA unconditional atau Bukti Penerimaan di perguruan tinggi tujuan saat melakukan pendaftaran. Pada jalur ini, calon pendaftar dapat memilih hingga 3 perguruan tinggi tujuan. Apabila calon pendaftar dinyatakan lulus seleksi sebagai calon penerima beasiswa, mereka akan diwajibkan memperoleh LoA atau diterima di perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan dalam waktu yang telah ditentukan.
Baja Juga :  Hasil Seleksi Penerima Beasiswa Kuliah di Maroko 2023

Proses pendaftaran Beasiswa Gelar dilakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Mendaftarkan akun peserta di situs resmi https://beasiswa.kemenag.go.id/.
  2. Melengkapi profil peserta yang mencakup data identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik dan/atau non-akademik, data kemampuan bahasa, dan data organisasi.
  3. Mendaftar pada program Beasiswa Gelar yang diminati dan melengkapi semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa yang dipilih.
  4. Calon pendaftar dapat memantau tahapan seleksi beasiswa yang diikuti melalui dashboard pendaftar.

Kami menyediakan Booklet Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 yang berisi informasi lebih detail mengenai program Beasiswa Gelar. Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui tautan berikut ini: DOWNLOAD DISINI