Materilengkap.my.id – Contoh Silabus Aqidah Akhlak Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan: SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran: Akidah Akhlak
Kelas/Peminatan: VIII
Semester: Genap
Tahun Pelajaran: …
KOMPETENSI INTI
-
(KI1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
-
(KI2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam interaksi sosial dan alam.
-
(KI3) Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan kejadian.
-
(KI4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan abstrak sesuai yang dipelajari.
Kompetensi Dasar, Indikator, Materi Pokok, dan Kegiatan Pembelajaran
1. Beriman kepada Rasul Allah SWT
Indikator:
-
Meyakini sifat-sifat Rasul Allah SWT.
-
Menghayati keimanan kepada Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
-
Meneladani sifat-sifat Rasul dalam kehidupan.
Materi Pokok:
-
Iman kepada Rasul.
-
Sifat-sifat Rasul.
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati tayangan video dan membaca ayat tentang Rasul.
-
Tanya jawab tentang kehidupan Rasul.
-
Membaca sumber terkait iman kepada Rasul.
-
Menyajikan peta konsep dan analisis dalil tentang keberadaan Rasul.
-
Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil.
Penilaian:
-
Penilaian diri dan sejawat.
-
Observasi dan catatan jurnal.
-
Tes tulis dan lisan.
-
Portofolio dan proyek.
Nilai Karakter:
-
Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.
Alokasi Waktu: 6 JP
Sumber Belajar:
-
Buku pegangan siswa dan guru.
-
Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.
-
Lingkungan alam dan akses internet.
2. Meyakini Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa
Indikator:
-
Meyakini adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya.
-
Menghayati keberadaan mukjizat dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok:
-
Mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhash.
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati tayangan video mukjizat dan membaca ayat terkait.
-
Tanya jawab dan eksplorasi bahan bacaan.
-
Menganalisis perbedaan mukjizat dengan kejadian luar biasa.
-
Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil.
Penilaian:
-
Observasi dan catatan jurnal.
-
Tes tulis dan lisan.
-
Produk, portofolio, proyek.
Nilai Karakter:
-
Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.
Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:
-
Buku pegangan siswa dan guru.
-
Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.
-
Lingkungan alam dan akses internet.
3. Menghayati Sifat Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh, dan Ta’awun
Indikator:
-
Memiliki penghayatan terhadap sifat husnuzhan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun.
-
Terbiasa berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok:
-
Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh, Ta’awun.
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati tayangan video tentang sifat-sifat akhlak mulia.
-
Membaca ayat dan menulis pertanyaan terkait akhlak mulia.
-
Menganalisis dalil tentang pentingnya sifat baik.
-
Presentasi hasil diskusi dan simulasi akhlak terpuji.
Penilaian:
-
Penilaian diri dan sejawat.
-
Observasi dan catatan jurnal.
-
Tes tulis dan lisan.
-
Produk, portofolio, proyek.
Nilai Karakter:
-
Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.
Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:
-
Buku pegangan siswa dan guru.
-
Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.
-
Lingkungan alam dan akses internet.
4. Menolak Sifat Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah, dan Namimah
Indikator:
-
Memiliki penghayatan untuk menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah.
-
Menghindari perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok:
-
Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah, Namimah.
Kegiatan Pembelajaran:
-
Mengamati tayangan video tentang dampak buruk akhlak tercela.
-
Membaca ayat dan berdiskusi tentang akibat buruk sifat tercela.
-
Menganalisis dalil dan dampak negatif akhlak tercela.
-
Simulasi dan diskusi tentang bahaya sifat tercela.
Penilaian:
-
Penilaian diri dan sejawat.
-
Observasi dan catatan jurnal.
-
Tes tulis dan lisan.
-
Produk, portofolio, proyek.
Nilai Karakter:
-
Religius, Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kerja keras, Percaya diri, Kerja sama.
Alokasi Waktu: 4 JP
Sumber Belajar:
-
Buku pegangan siswa dan guru.
-
Ensiklopedi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir.
-
Lingkungan alam dan akses internet.
Silahkan teman-teman guru bisa unduh format Microsoft Word pada link berikut : Unduh Disini