MATERILENGKAP.MY.ID | SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ……………………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / I (Ganjil)
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Kompetensi Inti
ki 1 : Menghayati ajaran agama yang dianutnya
ki 2 : Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggungjawab peduli (toleransi gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
ki 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
ki 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Baca juga : Contoh Soal PPG Akidah Akhlak 2022
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pembelajaran | Kecakapan
Abad 21 |
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Penilaian |
3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang di dengar dan dibaca. |
3.1.1 Menentukan kata/kalimat sebagai ciri teks
deskripsi yang dibaca 3.1.2 Menunjukkan ciri umum teks deskripsi yang dibaca dari segi isi dan tujuan komunikasi 3.1.3 Menyimpulkan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan 4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) 4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi |
Teks deskripsi
· Pengertian teks deskripsi · Isi teks deskripsi · Ciri umum teks deskripsi · Struktur teks deskripsi · Kaidah kebahasaan |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi · Kolaborasi |
• Mengamati model-model teks deskripsi.
• Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi • Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya. • Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya. • Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya. |
36 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, · Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan · Portofolio |
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis |
3.2.1 Menjelaskan struktur teks
deskripsi 3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan 3.2.3 Mengurutkan kalimat/ paragraf sesuai struktur teks deskripsi 3.2.4 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks deskripsi 3.2.5 Memperbaiki kesalahan dari segi struktur penggunaan bahasa dan tanda baca 4.2.1 Mengembang kan bagian struktur teks deskripsi berdasarkan kata kunci 4.2.2 Nelengkapi teks deskripsi sesuai struktur dan kaidah bahasa |
Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
· Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh telaahannya. · Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi. · Teknik penyuntingan teks deskripsi. |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi · Kolaborasi |
• Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
• Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya. • Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan. • Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman. |
36 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, · Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan · Portofolieo |
3.3Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca |
3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh latar alur dan tema pada cerita fantasi dan menunjuk kan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
3.3.2 Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/ didengar. 4.3.1 Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi 4.3.2 Menyimpulkan urutan cerita fantasi 4.3. 3 Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis. |
Memahami dan
Mencipta Cerita Fantasi · Unsur-unsur teks cerita narasi. · Struktur teks narasi. · Kaidah kebahasaan teks narasi. · Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung · Penceritaan kembali isi teks narasi |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mengamati model-model teks narasi.
· Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi · Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi · Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi · Menceritakan kembali dengan cara naratif |
28 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa atau aspek lisan. |
3.4.1 Merinci struktur cerita fantasi
3.4.2 Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) 3.4. 3 Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi 3.4.4 Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog kesalahan tanda baca 3.4.5 Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya 3.4.1 merencanakan pengembangan cerita fantasi 3.4.2 menulis cerita fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan |
Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
· Kebahasaan teks cerita fantasi · Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi · Ejaan dan tanda baca · Langkah-langkah menulis cerita fantasi |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
· Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan · Mengurutkan bagian-bagian cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca · Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan karya |
28 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.5Mengidentifikasi teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. 4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar |
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar. 3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar. 4.5.1 Meringkas urutan isi teks prosedur 4.5.2 Menjawab pertanyaan isi teks prosedur 4.5.3Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar |
Teks prosedur
· Ciri umum teks prosedur · Struktur teks: · Tujuan, bahan, alat langkah, · Ciri kebahasaan: kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya, dll) Simpulan isi teks prosedur |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
· Mendaftar kalimat yang menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah · Mendiskusikan ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur · Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur |
26 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan
teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (caramemainkan alat musik /tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis. |
3.6.1 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks
prosedur 3.6.2 Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa 3.6. 3 menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca |
Variasi pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
· Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan · Prinsip penyusunan kalimat perintah · Pilihan kata dalam penyusunan teks prosedur Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
· Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi • Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan • Memublikasikan teks prosedur yang dibuat |
28 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.7Mengidentifikasi informasi dari teks laporan
hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau di perdengarkan. 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar |
3.7.1 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang
dibaca/didengar. 3.7.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar. 4.7.1 Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi 4.7.2 Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari 4.7.3 Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi |
Teks laporan hasil observasi
· Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO) · Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi · Ciri umum laporan |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan observasi.
· Merinci isi teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan) · Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO · Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi |
25 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan 4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
3.8.1 Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil observasi
3.8.2 Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi 3.8. 3 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi 3.8.4 Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa 3.8.5 menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca 4.8.1 Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi 4.8.2 Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan 4.8.3 pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan |
Struktur teks LHO
· Variasi pola penyajian teks LHO · Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO |
PPK
· Bersikap Jujur, · Percaya Diri · Pantang Menyerah, Berpikir Kritis · Kreatif, · Berkomukasi · Bekerjasama Literasi · Bahasa · Numerasi 4C · Berpikir kritis, · kreatif, · bekerjasama · berkomunikasi Kolaborasi |
· Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
· Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian · Merangkum teks LHO · Mempresentasikan teks LHO yang ditulis |
25 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca |
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
· Unsur-unsur buku · Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu 1) Survey atau meninjau, 2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca, 6) Cara membuat rangkuman |
· Mendata sub-bab buku
· Membaca garis besar isi subbab · Menentukan gagasan pokok isi buku · Membuat peta pikiran isi buku · Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang |
20 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Modul/bahan ajar, · Internet, Sumber lain yang relevan |
· Lisan
· Tertulis · Penugasan Portofolieo |
Mengetahui :
Kepala Sekolah…..
……………………… NIP/NRK |
.……………2020/2021 Guru Mata Pelajaran
………………………… NIP/NRK |
Demikianlah contoh SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM.
UNDUH FILE WORD LENGKAP DISINI