Info Pendidikan Lengkap
InfoIndeks

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM

MATERILENGKAP.MY.ID | SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM

SILABUS PEMBELAJARAN

 Satuan Pendidikan       :  ……………………………………..

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester           : VII / I (Ganjil)

Tahun Pelajaran          : 2022/2023

 Kompetensi Inti

ki 1  :  Menghayati ajaran agama yang dianutnya

ki 2  :  Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggungjawab peduli (toleransi gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

ki 3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

ki 4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Baca juga : Contoh Soal PPG Akidah Akhlak 2022

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pembelajaran Kecakapan

Abad 21

Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Sumber Belajar Penilaian
3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

4.1   Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll)  yang di dengar dan dibaca.

3.1.1  Menentukan kata/kalimat sebagai ciri teks

deskripsi yang dibaca

3.1.2  Menunjukkan ciri umum teks

deskripsi yang dibaca dari segi isi dan tujuan

komunikasi

3.1.3  Menyimpulkan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan

4.1.1  Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)

4.1.2  Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

Teks deskripsi

·   Pengertian teks deskripsi

·   Isi teks deskripsi

·   Ciri umum teks deskripsi

·   Struktur teks deskripsi

·   Kaidah kebahasaan

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

·    Kolaborasi

•   Mengamati model-model teks deskripsi.

•   Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi

•   Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.

•   Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.

•   Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.

36 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

·    Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

·    Portofolio

3.2   Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.

4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis

3.2.1  Menjelaskan struktur teks

deskripsi

3.2.2  Menentukan bagian identifikasi

dan deskripsi bagian pada teks deskripsi

yang disajikan

3.2.3  Mengurutkan kalimat/ paragraf

sesuai struktur teks deskripsi

3.2.4 Menyimpulkan prinsip penggunaan

kata/ kalimat/ paragraf pada teks deskripsi

3.2.5  Memperbaiki kesalahan dari segi struktur

penggunaan bahasa dan

tanda baca

4.2.1  Mengembang kan bagian struktur teks deskripsi berdasarkan kata kunci

4.2.2 Nelengkapi teks deskripsi sesuai

struktur dan kaidah bahasa

Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.

·   Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh telaahannya.

·   Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi.

·   Teknik penyuntingan teks deskripsi.

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

·    Kolaborasi

•   Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.

•   Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.

•   Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan.

•   Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.

36 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

·    Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

·    Portofolieo

3.3Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar

4.3  Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca

3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh latar alur dan tema pada cerita fantasi dan menunjuk kan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.

3.3.2  Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/ didengar.

4.3.1  Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi

4.3.2  Menyimpulkan urutan cerita fantasi

4.3. 3 Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis.

Memahami dan

Mencipta Cerita

Fantasi

·      Unsur-unsur teks cerita narasi.

·      Struktur teks narasi.

·      Kaidah kebahasaan teks narasi.

·      Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung

·      Penceritaan kembali isi teks narasi

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·      Mengamati model-model teks narasi.

·      Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi  (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi

·    Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks  cerita fantasi

·    Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi

·    Menceritakan kembali dengan cara naratif

28 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Pelajaran <at. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan

        teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar

4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam

bentuk cerita imajinasi secara lisan

dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa atau

aspek lisan.

3.4.1  Merinci struktur cerita fantasi

3.4.2  Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi

(orientasi, komplikasi, resolusi)

3.4. 3 Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi

3.4.4  Memperbaiki cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog kesalahan

tanda baca

3.4.5  Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya

3.4.1  merencanakan pengembangan cerita fantasi

3.4.2  menulis cerita fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan

struktur dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)

·      Kebahasaan teks cerita fantasi

·      Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi

·      Ejaan dan tanda baca

·      Langkah-langkah menulis cerita fantasi

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·         Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi

·         Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan

·         Mengurutkan bagian-bagian  cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca

·       Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan   karya

28 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.5Mengidentifikasi teks prosedur

tentang cara melakukan sesuatu dan

cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian

daerah, cara membuat kuliner

khas daerah, dll.) dari berbagai

sumber yang dibaca dan didengar.

4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur

tentang cara memainkan alat musik

daerah, tarian daerah, cara membuat

cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah)

yang dibaca dan didengar

3.5.1   Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.

3.5.2    Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang

dibaca/didengar.

3.5.3  Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.

4.5.1   Meringkas urutan isi teks prosedur

4.5.2    Menjawab pertanyaan isi teks prosedur

4.5.3Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan

teks yang didengar

Teks prosedur

·       Ciri umum teks  prosedur

·       Struktur teks:

·       Tujuan, bahan, alat langkah,

·       Ciri kebahasaan:

kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk  (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan  (kemudian, selanjutnya, dll)

Simpulan isi teks prosedur

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·         Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur

·         Mendaftar kalimat yang menunjukkan  tujuan, bahan, alat,  langkah-langkah

·      Mendiskusikan ciri umum teks  prosedur, tujuan komunikasi,  struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur

·     Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur

26 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan

teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (caramemainkan alat musik /tarian daerah, cara membuat

kuliner khas

daerah, dll.) dari berbagai

sumber yang dibaca dan didengar.

4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan

ke dalam bentuk teks prosedur

(tentang cara memainkan alat

musik daerah, tarian daerah, cara membuat

cinderamata, dll) dengan

memperhatikan struktur, unsur

kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.

3.6.1 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks

prosedur

3.6.2 Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa

3.6. 3 menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,

ejaan dan tanda baca

  Variasi  pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah

·      Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan

·      Prinsip penyusunan kalimat perintah

·      Pilihan kata dalam   penyusunan teks prosedur

Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·      Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur

·      Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi

•   Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan

•   Memublikasikan teks prosedur yang dibuat

28 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.7Mengidentifikasi informasi dari teks laporan

hasil observasi berupa buku

pengetahuan yang dibaca

atau di perdengarkan.

4.7 Menyimpulkan isi teks laporan

hasil observasi      yang berupa buku pengetahuan

yang dibaca dan didengar

3.7.1 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang

dibaca/didengar.

3.7.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada

teks yang dibaca/didengar.

4.7.1  Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi

4.7.2 Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observari

4.7.3 Menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil observasi

Teks laporan hasil observasi

·       Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)

·       Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi

·       Ciri umum laporan

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·      Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian  dalam teks laporan observasi.

·      Merinci isi  teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)

·       Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO

·       Menyimpulkan isi  teks laporan hasil observasi

25 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks

laporan hasil observasi

yang berupa buku pengetahuan

yang dibaca atau diperdengarkan

4.8   Menyajikan rangkuman teks laporan

hasil observasi berupa buku

pengetahuan secara lisan dan tulis

dengan memperhatikan kaidah

kebahasaan atau aspek lisan

3.8.1 Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil  observasi

3.8.2  Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi

3.8. 3 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks

laporan hasil observasi

3.8.4 Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur

dan bahasa

3.8.5 menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,

ejaan dan tanda baca

4.8.1 Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi

4.8.2 Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan

4.8.3 pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata

kalimat/ tanda baca/ejaan

Struktur teks LHO

·       Variasi  pola penyajian  teks LHO

·       Variasi kalimat  definisi, variasi pola penyajian teks LHO

PPK

·    Bersikap Jujur,

·    Percaya Diri

·    Pantang Menyerah, Berpikir Kritis

·    Kreatif,

·    Berkomukasi

·    Bekerjasama

Literasi

·    Bahasa

·    Numerasi

4C

·    Berpikir kritis,

·    kreatif,

·    bekerjasama

·    berkomunikasi

Kolaborasi

·      Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO

·      Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian

·      Merangkum teks LHO

·      Mempresentasikan teks LHO yang ditulis

25 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

3.9   Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.9   Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca

Literasi buku   fiksi dan nonfiksi

·      Unsur-unsur buku

·      Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu

1) Survey atau meninjau,                 2) Question atau bertanya,                                     3) Read atau       membaca,
4) Recite atau menuturkan,
5) Review atau mengulang

6) Cara membuat rangkuman

·       Mendata sub-bab   buku

·      Membaca garis  besar isi subbab

·      Menentukan gagasan pokok isi buku

·      Membuat peta pikiran isi buku

·      Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang

20 JP ·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru  Bahasa Indonesia Pelajaran  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·    Modul/bahan ajar,

·    Internet,

Sumber lain yang relevan

·    Lisan

·    Tertulis

·    Penugasan

Portofolieo

Mengetahui :

Kepala Sekolah…..

 

 

 

………………………

NIP/NRK

       .……………2020/2021                                    Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………………

        NIP/NRK

Demikianlah contoh SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP 8 KOLOM.

UNDUH FILE WORD LENGKAP DISINI

Baca juga  CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA TENTANG KERAJINAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *