MATERILENGKAP.MY.ID | Paradigma Kurikulum Merdeka Di Madrasah
Tugas dan Fungsi Kurikulum
- Menghadapi Tantangan Zaman
- Mewariskan nilai dan budaya karakter bangsa
- Perubahan Kurikulum
- Lulusan yang siap memarankan diri di zamannya, namun tetap religius dan tidak lepas dari akar budaya bangsanya.
Tantangan Abad-21
12 kecakapan mendasar yang PERLU dikuasai siswa untuk sukses di abad 21.
- Critical thinking
- Creativity
- Collaboration
- Communication
- Information literacy
- Media literacy
- Technology literacy
- Flexibility
- Leadership
- Initiative
- Productivity
- Social skills
KEKHASAN MADRASAH DALAM KURIKULUM MERDEKA:
Nilai Kekhasan Madrasah dalam Perumusan Kurikulum
- Karakter dan keterampilan abad-21 masuk eksplisit dalam CP, bukan merupakan hiden kurikulum
- Orientasi nilai spiritualitas/sufistik dalam pendidikan sehingga tidak skuler dan liberal.
- Dimensi ukhrawi mewarnai dalam SKL, SI, dan CP yang akan diterjemahkan implementasinya oleh Satuan madrasah dalam strategi pembelajaran dan penilaian, dengan panduan dari pusat.
- Assesmen diagnostik, untuk pemetaan yang akurat, perlakuan tepat dan dukungan kuat.
- Pembelajaran berdifferensiasi,
- Layanan pendidikan inklusif diakomodir
- Kemerdekaan belajar dalam mencapai CP dan kebutuhan murid
- Moderasi beragama dan kontek berbangsa dan bernegara menjadi konteks.
KERAGAMAN MADRASAH
ASPEK KEUNIKAN :
- 7 % Negeri
- 92 % Swasta
- Kota : Desa
- Penyelenggara : Negara, Yayasan,
- Perkumpulan
- Terpusat, tidak otoda.
- Pesntren : non pesantren
DIVERSIFIKASI:
- Madrasah Akademik
- Keterampilan
- Keagamaan
- Riset
- Berasrama
- Sistem Kredit Semester
Madrasah harus kreatif dan inovatif dalam IKM:
- Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 347 Tahun 2022 mengamantakan, agar satuan pendidikan madrasah mengembangkan implementasi kurikulum merdeka di madrasah secara kreatif dan inovatif.
- Keberadaan panduan-panduan penting untuk sumber inspirasi dalam menghadapi situasi dan kebutuhan di satuan pendidikan madrasah.
- Madrasah didorong berani melakuan kratifitas dan inovasi itu tampa menunggu harus lengkap dan sempurna demi memberikan layanan terbaik kepada kemaslatan peserta didik madrasah.
- Diharapkan madrasah berani dan tidak takut salah –asal tidak sengaja melakukan kesalahan-, karena pengalaman kegagalan justeru menjadi guru terbaik dalam kehidupan ini.
INTI PERUBAHAN KURIKULUM MERDEKA, PERUBAHAN DI KELAS
- Inti dari perubahan kurikulum dengan segala perubahan dalam pembelajaran dan penilaiannya dalah terjadinya perubahan di kelas.
- Suasana kebatinan di kelas harus berubah.
- Cara mengajar guru berubah,
- semangat peserta didik berubah,
- cara belajar sepanjang hayat benar-benar dirasakan perubahannya.
- Terjaadinya perubahan di kelas inilah menjadi fokus utama perhatian semua steakholder madrasah.
- Semua unsur dalam ekosistem madrasah harus bergerak, bahu-membahu secara bergotong royong mensukseskan implementasikan kurikulum merdeka di madrasah ini.
- Semua berpartisipasi sesuai peran, tugas pokok dan fungsinya masing-masing.