Sistematika RKS, RKAS, Buku I KTSP
Berdasarkan instrumen tersebut, maka sistematika RKS (RKJM) dapat disusun sebagai berikut:
SISTEMATIKA RKS (RKJM)
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel*)
Daftar Gambar*)
Daftar Grafik*)
Daftar Lampiran
Bab I Pendahuluan
- Latar belakang dan sejarah berdirinya sekolah
- Tujuan dan manfaat RKS
- Landasan hukum
- Alur dan sistematika penyusunan RKS
Bab II Profil Sekolah (Kondisi Sekolah Saat Ini)
Bab III Harapan Pemangku Kepentingan
- Visi sekolah
- Misi sekolah
- Tujuan sekolah
Bab IV Program Kerja Sekolah
- Sasaran
- Program
- Indikator kinerja/keberhasilan
- Kegiatan
- Penanggung jawab kegiatan
- Jadwal kegiatan
- Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi
Bab V Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (4 tahun)
Bab VI Penutup
- Kesimpulan
- Saran
Lampiran
Ket: *) bila ada
SISTEMATIKA RKAS
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel*)
Daftar Gambar*)
Daftar Grafik*)
Daftar Lampiran
Bab I Pendahuluan
- Analisis lingkungan operasional
- Analisis kondisi sekolah saat ini
- Analisis kondisi sekolah satu tahun yang akan datang
Bab II Identifikasi Tantangan Nyata
Bab III Tujuan Situasional/Sasaran
Bab IV Identifikasi Urusan-urusan Sekolah tiap Sasaran
Bab V Analisis SWOT
Bab VI Alternatif Langkah-langkah pemecahan masalah
Bab VII Rencana Kegiatan
Bab VIII Hasil yang Diharapkan
Bab IX Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi
Bab X Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
Bab XI Jadwal Kegiatan
Bab XII Penanggungjawab
Lampiran
Ket : *) bila ada
Alternatif 1: Sistematika Buku I KTSP
Alternatif 2:
DAFTAR ISI
|
|
|
halaman |
Halaman Pengesahan ………………………………………………………………….. |
|
||
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………… |
|
||
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………….. |
|
||
|
|
|
|
BAB I |
PENDAHULUAN …………………………………………………………… |
|
|
|
A. |
Latar Belakang ………………………………………………………. |
|
|
B. |
Landasan Penyusunan ……………………………………………. |
|
|
C. |
Tujuan Penyusunan ……………………………………………….. |
|
|
D. |
Acuan Konseptual …………………………………………………… |
|
|
E. |
Prinsip-prinsip Penyusunan ……………………………………… |
|
|
|
|
|
BAB II |
VISI, MISI DAN TUJUAN ………………………………………………. |
|
|
|
A. |
Visi ……………………………………………………………………… |
|
|
B. |
Misi …………………………………………………………………….. |
|
|
C. |
Tujuan …………………………………………………………………. |
|
|
|
|
|
BAB III |
MUATAN KURIKULER ………………………………………………….. |
|
|
|
A. |
Muatan Nasional ……………………………………………………..
|
|
|
B. |
Muatan Lokal………………………………………………………….. 1. Rasional Dilaksanakan Muatan Lokal…………………….. 2. Jenis Muatan Lokal Yang Dikembangkan……………….. 3. Alokasi Waktu Muatan Lokal…………………………………. 4. Strategi Pelaksanaan Muatan Lokal…………………………
|
|
|
C. |
Bimbingan Konseling…………………………………………………. 1. Tujuan Layanan ………………………………………………… 2. Jenis Layanan……………………………………………………. 3. Mekanisme Pelaksanaan Layanan ………………………… . |
|
|
D. |
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)…………………… 1. Kompetensi TIK yang dibimbingkan bagi peserta didik 2. Kompetensi TIK yang dibimbingkan bagi Pendidik……. 3. Mekanisme pembimbingan TIK di satuan pendidikan
|
|
|
E. |
Kegiatan Ekstrakurikuler 1. Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib 2. Kegiatan Ekstrakurikuler Pilihan
|
|
|
F. |
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
|
|
|
G. |
Remedial dan Pengayaan 1. Remedial 2. Pengayaan
|
|
|
H. |
Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan 1. Kriteria Kenaikan Kelas 2. Kriteria Kelulusan |
|
|
|
|
|
BAB IV |
BEBAN BELAJAR |
|
|
|
A. |
Sistem Pembelajaran |
|
|
B. |
Beban Belajar Tambahan |
|
|
|
|
|
BAB V |
KALENDER PENDIDIKAN |
|
|
|
A. |
Permulaan Tahun Pelajaran |
|
|
B. |
Pengaturan Waktu Belajar Efektif |
|
|
C. |
Pengaturan Waktu Libur |
|
|
|
|
|
BAB VI |
PENUTUP |
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN: |
|
|
|
|
1. |
SK Penetapan KTSP |
|
|
2. |
SK Penetapan Susunan Tim Pengembang Kurikulum |
|
|
|
|
|
Alternatif 3:
DAFTAR ISI
|
|
|
halaman |
Halaman Pengesahan ………………………………………………………………….. |
|
||
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………… |
|
||
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………….. Bab I PENDAHULUAN A. Latar belakang 1. Rasional 2. Kondisi internal dan eksternal 3. Tantangan dan hambatan B. Landasan Hukum C. Tujuan pengembangan Kurikulum D. Prinsip pengembangan Kurikulum Bab II TUJUAN A. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional B. Visi sekolah C. Misi sekolah D. Tujuan sekolah Bab III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM A. Struktur kurikulum umum B. Muatan lokal C. Pendidikan kecakapan hidup D. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global E. Pendidikan berbasis karakter F. Kegiatan pengembangan diri/ekstrakurikuler G. Beban belajar H. Kriteria Ketuntasan Minimal I. Kriteria Kenaikan Kelas J. Kriteria Kelulusan K. Mutasi siswa Bab IV KALENDER PENDIDIKAN A. Permulaan tahun pelajaran B. Pengaturan waktu belajar C. Pengaturan waktu libur D. Kegiatan akhir tahun pelajaran Bab V PENUTUP |
|
Landasan Hukum yang berlaku dalam KTSP
– Undang – undang no. 20 Tahun 2003 |
– PP No.32 tahun 2013 pengganti PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan direvisi dengan PP No.15 tahun 2016 tentang Standar Nasional Pendidikan |
– Permendikbud No. 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru |
– Permendikbud No.20 tahun 2016 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah |
– Permendikbud No.21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah |
– Permendikbud No.22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah |
– Permendikbud No.23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah |
– Permendikbud No. 37 tahun 2018 (perubahan Permendikbud No.24 tahun 2016) tentang KI dan KD Kurikulum 2013 |
– Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti |
– Permendikbud No.53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah |
– Permendikbud No. 82 tahun 2015 tentang Pencegahan Tindak Kekerasan |
– Permendikbud No.61 tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan |
– Permendikbud No.62 tahun 2014 tentang Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler |
– Permendikbud No.63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib |
– Permendikbud No.79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013 |
– Permendikbud No.111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Penyuluhan pada Pendidikan dasar dan Menengah |
– Permendikbud No.160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum tahun 2013 |
– Peraturan Bupati No. 16 tahun 2012 tentang Wajib Belajar Pendidikan Diniyah |
– SK Kepala Sekolah tentang Tim Pengembang Kurikulum tingkat Sekolah |
Download Format Word
[googleapps domain=”drive” dir=”file/d/1eZrzzKI3dJH-bG9mOAaFsQbwH8QELmxU/preview” query=”” width=”640″ height=”480″ /]