Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Cepat Belajar Ngaji dari Nol Sampai Lancar

Daftar Isi [Tampil]

BELAJAR | 6 Cara Cepat Belajar Ngaji dari Nol Sampai Lancar

6 Cara Cepat Belajar Ngaji dari Nol Sampai Lancar

Sebagai seorang muslim yang beriman pastinya orang tua tidak hanya menginginkan anaknya mempunyai prestasi akademik saja, namun orang tua juga menginginkan anaknya pintar mengaji.

Dalam hal ini orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan anak dalam belajar mengaji.

Agar anak bisa pintar membaca Al-Quran atau mengaji ada bermacam cara cepat belajar ngaji yang bisa diterapkan. Berikut beberapa metode yang bisa anda terapkan ke anak anda.

Cara Cepat Belajar Ngaji Mulai dari Nol

1. Memperkenalkan Huruf Hijaiyah

Cara pertama untuk belajar ngaji mulai dari nol adalah dengan memperkenalkan huruf hijaiyah.

Kenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan dan gunakan metode yang sangat menarik yang bisa memotivasi anak untuk belajar.

Contohnya menggunakan gambar huruf hijaiyah dengan bermacam warna, dan gambar tersebut ditempelkan di dinding kamar atau ruang bermain agar anak mudah melihatnya.

Contoh lainnya yaitu belajar dengan lagu dengan menyanyikan huruf hijaiyah.

Agar anak lebih semangat belajar mengaji, usahakan membangun komunikasi yang baik kepada anak.

Komunikasi yang harus dijalin dengan anak adalah pentingnya memahami dalam membaca Al-Qur’an. Setelah anak mengetahui huruf – huruf hijaiyah dalam Al Quran, ulangi huruf yang dipelajari hingga anak benar-benar menghafalnya.

2. Paham Tanda Baca dalam Huruf Hijaiyah (Harakat)

Setelah mempelajari dan hafal huruf hijaiyah, Anda juga harus mengenalkan tanda bacanya atau harakat pada bacaannya.

Tanda baca ini memiliki fungsi untuk menentukan tata cara dalam pengucapan huruf hijaiyah yang baik dan benar. Beberapa tanda baca yang wajib diketahui untuk dipelajari adalah Fathah, Kasrah, Dammah dan sebagainya.

3. Belajar Iqro Terlebih Dahulu 

Saat anak baru memulai untuk belajar mengaji, jangan langsung memintanya untuk membaca Al-Qur’an.

Daripada menyuruhnya membaca Al-Quran langsung lebih baik anda memberikan Iqra terlebih dahulu.

Berikan pemahaman kepada anak bahwasanya sebelum membaca Al-Qur’an harus lebih dahulu belajar Iqra.

Cara ini merupakan langkah tepat untuk memperkenalkan bacaan Al-Qur’an yang benar secara perlahan tapi pasti.

Ajak anak untuk membaca Iqra per jilid dan mintalah untuk mengulangi bacaan sampai paham dan mengerti.

Cara ini anak akan menjadi lebih mudah dalam membacanya. Setelah belajar mengaji, berikan pujian kepada anak, agar mereka senang dan semakin termotivasi untuk belajar.

4. Belajar dengan Tekun dan Konsisten

Cara cepat belajar ngaji selanjutnya yaitu dengan cara teklun dan konsisten. Jika anak tidak konsisten maka akan lebih cepat lupa dengan materi yang sudah dipelajari.

Oleh karena itu, anak-anak harus diajarkan mengaji dan belajar secara rutin dan dilakukan setiap hari. Dengan cara ini anak menjadi lebih cepat lancar membaca Al-Quran.

5. Sering Mendengarkan Al-Qur’an

Saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk mengajari anak mengaji. Dengan keberadaan media maka orang tua bisa memanfaatkannya untuk meminta anak lebih sering mendengarkan Al-Quran melalui media, seperti media Youtube, MP3 dan lain sebagainya.

Selain ayat-ayat Al-Quran, orang tua juga harus bisa memutar untuk mendengarkan zikir kepada anak saat berada di rumah. bacaan-bacaan tersebut bisa diputar melalui Handphone atau siaran radio yang sedang menyiarkan orang membaca Al-Qur’an.

6. Ajak Anak Belajar Mengaji di TPQ atau TPA

Meskipun di rumah orang tua sudah mengajari anaknya, untuk lebih memperdalamnya sebaiknya ajak anak belajar mengaji di TPQ atau TPA.

Di TPQ atau TPA anak tidak hanya diajari mengaji saja, tetapi juga diajak menghafal bacaan doa-doa, menulis huruf hijaiyah, memperdalam Tajwid dan sebagainya.

Itulah beberapa tips cara cepat belajar ngaji dari nol sampai lancar. Jika Anda ingin memiliki anak yang pintar mengaji, sebaiknya terapkan cara-cara yang disebutkan diatas sejak dini kepada anak anda di rumah.

Selain anak menjadi lebih cepat bisa mengaji, proses belajarnya juga sangat menyenangkan dan bisa membangun kebiasaan mengaji yang baik untuk masa depannya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Cepat Belajar Ngaji dari Nol Sampai Lancar"