Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 9 TENTANG KERAJINAN

Daftar Isi [Tampil]

MATERILENGKAP.MY.ID SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 9 TENTANG KERAJINAN

  

Satuan Pendidikan         : SMP

Kelas / Semester           : IX / Satu – Dua

Kompetensi Inti (KI)     :

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD)Materi PokokPembelajaranPenilaianAlokasi WaktuSumber Belajar
1.1      Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1      Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia

2.2      Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan

2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan

3.1       Menganalisis desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat

4.1       Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat

1.     Pengertian kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior, dll)

2.       Jenis karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan fungsinya

3.       Motif ragam hias pada kerajinan yang memiliki fungsi hias

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

5.       Pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan yang memiliki fungsi hias, bahan, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias  yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

3.       Aspek yang dinilai:

a.     Apresiasi  20%

b.     Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.  Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.  Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

3.  Aspek yang dinilai:

a.  Kerincian  20%

b.  Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.  Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

2.  Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.  Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya

4.  Aspek yang dinilai

a.   Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.  Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.   Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (4  mgu x 2 jp)Contoh karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior, dll)

Aneka bahan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias di lingkungan setempat

3.2   Mengevaluasi proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat

4.2  Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat

1.       Pengertian modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior

2.       Jenis  karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dan fungsinya

Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

3.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya  kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

4.       Pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan alam, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

2.       Pengetahuan modifikasi, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias

3.       Aspek yang dinilai:

a.       Apresiasi  20%

b.       Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

3.     Aspek yang dinilai:

a.     Kerincian  20%

b.     Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.       Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias

2.       Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.   Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya

4.   Aspek yang dinilai

a.       Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.       Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.      Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8  jam pelajaran (4  mgu x 2 jp)Contoh karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior, dll)

Aneka bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias di lingkungan setempat

3.3       Menganalisis desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat

4.3      Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan desain sesuai wilayah setempat

1.       Pengertian kerajinan yang memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll)

2.       Jenis karya dan fungsi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

3.       Motif ragam hias pada kerajinan yang memiliki fungsi pakai

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan benda kerajinan yang memiliki fungsi pakai

5.       Pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

Mengamati:

·   Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan yang memiliki fungsi pakai, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

·   Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi pakai agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

·   Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

·  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

·    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

·    Membuat  karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

·    Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

·   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

3.       Aspek yang dinilai:

a.     Apresiasi  20%

b.     Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

3.     Aspek yang dinilai:

a.     Kerincian  20%

b.  Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.  Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

2.  Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

3.  Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai n yang dibuatnya

4.  Aspek yang dinilai

a.        Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.  Produk jadinya 30%

–   Uji karya/rasa

–   Kemasan/penyajian

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.   Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (5  mgu x 2 jp)Contoh karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll)

Aneka bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi pakai

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai di lingkungan setempat

3.1   Mengevaluasi proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasan sesuai wilayah setempat

4.4  Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat

1.       Pengertian kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll)

2.       Jenis karya dan fungsi karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

3.       Motif ragam hias pada kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

4.       Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

5.       Pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

Mengamati:

·  Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai, bahan, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai agar terbangun rasa ingin tahu

Menanya:

6. Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berakaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan

 

Mengumpulkan Data

7.       Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

8.       Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuanmodifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

9.       Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.

10.   Membuat  karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan

11.   Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

12.   Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:

1.       Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

2.       Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

3.       Aspek yang dinilai:

a.       Apresiasi  20%

b.       Keruntutan  berpikir 20%

c.     Pilihan kata 20%

d.     Kreativitas bentuk laporan 20%

e.     Perilaku  20%

Penilaian Pengamatan, tentang:

1.       Pengetahuan modifikasi bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat

2.       Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

3.       Aspek yang dinilai:

a.       Kerincian  20%

b.       Ketepatan pengetahuan 20%

c.   Pilihan kata 20%

d.  Keativitas bentuk laporan 20%

e.  Perilaku 20%

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:

1.       Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

2.       Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat

Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai

yang dibuatnya

3.       Aspek yang dinilai

a.       Proses pembuatan 50%

–   Ide gagasan

–   Kreativitas

–   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur

b.       Produk jadinya 30%

–   Uji karya

–   Kemasan

–   Kreativitas bentuk laporan

–   Presentasi

c.        Sikap 20%

–   Mandiri

–   Disiplin

–   Tanggung jawab

8 jam pelajaran (5  mgu x 2 jp)Contoh karya kerajinan modifikasi yag memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll)

Aneka bahan yang digunakan untuk pembuatan kerjainan yang memiliki fungsi pakai

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai

di lingkungan setempat

SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 9 TENTANG KERAJINAN

Post a Comment for "SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS 9 TENTANG KERAJINAN"