Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

MATERILENGKAP.MY.ID | Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama menggelar “Webinar Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” pada Senin (5/9). Webinar ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi milik Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Direktur Sekolah Dasar, Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos, M.Pd. menjelaskan secara singkat tujuan dibuatnya Platform Merdeka Mengajar oleh Kemendikbudristek.

“Pemerintah telah menyediakan perangkat ajar dalam sebuah aplikasi yang disebut Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM merupakan platform edukasi yang menjadi teman bagi untuk mengajar, belajar, dan berkarya. Sebagai sebuah platform, PMM tidak terlepas dari perangkat digital dan jaringan internet. Oleh sebab itu, komponen-komponen penting kita pelajari agar PMM dapat digunakan secara optimal,” tutur Hasbi.

Hadir sebagai salah satu narasumber, Arie Nugraha dari Pusat Data dan Informasi Kemendikbudristek menjelaskan mengenai akun pembelajaran dari Kemendikbudristek yang digunakan untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar. “Salah satu manfaat dari akun pembelajaran adalah dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform dari Kemendikbudristek termasuk Platform Merdeka Mengajar,” ujar Arie.

Lebih lanjut Lasty Kesdu dari GovTech Kemendikbudristek menjelaskan detail pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. “Bagi Bapak/Ibu guru ingin mencari tahu mengenai Alur Tujuan Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran dapat membuka menu Kurikulum pada tampilan Beranda PMM. Lalu, bila ingin mencari tahu bagaimana membuat perencanaan pembelajaran dan KOSP bisa mempelajari secara mandiri melalui menu pelatihan mandiri. Kemudian bila Bapak/Ibu ingin mencari perangkat ajar untuk referensi maupun yang dapat digunakan langsung bisa mengakses menu perangkat ajar,” papar Lesty.

Baja Juga :  SISTEMATIKA PENYUSUNAN KOSP KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN

Selain narasumber dari Pusat Data dan Informasi serta GovTech Kemendikbudristek, tim dari Google Certified Trainer juga turut memberikan penjelasan lengkap terkait pemanfaatan akun pembelajaran (belajar.id) dari Kemendikbudristek untuk digitalisasi pembelajaran.

Direktur Sekolah Dasar, Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos, M.Pd. menyampaikan harapannya terkait kegiatan ini. Hasbi berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat lebih memahami PMM.

“Harapan kita para guru dan seluruh stakeholder pendidikan bisa mempelajari pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber yang telah sangat memahami platform Merdeka Mengajar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” tutup Hasbi.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=y68ubwv4WZQ