Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023

Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023
Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023

Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023. Pada tahun 2023, Indonesia memperingati Hari Ibu yang ke-95 sebagai penghormatan terhadap perjuangan perempuan dalam merebut dan membangun kemerdekaan. Berbeda dengan Mother’s Day di negara lain, Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang lebih dalam, menandai kebangkitan gerakan perempuan dalam memajukan bangsa.

Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023

Sejarah Hari Ibu di Indonesia mengakar pada Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tahun 1928 di Yogyakarta. Pada Kongres ini, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Sejak itu, Hari Ibu menjadi momen penting untuk mengapresiasi peran perempuan dalam pembangunan Indonesia.

Unduh Panduan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023

Tema utama untuk peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” dengan empat subtema yang mendukung konsep tersebut:

  1. “PEREMPUAN BERSUARA”: Mendorong perempuan untuk menyampaikan aspirasi dan gagasan demi kemajuan bangsa.

  2. “PEREMPUAN BERDAYA DAN BERKARYA”: Mengapresiasi perempuan dalam berdaya ekonomi, sosial-budaya, serta peran mereka dalam pengambilan keputusan melalui karya nyata.

  3. “PEREMPUAN PEDULI”: Memperlihatkan kepedulian perempuan terhadap isu-isu sosial dan negara.

  4. “PEREMPUAN DAN REVOLUSI”: Menghargai peran perempuan dalam setiap perubahan dan dinamika yang mengarah pada kemajuan bangsa.

Panduan penyelenggaraan kegiatan peringatan Hari Ibu ke-95 menekankan kesederhanaan, khidmat, serta memberikan kesan mendalam dan bermanfaat bagi perempuan, generasi muda, dan masyarakat luas. Rangkaian kegiatan yang diusulkan termasuk seminar, bhakti sosial, pameran, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, acara puncak, pemberian penghargaan, dan upacara bendera.

Peringatan Hari Ibu ke-95 juga menjadi momentum penting dalam rangka persiapan Pemilu 2024, di mana perempuan diharapkan dapat lebih terlibat secara aktif dalam kehidupan politik Indonesia.

Dalam mengunduh panduan lengkap Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, diharapkan panduan tersebut akan memberikan arahan yang jelas bagi institusi pemerintah, lembaga masyarakat, dan perwakilan Indonesia di luar negeri dalam merayakan momen bersejarah ini.

Mengambil inspirasi dari kontribusi luar biasa perempuan Indonesia, peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 menjadi momen refleksi akan kehadiran perempuan sebagai pilar utama dalam memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih adil dan sejahtera.

Unduhan panduan lengkap Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 dapat diakses melalui tautan yang telah disediakan. Semoga peringatan ini tidak hanya menjadi momen penghormatan, tetapi juga sebagai langkah maju untuk mengapresiasi dan mengakui peran penting perempuan dalam membangun bangsa.

Baja Juga :  Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022