Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Unduh Gratis Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SMP!

pan

Unduh Gratis Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SMP!
Unduh Gratis Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SMP!

MP. Unduh Gratis Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SMP!

Halo, Sobat Materi Lengkap! Pada Kurikulum Merdeka, terdapat sebuah pendekatan pembelajaran yang kita kenal dengan istilah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui projek dengan sasaran utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya.

Nah untuk mendukung satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di akhir tahun 2022 ini meluncurkan beberapa modul terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Ada empat modul dengan berbagai tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk jenjang SMP. Keempat modul tersebut adalah Inovasi Panganan Indonesia untuk tema kewirausahaan, Airku Bersih Airku Sehat untuk tema berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, Berbeda Itu Menyenangkan untuk tema Bineka Tunggal Ika, dan Tradisi yang Ditinggalkan untuk tema kearifan lokal.

Pada tema kewirausahaan, topik yang diusung adalah inovasi panganan Indonesia. Di sini, peserta didik dapat mengerjakan projek yang menantang mereka untuk mengeksplorasi dan berinovasi dalam mengolah bahan baku umbi-umbian sehingga bisa lebih menarik dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Selanjutnya di tema rekayasa dan teknologi, topik pembelajarannya adalah tentang kebersihan air. Kegiatan dalam projek ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk bernalar kritis dan berpikir kreatif dengan melakukan pengamatan kondisi air di lingkungan sekitar, studi literatur, serta membuat rancangan alat dan komposisi bahan dalam proses pembuatan alat.

Pada modul dengan tema Bineka Tunggal Ika, topik yang akan dipelajari ialah belajar menghargai perbedaan. Topik ini dipilih dengan tujuan agar dapat menumbuhkan semangat toleransi warga sekolah terhadap keberagaman suku dan budaya yang ada. Melalui projek ini, peserta didik diajak melakukan berbagai aktivitas mulai tahap mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, hingga melakukan refleksi terhadap keberagaman di Indonesia.

Baja Juga :  Cara Menerapkan Disiplin Positif Untuk Mewujudkan Profil Pancasila

Terakhir, tema kearifan lokal mengangkat topik tradisi-tradisi di Indonesia yang perlahan mulai pudar. Gen Z yang saat ini hidup di era digital tentunya secara tidak sadar mulai meninggalkan tradisi dan budaya Indonesia. Untuk itu, pendidik perlu memikirkan suatu kegiatan yang dapat terus memelihara nilai-nilai tradisi luhur ini, agar dapat terus dipertahankan dan dilestarikan.

Nah, Sobat Materi Lengkap, modul-modul tersebut tentu dapat membantu pendidik untuk bisa merancang kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik. Modul-modul ini dapat diunduh secara gratis di website resmi Direktorat SMP. Untuk lebih mudahnya, silakan klik tautan berikut agar dapat mengunduh modul-modul ini secara langsung. Yuk langsung diunduh! Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!